Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Asyiknya Ngabuburit di Palembang

Asyiknya Ngabuburit di Palembang

Banyak cara yang dilakukan untuk menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka di bulan Ramadhan. Di Palembang sendiri, menunggu waktu datangnya berbuka puasa alias ngabuburit memiliki cara tersendiri yang bisa dilakukan baik bersama teman, pasangan dan keluarga.

Berikut ini asyiknya ngabuburit di Palembang

1. Menikmati Sunset di Jembatan Ampera

 Jembatan Ampera

Keindahan panorama sore hari di Jembatan Ampera sangat menyenangkan, karena bisa berburu cahaya matahari yang tenggelam di ufuk barat. Sunset di jembatan peninggalan jajahan Jepang semakin indah dengan lampu kapal-kapal yang melintasi di Sungai Musi.

2. Bersantai di Benteng Kuto Besak Palembang

Benteng Kuto Besak

Selain menikmati keindahan Sunset dari Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak Palembang menjadi tempat bersantai di sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Disini juga bisa melihat keindahan Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Setiap sore ratusan pengunjung berbaris di pelataran yang memanjang menghadap  Sungai Musi tersebut.

3. Memancing di Sungai Musi

Sungai Musi
Sumber Foto : bombom94[dot]weebly[dot]com

Aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah memancing. Dan Sungai Musi menjadi lokasi paling dicintai para mancing mania baik yang pemula maupun pemancing mahir. Selain bisa menunggu waktu berbuka, hasil memancing bisa menjadi lauk saat sahur di esok hari.

4. Jalan-Jalan di Kambang Iwak Family Park

Kambang Iwak Family Park

Ngabuburit tidak hanya mall dan kafe-kafe, jalan-jalan di Kambang Iwak Family Park juga menjadi cara untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa. Taman di tengah kota Palembang juga sangat rindang dengan pohon-pohon besar sehingga membuat suasana segar dan nyaman. Ada juga tempat bermain dan penjual makanan di kawasan ini.

5. Bersepeda dan olahraga ringan di Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City

Berpuasa bukan berarti tidak bisa berolahraga. Di Palembang sendiri, sambil menunggu berbuka puasa, banyak yang melakukan olahraga ringan di Jakabaring Sport City Palembang. Tidak hanya lari-lari kecil tapi juga bisa bersepeda santai mengelilingi kompleks olahraga terpadu dan terbesar di Asia Tenggara ini. Setelah berolahraga ringan, bisa juga menikmati sunset di Danau buatan yang ada di kompleks JSC ini.

6. Berburu Batu Akik di Cinde

Batu Akik Cinde

Demam batu akik juga masih dirasakan saat Ramadhan. Di Palembang, banyak masyarakat yang ngabuburit dengan berburu batu akik di Cinde. Pusat Batu Akik Palembang di Cinde merupakan kawasan jual beli batu akik di Palembang. Disini tersedia batu akik berbagai jenis baik dari provinsi Sumsel hingga dari provinsi lain. Baik batu akik yang sudah jadi maupun batu akik yang masih mentah alias yang masih bongkahan.

7. Mendengarkan tilawah dan ceramah di Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang
Sumber Foto: Buletin Metropolis

Menjelang waktu berbuka puasa, di Masjid Agung Palembang dilakukan kegiatan tilawah, berzikir dan ceramah. Hal ini sendiri sudah dilakukan sejak zaman dahulu Sultan Palembang bersama para sahabatnya, hingga datangnya waktu berbuka puasa. Wasiat Sultan Palembang ini dilakukan hingga saat ini dan menjadi tradisi buka bersama di masjid tertua di Indonesia ini.

Nah itulah asyiknya ngabuburit di Palembang, jika ingin menikmati suasana Ramadhan di Palembang, pesan tiketnya sekarang juga ya. Semoga menjadi pilihan asyik menunggu waktu berbuka puasa ya. Sehingga waktu berkumandang Adzan Magrib tidak terasa.

Asyiknya Ngabuburit di Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 972 times, 1 visits today)


5 thoughts on “Asyiknya Ngabuburit di Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *