Berlibur ke Palembang, Ini Jenis Pempek yang Wajib dicoba

pempek palembang

Halo Travelers,

Jika kita sedang berkunjung ke suatu daerah, entah itu tujuannya untuk berlibur,urusan bisnis ataupun pekerjaan, tampaknya kurang afdhol rasanya kalau kita tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Begitu juga kalau kita sedang berwisata ke Palembang, rasa – rasanya ada sesuatu yang kurang jika kita tidak merasakan pempek palembang. Jika Italia terkenal dengan Pizza nya, maka Kota Palembang menjadi legendaris karena pempek nya (kebanyakan orang luar palembang menyebutnya dengan sebutan empek – empek, red).

Pempek Palembang yang selama ini cukup banyak dikenal di berbagai daerah, ternyata punya banyak varian yang belum banyak diketahui. Tentunya berbagai varian itu memiliki rasa dan sensasi kelezatan yang berbeda-beda pula. Hmmm…jadi penasaran kan. Chekc this out. Jenis –jenis pempek yang wajib agan sista cicipi jika berkunjung ke Palembang.

  1. Pempek Kapal Selem / Pempek Telok Besak

Ini jenis pempek yang paling terkenal baik di Palembang maupun luar Palembang. Pempek kapal selem atau juga sering disebut pempek telok besak (oleh wong pelembang asli). Sama seperti adonan pempek lainnya yang didominasi olahan daging ikan dan tepung kanji lalu ketika adonan pempeknya telah jadi lalu dibentuk menyerupai kapal selem (bahaso pelembang)/ kapal selam (bahasa Indonesia)/ submarrine (English) lalu ditengah – tengahnya diisi dengan telur dan direbus sampai matang lalu digoreng. Pempek kapal selem akan lebih sangat nikmat jika disantap dengan kuah cuko. Perfecto.

pempek kapal selam

  1. Pempek Lenjer

Dengan adonan dasar sama seperti pempek kapal selem, bedanya pada pempek lenjer adonannya dibentuk persegi panjang dengan sudut – sudut berbentuk oval dan tidak dikombinasi atau diisi dengan telur. Pempek ini menjadi favorit jika dikirim menjadi oleh – oleh, karena nantinya sebelum digoreng, pempek ini dipotong – potong menjadi banyak bagian, satu lenjer bisa dipotong menjadi 10 bagian. Pempek jenis ini sangat cocok untuk dinikmati beramai-ramai, tentu dengan kuah cuko biar tambah greget.

pempek lenjer

  1. Pempek Sang Kerupuk

Dinamai pempek sang kerupuk karena memang bentuk pempek ini sama seperti kerupuk. Pempek sang kerupuk merupakan jenis pempek favorit saya, hehehe, selain karena tampilan fisiknya yang terlihat cool dan good looking dan tentu rasanya pun bisa memanjakan lidah. Berbeda dengan pempek kapal selem dan pempek lenjer yang lebih enak jika disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu, maka pempek sang kerupuk lebih enak jika disajikan tanpa digoreng, hanya direbus.

pempeng kerupuk

  1. Pempek Panggang

Sesuai dengan namanya, pempek panggang merupakan jenis pempek yang disajikan dengan cara dipanggang. Cara membuatnya pun agak berbeda dengan pempek – pempek lainnya yang telah saya deskripsiin diatas terlebih dulu. Kalau pempek kapal selem direbus terlebih dahulu sebelum di goreng, maka adonan pempek panggang langsung dipanggang tanpa direbus dahulu sebelum disajikan. Lalu khas nya pempek panggang itu dari cara penyajian, jika biasanya pempek dimakan dengan kuah cuko maka pempek panggang disajikan dengan membela bagian tengahnya layaknya hamburger lalu diisi dengan udang kering, kecap manis dan sambel. Untuk rasa, bolehlah saya meminjam ungkapan Pak Bondan: maknyus.

pempek panggang

  1. Pempek Lenggang

Pempek Lenggang merupakan olahan lanjutan dari pempek lenjer, jika biasanya pempek lenjer dipotong menjadi 10 bagian sebelum digoreng, maka untuk membuat pempek lenggang, pempek lenjer yang telah dipotong menjadi 10 bagian tadi, kembali dipotong-potong kembali menjadi bagian kecil lalu ditambahkan telur, lalu dikocok hingga merata lalu dipanggang dengan alas daun pisang. Untuk penyajian pempek lenggang ini bisa dengan kuah cuko atau dengan sambal.

pempek lenggang

  1. Pempek Adaan

Sesuai dengan namanya, pempek adaan adalah pempek yang dibuat tanpa perencanaan, loh..(just kidding). Pempek adaan adalah pempek yang dibuat langsung kecil-krcil tanpa isi, hanya adonan utama pempeknya menggunakan air anget kuku dan disajikan dengan cara langsung digoreng, tanpa direbus terlebih dahulu. Pempek ini sangat tepat disajikan di sore hari sambil menikmati teh hangat.

pempek adaan

  1. Pempek Kulit

Jika adonan utama pempek adalah daging ikan, maka adonan utama pempek kulit dibuat dari kulit ikan. Tak heran dengan bentuknya yang terlihat lebih hitam dan garang. Namun soal rasa jangan ditanya, sudah pasti akan memanjakan lidah orang yang mencicipinya. Pempek kulit ini sama seperti pempek adaan yang disajikan dengan cara digoreng langsung tanpa direbus dahulu. Jangan lupa kuah cukonya.

pempek kulit

  1. Pempek Pistel

Pempek pistel merupakan pempek isi, sama seperti pempek kapal selem. Bedanya pempek kapal selem berisi telur maka pempek pistel berisi parutan pepaya muda (bahasa palembangnya: kates). Selain itu ukuran pempek pistel tidak sebesar pempek kapal selem. Pempek pistel biasanya pas jika disajikan pagi-pagi sebagai sarapan, lumayan memiliki gizi seimbang, ikan sebagai sumber protein, tepung kanji sebagai karbihidrat dan pepaya sebagai sumber serat.

pempek pistel

Berlibur ke Palembang, Ini Jenis Pempek yang Wajib dicoba
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,151 times, 1 visits today)

Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

6 Comments

  1. atica
    May 29, 2015

    dari semua jenis pempek paling fav pempek pistel.

    Reply
  2. Bima Kurniawan
    May 30, 2015

    mantappp….,,,

    pempek terenak didunia cuma ada di Palembang

    Reply
  3. Huang
    May 30, 2015

    Ayok kita kopdar pempek!

    Reply
  4. suzan
    June 1, 2015

    Ayo buat kopdar pempek, pasti seru ya huang 😀

    Reply
  5. Melly Feyadin
    June 2, 2015

    Ngiler nian jingok pempek di postingan ini.

    Reply
  6. Nina Fajriah
    June 3, 2015

    My favorite food ever. I mean EVER. 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *