9 Makanan Enak Wajib di Palembang

Pempek Palembang

Selamat datang di Palembang! Kota yang dijuluki wong kito galo ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota tempat lahirnya club sepakbola nasional, Sriwijaya FC ini punya magnet sendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Palembang.

Belum lengkap rasanya kalau ke Palembang belum wisata kuliner dengan ragam makanan enak dan unik khas wong kito galo. Tidak perlu takut timbangan berat badan naik. So check it out 9 makanan enak wajib di Palembang.

1. Pempek

Berbahan dasar dari ikan, tapioka, dan telor maka pempek menjadi makanan wajib pertama kali menginjak kaki dari bandara Palembang. Ragam jenis pempek yang timbul karena kreatifitas si pembuat mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, dan pempek lenggang. Selain itu untuk menambah cita rasa enak maka colenak (cocok enak) yang pas adalah saus cuka (cuko) yang berwarna kehitaman terbuat dari rebusan gula merah dan cabe.

2. Adaaan

Jenis pempek adaan ini salah satu favorit masyarakat Palembang. Bentuknya dibuat seadanya saja maka diberi nama adaan. Ciri khas dari pempek adaan ini karena gurih dan ada potongan bawah merah yang menambah aroma wangi sewaktu disantap.

3. Lenggang

Pempek Lenggang ini terdiri dari dua macam, ada yang digoreng dan dipanggang. Penyajian lenggang terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan kocokan telor. Selanjutnya diletakkan di dalam wadah dari daun pisang. Dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang hitam sehingga aroma dari daun pisang dan dipanggang makin mengugah selera. Apabila cara masaknya digoreng berarti kocokan telor tinggal digoreng bercampur dengan irisan pempek.

4. Es Kacang Merah

Teman makan pempek yang tepat itu adalah semangkok es kacang merah khas Palembang. Rasa sirup, gula jawa, lelehan susu bercampur dengan kacang merah yang lembut tentunya bikin dahaga lebih terasa nikmat. Penjual es kacang merah kini memvariasikan menunya ada yang dicampur dengan cincau, cendol, atau alpokat yang dikenal sebagai es campur.

5. Model

Makanan ini juga berbahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk seperti pempek kapal selam. Isi di dalamnya adalah tahu putih. Namun tekstur dari olahan ikan ini lembut. Penyajian model dipotong kecil-kecil ditambah kaldu udang sebagai kuah serta potongan mentimun sebagai pelengkap. Selain itu ada 2 jenis model, yaitu Model Ikan dan Model Gandum.

6. Burgo

Kalau mau mencicip makanan yang rasanya gurih dan bersantan, maka Burgo bisa jadi pilihan. Makanan ini berkuah santan kuning. Berbahan dasar dari tepung beras dan tepung sagu yang diolah lagi. Dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris dan disiram dengan kuah santan. Umumnya, burgo bisa dijumpai di pedagang kaki lima pas pagi hari untuk sarapan pagi.

7. Laksan

Sumber Foto : palembangsekilan[dot]com

Laksan sama seperti seperti burgo, disajikan dengan kuah santan. Hanya saja laksan bentuknya seperti pempek lenjer yang tebal kemudian dipotong, teksturnya kenyal. Olahan makanan ini tetap menggunakan daging ikan.

8. Tekwan

Tekwan ini seperti Model, hanya saja tekwan bentuknya dari pelintiran kecil tidak beraturan. Mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang disajikan dengan udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

9. Pindang

Pindang salah satu olahan kuah yang memiliki rasa segar. Bumbu rempah yang diolah dan direbus dengan daging ikan patin ini memberikan rasa segar. Apalagi ditambah dengan irisan buah nanas dan daun kemanggi. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat maka rasa gurih, pedas dan segar sangat mengoyang lidah. Pindang sendiri bisa divariasikan dengan pindang tulang dan pindang udang.

Akhirnya selamat berburu wisata kuliner selama di Palembang ya. Stop dulu pikirkan berat badan ya… Soalnya wisata kuliner khas Palembang memang selalu bikin kangen dan nambah lagi.

9 Makanan Enak Wajib di Palembang
5 (100%) 2 votes
(Visited 3,227 times, 1 visits today)

Travel and Food Blogger. Jalan2 dan Makan2 yuk! Catch me at deddy.huang[at]yahoo[com] or @deddyhuang (Instagram)

14 Comments

  1. @goenrock
    May 18, 2015

    Baru nyobain 1, 2, 5 & 9 Martabak Har kok gak masuk? ๐Ÿ˜€

    Reply
    1. Huang
      May 19, 2015

      HAR bawaan penduduk asli sini juga mas. Rasanya juga enak bingits.

      Reply
  2. suzan
    May 18, 2015

    Jadi buat laper, ayo kirimin pempek dong Huang

    Reply
    1. Huang
      May 19, 2015

      Ntar kita kopdar pempek ya mbak Suzan.

      Reply
  3. Dwi Pramono
    May 18, 2015

    Wah, selamaaat….. posting perdana di HelloPalembang.com.

    Reply
    1. Huang
      May 19, 2015

      Mas Dwi salam kenal ya… makasih udah berkunjung ๐Ÿ˜‰

      Reply
  4. Emeldah
    May 18, 2015

    Diantara semua itu, pempek Palembang paling favorit… karna setelah keliling-keliling ke kota manapun, cuma di Palembang yang rasanya paling enak!

    Reply
    1. Huang
      May 19, 2015

      Pagi, siang, malam jadi makanan paling dicari ya…

      Reply
  5. Maman
    May 20, 2015

    Alhamdulillah sudah semua dicoba… tapi tetep pempek + cuko yg dak bilen bosen.. apalagi kalo ngirupnyo pagi pagi hahahah

    Reply
    1. Huang
      May 22, 2015

      Makanan wajib ya man, kalo balik rantau yang dicari pempek dulu.

      Reply
  6. Clara Ingewati
    May 24, 2015

    enak-enak semua yaa

    Reply
  7. atica
    May 25, 2015

    tetep makanan fav pempek.
    dak bosen2 ngirup cuko…hahahhah

    Reply
  8. ummu abqary
    July 1, 2015

    kangen rasonyo dengan palembang…. makannya menu sehari2ku waktu kecil, gak bisa di lupakan

    Reply
  9. Irma
    July 11, 2015

    Siap kuliner ini smuah next week.. cihuy…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *