Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

10 Oleh-oleh paling nge-Hitz dari Palembang

10 Oleh-oleh paling nge-Hitz dari Palembang

Berkunjung ke Palembang jangan lupa membawa oleh-oleh khas Palembang. Selain Empek-empek, ternyata banyak oleh-oleh lain yang bisa dibawa sebagai cinderamata dari Palembang. Mau tau apa saja mereka? Berikut 10 oleh oleh paling nge-Hitz yang bisa anda bawa dari Palembang !

  1. Pempek dan turunannya

Tentu saja belum ke Palembang namanya kalau tidak membawa oleh-oleh pempek Palembang. Pempek Palembang banyak sekali turunannya, dalam artian dari satu adonan pempek dapat dibuat berbagai macam makanan yang lezat.

PempekMisalnya Pempek Panggang (pempek yg dipanggang di atas bara api), Pempek Lenggang (pempek yang dicampur dengan telur mentah kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas bara api), Model (pempek isi tahu disajikan dengan kuah udang), Tekwan (pempek dengan bulatan kecil disajikan dengan kuah udang), Celimpungan (pempek dengan bulatan kecil disajikan dengan kuah santan kuning), dan semuanya dapat anda bawa sebagai oleh-oleh!

Where to : Semua toko pempek di Palembang, Pasar tradisional 26 ilir, Pasar Kuto Palembang, dll

  1. Kain Palembang (Songket, Batik, Jumputan)
Songket
Courtesy of Adis Songket
p_20141010_120121-e1414662023962
Batik Palembang motif Jumputan

Rugi rasanya bila ke Palembang tanpa membawa oleh-oleh Kain Khas Palembang. Karenanya berburu kain menjadi salah satu agenda wajib ketika di Palembang. Dengan berbagai warna dan motifΒ  yang cantik, kain Palembang cocok digunakan dalam berbagai acara resmi juga keren untuk melengkapi koleksi batik untuk ke kantor!

Where to : Pasar 16 ilir baru dibelakang Ramayana Palembang, Rumah Songket , Dian Pelangi dll

 

  1. Kue Khas Palembang

at palembangharumKarena Pempek sudah terlalu mainstream, anda lalu ingin membawa sesuatu yang berbeda. Kue khas Palembang bisa menjadi salah satu pilihan. Dikemas dalam kotak mungil dengan desain cantik khas Palembang, berbagai macam kue Palembang seperti Engkak Ketan, Bolu Kojo, Bluder, Manan Sahmin, Engkak Ketan, Engkak Medok, Engkak Kecut, Maksuba, Kue Lapan jam dll bisa anda nikmati bersama dengan teman-teman di kantor atau keluarga di rumah ditemani segelas teh hangat, Lezat!

Where to : Kue Harum, Jl.Merdeka No.811 Palembang

 

  1. Bawang Goreng Pedas

p_20141031_103829_df-e1414729078914Bawang goreng ini bukan bawang goreng biasa. Rasanya pedas, lezat, renyah, dan bikin ketagihan. Bila anda memiliki teman dan saudara penggemar bawang goreng, maka Bawang Goreng Sriwijaya bisa jadi oleh-oleh yang unik dan berkesan.

Where to : Carrefour Palembang, dan berbagai minimarket di Palembang

 

  1. Kaus Kata-kata Palembang, gantungan Kunci dan pernak pernik lainnya.
Gambar dari tokopedia

Palembang juga memiliki outlet yang menjual berbagai kaus, gantungan kunci, serta berbagai cinderamata khas dengan tulisan berbahasa asli Palembang. Jangan lupo tunjukke mun pernah ke Plembang dengan kaos asli Plembang! (Jangan lupa tunjukkan anda pernah ke Palembang dengan Kaus asli Palembang!)

Where to : Outlet Nyenyes Palembang, Outlet Kaos Musi Palembang

 

  1. Martabak Har

DSC_0398Martabak Har adalah martabak telur yang melegenda di Palembang. Berdiri sejak tahun 1947, gedung restoran Martabak Har yang pertama seolah menjadi salah satu icon kota Palembang. Martabak telur HAR memiliki banyak penggemar; bahkan penduduk asli Palembang sendiri selalu menyediakan martabak ini untuk acara-acara besar seperti pernikahan dll. Dengan rasa yang lezat, martabak ini juga oke banget untuk dijadikan oleh-oleh dari Palembang.

Where to : Outlet Martabak Har Palembang

 

  1. Lempok Durian

lempokLempok adalah makanan sejenis dodol. Proses pembuatannya juga mirip dengan dodol, hanya tanpa campuran beras ketan. Di Palembang, lempok durian dibuat dari daging durian asli dan gula sebagai pengawet. Dengan rasa yang enak dan durian banget, membuat Lempok adalah salah satu pilihan oleh-oleh dari Palembang yang ciamik!

Where to : semua toko penjual pempek biasanya juga menyediakan lempok durian.

 

  1. Kemplang bakar
kemplang palembang
Di tiap bungkus dilengkapi dengan sambal terasi

Kemplang adalah sejenis kerupuk ikan yang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Ini membuat kemplang bakar Palembang memiliki bentuk, bau dan rasa yang khas. Kemplang bakar dapat dimakan dengan nasi atau dengan sambal terasi (yang biasanya sudah disertakan dalam bungkus kemplang). Percaya deh, makan satu bungkus kemplang bakar pasti terasa kurang!

Where to : toko kerupuk kemplang di Palembang.

  1. Ikan Salai
ikan salai
Gambar dari Antara

salai adalah ikan yang diawetkan dengan cara pengasapan. Ikan yang digunakan beragam dari ikan gabus, patin dan ikan lais. Di Palembang, ikan salai sering diolah menjadi pindang ikan salai, namun ikan salai juga dapat digoreng garing dan dimakan sebagai lauk.

Where to : Supermarket besar di Palembang, atau pengrajin ikan salai di kawasan jembatan poros Musi II Palembang.

 

  1. Sajadah Lihab
Lihab
Gambar courtesy of Daniafitri

Lihab adalah sejenis kasur tipis/matras dengan corak batik atau songket yang sangat populer di Palembang. Bentuknya memang lebih tipis dari kasur pada umumnya dan memiliki berbagai ukuran. Salah satunya berukuran sajadah yang sangat cantik untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari Palembang.

Where to : Sepanjang jalan Mujahidin 26 Ilir, atau di Jalan Merdeka Palembang

Wah, ternyata cukup banyak juga pilihan oleh-oleh dari Palembang ya? Jangan lupa perhatikanΒ  packing agar oleh-oleh yang dibawa tetap baik kondisinya ketika sampai di kota tujuan. Selamat berburu oleh-oleh dan jangan lupa untuk datang lagi ke Palembang!

10 Oleh-oleh paling nge-Hitz dari Palembang
4 (80%) 10 votes
(Visited 59,242 times, 96 visits today)


29 thoughts on “10 Oleh-oleh paling nge-Hitz dari Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *