Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Berburu Oleh-Oleh Kopi Semendo di Palembang

Berburu Oleh-Oleh Kopi Semendo di Palembang

Minuman yang satu ini memang memiliki magnet tersendiri. Seorang penulis pernah berkata, “setiap kopi yang baik akan selalu menemukan penikmatnya.” Maka tak jarang banyak orang rela berburu minuman kopi kalau pergi ke luar kota. Sedangkan kopi yang masih dalam bentuk bubuk juga menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang digemari.

Kopi Basemah
Beraneka Merk Kopi Basemah / Semendo

Sebagai salah satu provinsi yang kaya akan kekayaan alamnya, Sumatera Selatan termasuk salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kopi yang dihasilkan di Sumsel dinamakan dengan Kopi Basemah, namun ada juga yang menyebutnya sebagai Kopi Semendo. Baik Basemah maupun Semendo merupakan nama suku yang ada di Sumatera Selatan.

Kopi Basemah
Kopi Semendo tubruk dan pempek? Palembang banget!

Kopi Basemah sebenernya merujuk pada kopi yang berasal dari daerah Pagaralam yang tumbuh di sekitar lereng Gunung Dempo, sedangkan Kopi Semendo merujuk pada daerah tataran Bukit Barisan Sumatera Selatan. Namun karena letak geografis yang berdekatan, dan sama-sama jenis kopi robusta, maka tak jarang produsen kopi bubuk mencampur jenis kopi ini sehingga pada akhirnya Kopi Basemah dan Kopi Semendo menjadi tidak ada bedanya lagi. Di artikel ini saya akan menggunakan istilah kopi semendo karena konon katanya daerah suku semendo juga mencakup ke daerah suku basemah, hehehe

Kopi Basemah
Kopi Robusta Semendo memiliki wangi yang khas

Kopi Semendo merupakan kopi yang terkenal dengan keharuman dan kenikmatannya. Para petani di daerah Pagaralam pernah mengatakan bahwa yang kopi ini merupakan kopi favorit dari Ratu Yuliana dari Belanda pada zaman dulu. Untuk memenuhi kecintaan beliau terhadap Kopi Semendo, maka pemerintah Belanda membuat kebun kopi terbaik di daerah Simpang Padang Karet Pagaralam untuk menghasilkan biji kopi yang seluruh hasil panennya dikirim ke dapur istana Sang Ratu di Belanda. (sumber: wikipedia.org)

Kopi Basemah
Kopi Semendo yang dijual di kios tradisional

Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Palembang, maka sempatkanlah diri Anda untuk mencicipi Kopi Semendo. Ada banyak tempat yang menyediakan kopi tubruk asli Sumatera Selatan ini, baik di tempat yang cukup nyaman untuk nongkrong seperti di beberapa kedai kopi modern di daerah Jalan Rajawali, maupun di warung-warung makan tradisional.

Untuk kopi bubuknya sendiri pun sangat mudah ditemukan. Hampir setiap toko kelontong maupun minimarket lokal menjual Kopi Semendo. Anda juga dapat menemukan Kopi Semendo di toko oleh-oleh khas Palembang seperti di toko pempek. Namun jika memiliki waktu yang berlebih, sempatkanlah jalan-jalan ke Pasar 16 Ilir Palembang.

Kopi Basemah
Salah satu kios yang menjual Kopi Semendo di daerah Pasar 16 Ilir

Pasar 16 Ilir merupakan pasar yang berdiri sejak jaman Kerajaan Sriwijaya, dan di sana banyak terdapat kios-kios kecil yang khusus menjual Kopi Semendo. Harga perkilo kopi bubuk berkisar antara 40.000-50.000. Menariknya jika sedang beruntung, Anda akan melihat proses memanggang kopi langsung pada saat itu juga. Selamat menikmati Kopi Semendo!

Berburu Oleh-Oleh Kopi Semendo di Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 5,635 times, 16 visits today)


6 thoughts on “Berburu Oleh-Oleh Kopi Semendo di Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *