3 Restoran Pilihan untuk Makan Malam di Palembang

Restoran Riverside Palembang

Selamat Ulang Tahun Kota Palembang yang ke 1332!! *tiup lilin tiup terompet nyalain kembang api* Hari ini, Rabu 17 Juni 2015 memang bertepatan dengan hari jadi kota Palembang yang ke 1332. Mari kita doakan bersama agar Kota Palembang tetap menjadi kota yang berbudaya, bersih, aman, rapi dan indah. Aamiin 🙂

Ketika mengunjungi kota lain, salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan adalah mencari restoran for having dinner. Saya pribadi merasa enggan untuk makan malam di Hotel bila bepergian ke kota lain. Bagi saya, pengalaman merasakan suasana prime time (pk 18.00 – Pk .22.00) yang biasanya berbeda dengan suasana kota tersebut di siang hari sangat rugi untuk dilewatkan dengan hanya berdiam diri di hotel. Apakah anda seperti saya?

Di Palembang ada beberapa restoran yang sayang sekali anda lewatkan suasananya di waktu malam. Bukan hanya karena makanannya enak, tapi restoran-restoran ini memiliki kesan tersendiri bagi siapa saja yang melewatkan waktu makan malam disana. Sebagai catatan, saya tidak memasukkan kategori Cafe, karena keterbatasan menu cafe pada umumnya.

Dan inilah restoran-restoran di Palembang yang KEREN untuk menikmati makan malam :

1. Restoran Riverside di Benteng Kuto Besak

Restoran Riverside
Gambar dari Trip Advisor

Bila anda pertama kali ke Riverside, anda pasti langsung terpukau dengan pemandangan malamnya. Bisa jadi bahkan anda malah lebih ingin foto-foto terlebih dahulu daripada langsung menikmati makan malam. Restoran Riverside terletak persis di pinggir Sungai Musi dan berada di Komplek Benteng Kuto Besak, Jalan Rumah Bari, Palembang. Bangunan utama restoran ini menggunakan sejenis kapal besar dengan 3 lantai yang diubah menjadi sebuah restoran berkelas. Restoran ini dapat menampung hingga 500 orang dengan berbagai menu makanan dari masakan khas Palembang hingga nasional.

Restoran Riverside
Suasana di dalam Riverside

Yang mengesankan lagi dari restoran ini adalah adanya live music yang akan menemani anda menikmati makan malam. Dengan pemandangan gemerlap lampu jembatan Ampera dan kampung Kapitan yang sangat indah dan deburan ombak yang dapat anda rasakan hempasannya karena anda makan malam di dalam kapal, akan membuat anda enggan beranjak untuk pulang.

Riverside termasuk restoran yang berkelas dan disukai turis, karenanya anda harus bersiap merogoh kocek agak dalam untuk menikmati makanan disini.

2. Restoran Sri Melayu di Demang Lebar Daun

Gerbang masuk Rumah Makan Sri Melayu di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang
Gerbang masuk Rumah Makan Sri Melayu di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang.  Gambar dari Eriek artikel ini 🙂

Sri Melayu lebih seperti seperti sebuah restoran heritage. Dari depan, anda akan menjumpai sebuah restoran dengan arsitektur yang sangat kental khas Palembang. Baik dari furniture, akuarium dengan ikan belida yang sangat besar, serta bangunan restoran yang mengadaptasi rumah panggung khas Palembang.

Menu dan makanan di Sri Melayu juga terkenal akan rasanya yang enak. Menu pindang adalah menu utama mereka dan anda bisa menikmati masakan tradisional palembang lengkap hingga ke sambal-sambalnya.

Restoran Sri Melayu
Suasana Pengunjung RM Sri Melayu,  Gambar dari Eriek artikel ini 🙂

Sambil menikmati makan malam anda juga akan dihibur dengan live music dengan lagu-lagu yang beragam; mulai dari lagu daerah hingga lagu pop populer.

Sri Melayu juga merupakan restoran berkelas di Palembang, sehingga harganya sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan rasanya.

3. Warung Sop, Soto dan Sate Abang Rio di Demang Lebar Daun

Dinamakan warung karena ketika pertama membuka cabangnya di Palembang (aslinya Abang Rio ini dari Jakarta) Abang Rio hanya berupa warung tenda. Tapi lambat laun karena banyak penggemar, Abang Rio sudah mengadopsi ruko di belakangnya untuk dijadikan restoran. Jadi jika suka, anda bisa makan indoor, atau makan di wilayah outdoor. Yang bikin berkesan dari restoran ini adalah anda bisa meracik sendiri isi sop atau soto anda. Anda bisa memilih mau lebih banyak daging, babat, paru dengan cara mengambil sendiri, untuk kemudian disiram dengan kuah sop atau soto. Abang Rio juga menyediakan sate daging sapi dan sate daging kambing dengan harga ekonomis. Lezaaat!

Sop Abang Rio

Yang membuat Bang Rio menjadi salah satu favorit di Palembang adalah Live Music Accoustic khas anak muda Palembang yang akan menemani anda selama makan malam. Makanan enak ditambah musik keren, wah anda benar-benar bisa betah berada di sini. Bang Rio buka dari Pk 18.00 hingga Pk.24.00 dengan harga rata-rata sop, sate dan soto pada umumnya.

Nah itu dia tiga restoran di Palembang yang keren untuk makan malam. Selama di Palembang, lupakan dahulu diet, karena selalu ada hari esok untuk melakukan diet, haha. Selamat menikmati!

3 Restoran Pilihan untuk Makan Malam di Palembang
4.5 (90%) 4 votes
(Visited 17,779 times, 1 visits today)

Anak Teknik yg bekerja sebagai Pegawai swasta di bidang Keuangan. Selalu punya affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, dan Google. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

4 Comments

  1. Suzan
    June 24, 2015

    Huaaaa… jadi pengen kesana semua, kangen makan malam di Riverside, makan Pindang Sri Melayu dan makan sop Bang Rio

    Reply
    1. Nina
      June 26, 2015

      Ahhhh pas buko sadja mbak Suzan 🙂

      Reply
  2. danina:)
    June 25, 2015

    hmm…abang rio…baru y…cm itu yg lum dicubo…anak rantau 8 tahun

    Reply
    1. Nina
      June 26, 2015

      Kalau belum ke Bang Rio patut dicoba, pasti ngerasa terkesan deh dek 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *