Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Berburu Barang Antik di Pasar Cinde Palembang

Berburu Barang Antik di Pasar Cinde Palembang

Pasar Cinde adalah pasar pertama dan salah satu pasar tradisional terbesar di palembang. Terletak di tengah kota, Pasar ini merupakan landmark dan aspek ekonomi penting bagi masyarakat. Bagi yang sedang atau akan berwisata ke kota palembang sangat disayangkan bila tidak mengunjungi pasar cinde, karena di pasar ini dijual berbagai makanan khas palembang yang bisa jadi oleh-oleh seru. Kalian bisa menemukan kerupuk, kemplang, berbagai jenis pempek, serta kue-kue dan cemilan khas palembang.

pasar cinde palembang
pasar cinde palembang (pic: palembangdalamsketsa[dot]blogspot[dot]com)

Pasar cinde terdiri dari bangunan dua lantai dan kios-kios yang berada di jalan di sekitar bangunan utama. Pada bangunan di lantai pertama dijual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur-sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, bumbu masak, ikan, ayam, daging, kopi, dan sebagainya. di lantai kedua di jual barang-barang peralatan rumah tangga seperti peralatan berkebun, peralatan bertani, onderdil kendaraan, alat jahit, pakaian tentara dan konveksi.
Di pelataran luar pasar cinde, banyak kios-kios yang menjual berbagai makanan khas palembang. Di empat ruas jalan di sekitar bangunan utama juga ada kios-kios yang menjual peralatan rumah tangga, sepeda, pompa air, onderdil kendaraan, dll. Kemudian yang akhir-akhir ini, karena kepopuleran batu akik, pasar cinde juga berubah menjadi pasar batu akik yang mungkin terbesar di wilayah sumatera selatan, berada di sebelah bangunan pasar utama.

Tetapi banyak yang mungkin belum tahu, bahkan bagi masyarakat palembang sendiri, dimulai saat fajar hingga pagi hari Pasar Cinde menampakkan sisi wajah lain nya, sebuah pasar loak. Disinilah surga bagi para pemburu barang bekas. Barang-barang yang seakan memiliki kesempatan kedua ini dijual para pedagang yang menggelar lapaknya di sepanjang empat ruas jalan di sekitar bangunan utama pasar cinde. Jalan Raden Muhammad, Jalan Raden Nangling, Jalan Karet dan Jalan Cinde Welan.

barang antik
apapun bisa ditemukan disini
barang antik
peralatan, mesin, dan alat elektronik yang di jual di pasar loak cinde

Barang bekas tidak selamanya jelek, bahkan banyak barang-barang tersebut tergolong antik. Saya pribadi pernah mendapatkan kamera film antik, piringan hitam, dan beberapa komik bekas dengan harga yang sangat bersahabat. Tidak hanya barang bekas, disini juga menjual barang baru dan unik dengan harga lebih murah dibandingkan di tempat lain.

pakaian bekas
pakaian dengan kualitas yang masih bagus

Kalian bisa menemukan hampir semuanya disini, dari pakaian, sepatu, alat elektronik, peralatan rumah tangga, kaset dan piringan hitam, kamera, tas, lampu dan piring antik, obat tradisional, sampai pretelan onderdil kendaraan, hampir semuanya ada.

Barang antik di pasar loak cinde
kamera, piring, dan benda-benda antik di pasar loak cinde

Sebagai pembeli atau pemburu barang antik sangat diharuskan untuk jeli dalam mencari, memilih dan memeriksa barang yang kita inginkan. jika sudah yakin, tinggal nego harga dan transaksi.

Pasar Cinde
suasana pasar cinde di pagi hari

Pasar loak Cinde palembang bisa ditemukan mulai dari fajar sekitar jam 3 hingga pagi hari sekitar jam 9 setiap hari. Tetapi disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada minggu pagi, karena pada saat inilah kondisi pasar paling ramai. pada hari minggu, lebih banyak pedagang yang datang menggelar lapak nya, yang berarti lebih banyak barang-barang yang dihidangkan untuk pembeli dan pemburu barang antik. tertarik? tidak ada salahnya menyempatkan diri berburu barang antik selagi anda berlibur ke palembang.

peta lokasi pasar cinde
peta lokasi pasar cinde palembang

happy hunting.. 🙂

Berburu Barang Antik di Pasar Cinde Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 8,695 times, 5 visits today)


9 thoughts on “Berburu Barang Antik di Pasar Cinde Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *