Berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang

Stadion Jakabaring

Kota Palembang kini tidak hanya dikenal karena keindahan Sungai Musi dan Jembatan Ampera-nya. Setelah didaulat menjadi tuan rumah pesta olahraga, mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games , Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, ASEAN University Games (AUG) 2014 hingga tuan rumah Asian Games 2018. Kini Palembang semakin dikenal sebagai kota olahraga.

Sebagai penunjang perhelatan berbagai multi event olahraga di ibukota Sumatera Selatan, hadir kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Tentu hal ini adalah anugerah untuk Palembang, pasalnya kawasan JSC disebut sebagai kawasan olahraga terbaik se-ASEAN pasalnya di JSC berdiri belasan venue olahraga bertaraf internasional.

Jakabaring

Jakabaring Sport City pun menjadi magnet menarik minat pengunjung datang untuk melihat, berfoto-foto, bersantai bersama keluarga ataupun untuk berolahraga. Setiap orang yang datang ke kota pempek akan datang berkunjung ke JSC.

Kini kawasan yang di zaman dulu selalu disebut orang sebagai “tempat jin buang anak” karena terkenal dengan keangkerannya, berubah tempat yang paling ingin dikunjungi di Palembang selain Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Jakabaring

Palembang boleh berbangga setelah didesak untuk memiliki kawasan olahraga terpadu untuk penyelenggaraan PON 2004. Apalagi momentum Sea Games 2011 memicu Palembang menyulap Jakabaring menjadi kawasan elite dan modern. Kini banyak gedung dan mall berdiri di Jakabaring. Dan tidak heran jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang ke JSC namun juga turis mancanegara ikut menyambangi kawasan seluas 700 hektar ini.

Jakabaring

Hal Yang Bisa Dilihat di Jakabaring Sport City

Jakabaring

Di JSC berdiri Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang yang menjadi markas klub sepakbola asal Palembang, Sriwijaya FC. Kalau beruntung bisa melihat dan foto-foto dengan para pemain SFC yang sedang berlatih.

Jakabaring

Tidak hanya markas Laskar Wongkito di kawasan JSC juga terdapat beragam fasilitas seperti Gedung Sport Science Centre, Wisma Atlet, Kompleks Lapangan Tenis Bukit Asam, Lapangan Khusus Atletik Termegah Se Indonesia, Aquatic Center yang disebut-sebut sebagai kolam renang terbaik di Asia Tenggara, Shooting Range, stadium menembak terbaik kedua di Asia setelah Korea Selatan.

Jakabaring

Ada juga Lapangan Voli Pantai, Arena Panjat Tebing tertinggi se Asia Tenggara, hingga Danau yang menjadi fasilitas utama arena olahraga air “Water Sky Sport”.

Jakabaring

Selain fasilitas olahraga, kawasan Jakabaring Sport City ini juga sangat hijau dan asri dengan hadirnya taman-taman,pohon-pohon hijau dan kanal-kanal cantik yang dibuat mengelilingi kompleks Jakabaring Sport City dan bermuara di Danau buatan.

Jakabaring

Pengunjung yang datang ke JSC cukup membayar Rp. 5.000,- untuk roda dua dan Rp. 10.000,- untuk roda empat sudah bisa berkeliling kompleks olahraga tersebut. Sehingga wajar jika banyak masyarakat Palembang juga akhirnya berbondong-bondong datang berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang. Karena murah meriah dan menyenangkan. Mulai dari pasangan muda mudi yang sedang memadu kasih hingga berwisata bersama keluarga.

Jakabaring

Cara ke Jakabaring Sport City

Untuk menuju kawasan Jakabaring Sport City cukup 20 menit saja dari pusat kota ataupun 45 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Banyak alternatif transportasi yang bisa digunakan menuju JSC, mulai dari kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, angkutan umum seperti Taksi, TransMusi, angkot, bajaj hingga ojek.

Jakabaring

Jika ingin menyewa kendaraan sendiri sangat muda menuju Jakabaring Sport City. Yang pasti anda harus melintasi Jembatan Ampera dan langsung lurus saja hingga tiba di bundaran air mancur Parameswara yang menjadi penanda JSC.

Jakabaring Sport City tidaklah hanya kompleks olahraga terbesar dan terpusat se ASEAN, namun kini sudah menjadi salah satu destinasi pilihan berwisata. Ayo siapkan tiket ke Palembang.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Jakabaring Sport City

Jika sudah berada di JSC ada banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan. Tidak hanya melihat venue olahraga, tapi banyak juga pengunjung yang piknik bersama keluarga hingga pasangan muda muda yang juga asyik bersantai di kawasan Danau buatan.

Jakabaring

Bahkan ada juga yang menjadikan kawasan JSC sebagai tempat untuk photoshoot prewedding.

Pengunjung sangat betah menikmati santai sore di danau ini, tidak hanya foto-foto, tapi juga bisa menikmati indahnya sang surya terbenam. Danau yang diperuntukkan sebagai venue ski air ini memang menjadi tempat berburu sunset di Palembang.

Jakabaring

Jika selama ini menikmati indahnya sunset hanya dari pantai atau pegunungan. Danau buatan venue Ski Air Jakabaring Sport City (JSC) Palembang kini menjadi destinasi pilihan menikmati matahari terbenam di ufuk barat.

Apalagi kawasan ini sangat segar karena banyak pohon-pohon hijau. Sehingga tidak heran danau ini pun adalah primadona di Jakabaring Sport City. Pasalnya setiap akhir pekan tiba, tempat ini paling ramai dikunjungi dibandingkan spot lain di JSC.

Jakabaring

Selain itu ada juga banyak permainan yang bisa dilakukan mulai dari becak mini, scooter listrik, perahu bebek, hingga sepeda gandeng. Untuk biaya tidak perlu khawatir dengan Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,- sudah bisa menikmati aneka permainan tersebut.

Setelah mengelilingi JSC, kalau sudah merasa lapar dan haus, kita tinggal menghampiri pedagang makanan dan minum yang ada. Disini banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman mulai dari pempek, bakso, batagor hingga es kacang merah.

Jakabaring

Meski banyak juga pengunjung yang piknik membawa makanan sendiri, namun kawasan yang tidak pernah sepi pengunjung bahkan bertambah banyak diakhir pekan, membuat banyak pedagang ikut mencari rezeki di kawasan JSC.

Ayo berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang :D.

Berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang
5 (100%) 3 votes
(Visited 4,105 times, 1 visits today)

Jurnalis TV lokal di Palembang, penulis indie yang mengejar mimpi masuk major publisher, penyuka jalan-jalan, pecinta kopi, cokelat dan es krim, senang merajut dan menjahit baju

8 Comments

  1. Erie Khafif Mukti
    May 26, 2015

    Saya mau coba naik perahu bebek kapan2. Ngajak istri dan anak2 asik juga nih 🙂

    Reply
    1. Suzan
      May 26, 2015

      Suzan sih belum pernah juga 😀

      Reply
  2. Huang
    May 26, 2015

    Sayang wisma atlit gak berfungsi lagi ya.

    Reply
    1. Suzan
      May 26, 2015

      Masih berfungsi koq, kemarin pas Kontes Robot Indonesia pesertanya semuanya nginep di Wisma Atlet

      Reply
  3. aulia
    May 26, 2015

    alternatif lain selain pulau kemaro kalo ngajak tamu dari luar Palembang ini tempat mah, mungkin kalo ada taman bermain anak kayak di depan tvri bisa jadi tambah rame

    Reply
    1. Suzan
      May 28, 2015

      Iya bener juga, usulan yang bagus au

      Reply
  4. dhee
    March 13, 2016

    Kolam renang aquatic nya bisa untuk umum gak? Kalo bisa, htm nya berapa ya?

    Reply
  5. Lidya Anjaya
    May 13, 2017

    Sayang nya kalo mau ke sana harus macet-macetan.. kalo sore atau jam jam sibuk gitu macet nya aduhai.. pdhl pengen pegi jd males deh bayangin macet nya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *