Air Terjun yang Dapat Di Kunjungi Saat Berada Di Pagaralam Sumatera Selatan

Air Tejun Tujuh Kenangan
  1. Air Terjun Cughup Lematang Indah

Air Terjun Cughup Lematang IndahAir terjun cughup lematang indah merupakan air terjun yang sering dikunjungi masyarakat lokal maupun pendatang, baik dari dalam Sumsel maupun luar Sumsel. Cughup Lematang Indah merupakan salah satu air terjun yang sudah dikelola menjadi obyek wisata, dengan pengunjung terbanyak dengan memiliki ketinggian curahan air sekitar 100 meter, lokasi obyek wisata ini juga sangat strategis, yaitu hanya sekitar 200 meter dari jalan raya Pagaralam-Lahat, tepatnya di Kelurahan Perahudipo, Kecamatan Dempo Selatan. Dari aliran air tejun ini juga sering dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram, karena terkenal dengan arusnya yang cukup deras. Bagi pengunjung yang ingin mandi di lokasi itu hanya dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 dengan fasilitas ban.Air Terjun Cughup Lematang Indah

  1. Air Terjun Cughup Embun

Tempat lain yang tak kalah indahnya dengan Cughup Lematang Indah yaitu, Cughup Embun yang terletak di Dusun Pematangbango, Desa Cughup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara Kabupaten Pagaralam. Cughup Embun memiliki keindahan tersendiri karena ketinggiannya curah air yang jatuh di dasarnya telah berubah menjadi embun akibat air yang jatuh ditiup angin dan menimpa bebatuan.Air Terjun Cughup EmbunCughup embun menghadirkan kesejukan alami dan keasrian alam, air tejun yang terbagi mejadi tiga, seolah-olah ada tiga air terjun yang jatuh ketempat yang sama. Saat merasakan jatuhan air yang membasuh tubuh dingin yang luar biasa. Travellers akan merasakan sensasi berendam di air es.

Adalagi mitos yang diyakini masyarakat sekitar jika kita membasuh wajah dengan air yang keluar dari salah satu sumber mata air yang ada di sekitar lokasi cughup dipercaya dapat awet muda.

  1. Air Terjun Cughub Mangkok

Cughub Mangkok juga sering disebut juga Cughub Pancur. Nama ini diberikan karena aliran air yang turun mirip pancuran raksasa. ย Air Terjun Cughub Mangkok

Curup mangkok adalah salah satu air terjun yang berada di kaki gunung dempo pagar alam sumatera selatan, air terjun ini mengalir dari bebatuan yang besar dan dikanan kirinya ada pepohonan, selain itu jatuhan air ditambung diwadah yang besar menyerupai mangkok.

Air Terjun Cughub MangkokJalan menuju Air Terjun sudah bagus dan besar dengan dua jalur, namun travellers akan disuguhi jalur yang naik turun seolah mendaki gunung, tetapi mendekati tempat tersebut telah dibuat jalan yang dapat dilalui mobil sampai ke pinggir telaga dari air terjun tersebut. Tetapi travellers harus berhati-hati dengan curam nya jalan menuju lokasi.

Air terjun ini cukup dingin serasa kita berendam di air kulkas, walau dangkal tapi dinginnya minta ampun. Disekitar telaga ada batu-batu koral yang berwarna-warni, telaga ini berada di lembah. Saat travellers memandang sumber air terjun ada celah sinar yang terbentuk dari pohon-pohon yang ditengahnya air terjun mengalir. Selain itu air terjun ini konon juga berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

  1. Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh KenanganMerupakan potensi wisata yang masih sangat alami serta suasana alamnya yang banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan dan bebatuan. Di air terjun ini terdapat kolam dan peluncur yang menjadi keunikan yang layak untuk dikunjungi. Terlatak di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara.Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh KenanganAir terjun tujuh kenangan berada cukup jauh dari jalan umum yang dapat di lalui kendaraan umum di Pagaralam.Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh Kenangan

Air Tejun Tujuh Kenangan
Karena apabila travellers ingin menikmati pemandangan dan dinginnya air di air terjun ini kita harus berjalan kaki karena lokasi berada di tengah kebun kopi milik warga dan belum di kelola oleh pemerintah. Dengan kondisi jalan naik turun dan licin apalagi saat hujan, dipastikan anda akan tergelincir apabila tidak hati-hati. Anda juga harus menggunakan jasa guide untuk menuju lokasi, karena dikhawatirkan bila kita tidak tahu pasti lokasi akan tersesat.

Saran :

  1. Wisata air terjun yang berada di Pagaralam sebaiknya dikunjungi saat tidak masuk masa penghujan karena dikhawatirkan jalan menuju lokasi licin, dan beberapa air tejun tidak dapat dinikmati karena terlalu berbahaya saat pasang (air naik) atau saat hujan.
  2. Gunakanlah guide untuk memudahkan anda menuju lokasi. Bila ada saudara atau teman dapat dimintai bantuan untuk menemani travellers.
  3. Wisata air terjun sangat berkesan bila bersama-sama rombongan
  4. Gunakan angkutan umum yang di sewa untuk menuju beberapa lokasi air terjun yang lumayan jaraknya.
Air Terjun yang Dapat Di Kunjungi Saat Berada Di Pagaralam Sumatera Selatan
5 (100%) 2 votes
(Visited 9,258 times, 1 visits today)

Indonesia-Palembang
Pempek Lovers.

Don’t be afraid make a failure because your failure is begin a success.

13 Comments

  1. M. Aulia Ramadhani
    July 7, 2015

    Wah safari cughup mbak? (y)

    Reply
    1. atica
      July 13, 2015

      heheheh lumayan kak. selagi di pagaralam tujuan ya air terjun tula. sejuuuk

      Reply
  2. Suzan
    July 7, 2015

    baru nyampe ke Lematang Indah aja

    Reply
    1. Suzan
      July 7, 2015

      Dulu pernah mendaki gunung Dempo, tapi gak tahu nama air terjun yang ada sebelum pintu rimba

      Reply
    2. atica
      July 13, 2015

      di coba air terjun lain mb. di jamin kren2.

      Reply
    3. atica
      July 13, 2015

      cb air tejun yg lain mb. di jamin kren2

      Reply
    4. Muhdie
      April 23, 2016

      Sama baru lematang indahhhhhhhh

      Reply
  3. Jony Day
    July 7, 2015

    wah, dari 4 baru cughup lematang sama cughup embun yang pernah didatengi, sama beberapa waktu lalu sempat ke cughup maung gegara MTMA o o o o

    Reply
    1. atica
      July 13, 2015

      wah curup maung di lahat kak? kren tuh *liat pict temen*

      Reply
      1. Muhdie
        April 23, 2016

        Iya,,,, apa? Nanti lah kalau kesana

        Reply
  4. Deddy Huang
    July 8, 2015

    Kalau sudah lihat air terjun rasanya sejuk. Apalagi kalau injak batu-batu kerikil kayak lagi di refleksi.

    Reply
    1. atica
      July 13, 2015

      heheheheh dingiiiiin kak. kyk nginjek batu es ๐Ÿ˜›

      Reply
  5. Andien
    January 6, 2016

    curup maung ga termasuk dalam daftar ya?
    ga kalah bagus kok ๐Ÿ˜€

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *