Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Bebek Goreng Haji Slamet Palembang, Gurih Pedas nan Nikmat

Bebek Goreng Haji Slamet Palembang, Gurih Pedas nan Nikmat

Berbagai kuliner yang ada di Palembang, seperti tidak pernah ada kata habis. Boleh jadi semua orang seluruh nusantara mengenal makanan khas Palembang, yaitu pempek. Sampai orang ketika mau pergi ke Palembang, langsung minta dibawakan oleh-oleh pempek. Padahal, selain pempek, makanan khas Palembang lainnya, ada tekwan, model, kerupuk kemplang dan masih banyak lagi.

Nasi Paha Bebek Goreng H.Slamet + sambal korek
Nasi Paha Bebek Goreng H.Slamet + sambal korek

Tidak hanya makanan khas Palembang yang telah turun-menurun dan dari generasi ke generasi. Ragam kuliner di Palembang juga berkembang sangat variatif, unik dan cocok dengan lidah pada umumnya masyarakat sumatera yang notabene menyukai rasa pedas.

Olahan kuliner daging bebek kini sudah mulai dilirik para penikmat kuliner. Sebelumnya mereka sudah biasa menikmati kuliner daging ayam yang telah menjamur di kota pempek ini. Seolah ingin merasakan sensasi berbeda menyantap olahan daging bebek adalah jawabannya.

Banyak orang yang mengira bahwa makan daging bebek, aroma dan rasanya amis. Namun, seiring banyaknya pengetahuan tentang mengelolah kuliner bebek yang benar, kini semakin diburu para penikmat kuliner.

Menu makanan dan minuman di Bebek Goreng H.Slamet
Menu makanan dan minuman di Bebek Goreng H.Slamet

Salah satu Rumah Makan Bebek Goreng H.Slamet, bertempat di Jl.MP.Mangkunegara, Kenten, Palembang, ini menjadi tujuan wisata kuliner favorit masyarakat Palembang dengan menikmati kuliner bebek. Apalagi di bulan puasa Ramadhan, banyak pengunjung bersama teman maupun keluarganya datang berbuka puasa menyantap kuliner bebek yang telah terkenal sejak tahun 1986 ini.

Ketika saya datang untuk berbuka puasa, hampir kehabisan tempat duduk karena sudah dipesan orang sejak rumah makan ini dibuka Pukul 11 siang. Bersyukur masih ada kursi demi ingin menikmati hidangan kuliner bebek goreng khas H.Slamet.

Foto Bapak H.Slamet dan para karyawannya
Foto Bapak H.Slamet dan para karyawannya

Saat masuk saya melihat ke dalam ada sebuah foto yang terpasang di dinding Rumah Makan Bebek Goreng H.Slamet. Foto itu adalah H.Slamet sang pemilik Bebek Goreng H.Slamet beserta para karyawannya. Oh ya, Bebek Goreng H.Slamet yang berpusat di Kartasuro, Sukoharjo, Jawa Tengah, ini sudah membuka cabang di berbagai daerah di Pulau Jawa hingga sampai Pulau Sumatera (termasuk Palembang).

Menu makanan khas bebek goreng H.Slamet semuanya digoreng. Beberapa olahan bebek goreng, seperti: dada, paha, kepala, rempela hati dan satu ekor bebek. Ada juga tersedia ayam goreng sebagai tambahan variasi menu. Semuanya digoreng dengan olahan bumbu yang khas dan nikmat tentunya bersama lalapan timun, daun pepaya dan kubis. Sebagai tambahan yang tak boleh terlupakan adalah sambal korek yang pedasnya cadas (meminjam istilah pakar kuliner, Bondan Winarno).

Suasana ramainya para pengunjung Bebek Goreng H.Slamet
Suasana ramainya para pengunjung Bebek Goreng H.Slamet

Suara beduk kemudian berkumandang azan maghrib terdengar sayup-sayup dari televisi yang agak jauh dari tempat duduk saya terdengar. Mula-mula minum air mineral, kemudian tak sabar menyantap bebek goreng bakar pesanan saya yang telah terhidang di meja.

Sesuai dengan pesanan saya, ketika mencoba membelah paha daging bebeknya, tekstur bebeknya cukup empuk. Sedikit perlu tenaga untuk memisahkan daging dari tulangnya. Tekstur bebek masih bisa dipertahankan, namun rasa dan aroma amis sudah hilang kesan alotnya .

Sambal saya sendok dengan daging bebek yang telah saya sobek dan masih terasa hangat, terasa perpaduan gurih daging bebek dan pedasnya sambal korek ditambah nasi. Wah..sensasi rasa daging bebek yang pedas nendang nian! Semakin pedas, semakin bertambah nafsu makan saya.

Juice Jomblo. Perpaduan buah sirsak dan buah naga.
Juice Jomblo. Perpaduan buah sirsak dan buah naga.

Untuk menghilangkan rasa haus, minuman favorit di sini, Jus Jomblo. Namanya unik ya? Jus ini berisi perpaduan buah sirsak dan buah naga. Rasanya manis sedikit asam oleh rasa sirsak. Cukup menghilangkan rasa pedas saya ketika menyantap bebek goreng dan sambalnya. Perlu diketahui untuk makan di sini, semuanya pakai tangan (tidak menggunakan sendok).

Cukup puas makan bebek goreng H.Slamet ini. Satu potong paha bebek harganya Rp19.000. Satu porsi nasi harganya Rp5.000. Sambal korek Rp2.500. Juice Jomblo Rp13.000. Ngga habis lima puluh ribu rupiah, sudah cukup lezat dan enak menurut saya.

Apabila kamu tertarik makan di Bebek Goreng H.Slamet ini bersama teman maupun keluarga, sebaiknya pesan tempat. Sebab banyak sekali yang ingin makan di sini. Nah, ini nomor telepon yang bisa kamu hubungi di 0711-812477. Selamat menikmati bebek gorengnya yah!

Bebek Goreng Haji Slamet Palembang, Gurih Pedas nan Nikmat
5 (100%) 1 vote
(Visited 6,181 times, 3 visits today)


3 thoughts on “Bebek Goreng Haji Slamet Palembang, Gurih Pedas nan Nikmat”

  • Bebek h slamet enak, terutama sambalnya.. tapi terus terang yaa.. karyawannya gak wellcome banget.. Saya kecewa banget..
    Pengalaman saya hari ini saking sukanya sama sambalnya saya tanya boleh minta gak.. Jawabnya gak boleh.. Trus saya tanya bisa beli gak.. jawabannya gak bisa, harus beli bebeknya atau ayamnya.. Oke saya beli kepala 1 porsi karena memang saya hobi lehernya.. Jawabnya harus 2 porsi.. Waaahh kayaknya dipersulit banget ya.. pas saya sampaikan keuhan saya sambil saya poto2 karyawannya kasirnya bilang karena stok cabe habis.. gak care banget karyawannya.. Saya beli di solo malah dibawain gratis lho.. mungkin beda kultur sampe segitunyakah terhadap pelanggan bahkan penggemar bebek slamet..??

    • Maaf mbak mngkn komentar mbak udh lama tp saya benar-benar setuju sm pendpt mbak krna pegawai di bebek slamet emg bener2 nggak welcome mbak.. Saya mngkn penggemar pedas dan suka bebek tp pd saat kita tnya nggak pernah jawab baik2..
      Msh enk mbak di jwb, klo saya malah dia tnya balik tnpa dia ksh penjlsan ttg pertnyaa kita.. Jujur benar2 kecewa..
      Pengen ketemu sm yg punya buat ksh saran tp itupun klo dia suka.. Krna syg nya krna hnya beberapa pegawai nama BEBEK SLAMET ny jd rusak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *