Bermain dan Belajar di Graha Teknologi Sriwijaya Palembang

Mungkin sebagian besar masyarakat Palembang sendiri belum banyak yang tahu bahwa Palembang juga memiliki pusat pengetahuan dan teknologi selaiknya Taman Pintar di Yogyakarta. Science Center yang berada di kota Palembang tersebut kini bernama Graha Teknologi Sriwijaya pasca diresmikan oleh Menristek Ir.Kadiman Kusmayanto, Ph.D pada tanggal 9 Desember 2004. Wah sudah cukup lama, bukan?

Graha Teknologi Sriwijaya ini terletak di kawasan Jakabaring. Tidak jauh dari Stadion Bumi Sriwijaya. Graha Teknologi Sriwijaya ini tepat berada di belakang Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) atau tepat berada di samping gedung serba guna Dekranasda. Memang lokasi ini agak sulit dicapai jika tidak menggunakan kendaraan pribadi. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat menaiki TransMusi dengan jurusan Jakabaring. Biaya TransMusi sekitar Rp.4000 sd Rp.5000.

GT 4
Berbagai macam alat peraga

Ada apa saja di Graha Teknologi Sriwijaya ini? Wah, banyaaak! Setidaknya ada lebih dari 160 alat peraga Sains dipamerkan di sini. Pengalaman kunjungan saya terakhir ke sini, kita dapat meminta bantuan petugas untuk menjalankan alat peraga sambil diterangkan mengenai fungsinya. Sebetulnya petugas peraga ini gratis namun saya dan teman sepakat memberikan uang tips karena petugasnya nampak sangat bersemangat dan tanpa lelah menerangkan tiap-tiap alat peraga.

Misalnya saja keberadaan Harpa Tanpa Dawai ini. Harpa ini walaupun tidak memiliki dawai namun tetap dapat dimainkan. Ada sensor cahaya yang ketika terhalang anggota tubuh manusia (jari) maka akan memunculkan sebuah suara. Ada juga ranjang paku yang ketika ditiduri tidak melukai manusia.

GT 2
Harpa tanpa dawai
GT 5
Ranjang paku yang dapat ditiduri

Apakah gedung ini sebatas memiliki alat peraga? Tentu tidak. Di sini juga terdapat sanggar kerja (terutama bagi anak-anak di bidang kerajinan tangan), ada ruangan besar yang sering digunakan sebagai ruang diklat/seminar/workshop (bahkan pada PON 2004 lalu Science Center ini juga beralih fungsi menjadi Media Center) dan beberapa perlombaan science juga diadakan di sini seperti kompetisi antar pelajar, guru dan sekolah. Lomba water rocket nasional dan lomba robotic.

GT 1
Gedungnya luas dan besar

Berapa harga tiket masuk ke Graha Teknologi Srijaya Palembang? Sangat murah, cukup membayar Rp.5000 saja. Sedikit tips jika ingin mengunjungi Graha Teknologi Sriwijaya ini ialah, hati-hati terhadap alat peraga karena jika dimainkan secara sembarang maka potensi kerusakan akan semakin tinggi. Untuk itu, mintalah bantuan petugas untuk menyalakan alat peraga. Selain itu, lebih seru jika berkunjung ke sini ramai-ramai bersama teman-teman. Selain seru, pengunjung juga akan banyak mendapatkan ilmu dan informasi seputar teknologi.

GT 3
Alat peraga sains lainnya

Ajak keluarga berkunjung ke sini, yuk! Terutama adik-adik usia sekolah agar semakin pintar. 🙂

  • Graha Teknologi Sriwijaya Palembang
  • Jl. Seniman Amri Yahya No.3, Jakabaring Palembang 30134
  • Buka Senin sd Jumat, pukul 08:30 sd 15:00
  • Telp : 0711-519125
  • Info : FB : Graha Teknologi Sriwijaya Palembang
Bermain dan Belajar di Graha Teknologi Sriwijaya Palembang
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 3,909 times, 1 visits today)

2 Comments

  1. mutia
    January 4, 2016

    apa Graha Teknologi Sriwijaya akan adakan sesi memantau Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 bagi umum? mohon info

    Reply
  2. tia
    October 11, 2016

    Masuknyo dari mano ye?
    Dekranasda itu kan dekat taman pelangi srwijaya dulu. Cman belom lihat ado graha teknologi sriwijaya ini. Masuknya dari mana?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *