Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Bila Mutasi ke Palembang

Bila Mutasi ke Palembang

Bila anda tidak kenal Palembang, maka anda pasti tak sayang. Apalagi bila anda belum pernah ke Palembang sebelumnya. Bagaimana kota Palembang itu? Bagaimana keadaannya? Apakah cuacanya cenderung panas? Atau cenderung dingin? Apakah suasananya seperti kota besar? Atau seperti kota kecil? Apakah menyenangkan tinggal disana? Apakah membosankan? Tertuju untuk anda yang belum pernah ke Palembang sama sekali, maka izinkan saya memperkenalkan secara garis besar kota kelahiran saya tercinta; Palembang.

Palembang kota besar.

Palembang sebagai ibukota Povinsi Sumatera Selatan sekarang telah menjelma menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Bila ke Palembang menggunakan pesawat, anda akan mendarat di Bandara Udara Sultan Mahmud Badaruddin II yang telah bertaraf Internasional. Bertaraf Internasional karena Bandara Udara ini telah memiliki beberapa penerbangan Internasional dan penerbangan haji. Garuda Indonesia memiliki 8 kali penerbangan Palembang- Jakarta, dan beberapa penerbangan langsung ke beberapa kota besar. Hampir semua maskapai penerbangan lokal memiliki rute ke dan dari Palembang, kecuali Air Asia. So, when we talk about going to or leaving out Palembang, it should be no problem at all.

Pendidikan

Unsri Indralaya

Anak-anak Palembang memiliki pendidikan yang sangat cukup karena sekolah-sekolah dengan grade A terdapat di hampir semua penjuru kota. Anda hanya harus memilih satu yang dekat dengan tempat tinggal anda. Kualitas pendidikan di Palembang pun mumpuni. Sekolah Menengah Atas di Palembang menjadi langganan mengirimkan siswa-siswinya ke Universitas Ternama seperti UI, ITB, UNPAD, IPB dll. Beberapa sekolah bahkan membantu siswanya untuk meneruskan sekolah ke luar negeri. Jadi jangan heran bila banyak anak-anak Palembang bersekolah di Universitas-Universitas di Malaysia atau di Nanyang Tech. University Singapore. Hal ini juga didorong oleh adanya penerbangan langsung ke kedua negara tersebut.

Universitas Negeri di Palembang adalah Universitas Sriwijaya yang memiliki dua lokasi kampus. Kampus Bukit besar berada di kota untuk program non reguler, sedangkan Kampus Inderalaya untuk program reguler. Untuk anak-anak yang lulus SPMB akan ditempatkan di Kampus Inderalaya yang berjarak 32 km dari Kota Palembang yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit dengan bus khusus. Universitas swasta di Palembang juga banyak, salah satu nya bahkan menjadi langganan pemenang kejuaraan Robotik Nasional, dan dalam waktu dekat Universitas Bina Nusantara (BINUS) juga akan membuka cabangnya di Palembang.

Fasilitas Kesehatan

Gedung RS RK Charitas
Gedung RS RK Charitas

Layaknya sebuah kota besar, layanan kesehatan di Palembang juga sangat mumpuni. Rumah sakit terlama dan terbesar di Palembang adalah RS RK Charitas yang terletak di jalan Jenderal Sudirman dengan layanan gawat darurat 24 jam. Beberapa rumah sakit besar lainnya juga tersedia seperti RS Hermina dan RS Siloam. Untuk medical check up dan laboratorium ada Prodia dan beberapa laboratorium klinik lainnya.

Entertainment

Mal Palembang Icon. Gambar dari Palembang Icon

Palembang memiliki kurang lebih enam mal besar. Dibandingkan Jakarta tentu jumlah ini masih sedikit, tapi beberapa mal di Palembang menyediakan vendor-vendor dengan merk-merk yang cukup terkenal. Salah satu mal dilengkapi dengan Celebrity fitness. Dua mal memiliki Cineplex 21 dan satu mal memiliki Cinemaxx. Jika bosan ke mal, anda bisa berwisata budaya keliling kota Palembang. Hunting kain tradisional Palembang, hunting makanan tradisional yang enak-enak, atau hunting pempek enak dengan harga hanya seribu rupiah perbutirnya. Atau jika hanya ingin nongkrong di pinggir sungai musi, anda dapat menikmati semangkuk mie tek tek hangat sambil melihat jembatan Ampera. Dari sini, anda akan memahami mengenai konsep bahwa bahagia itu (ternyata) sederhana 🙂

Transportasi

Transmusi

Palembang kota yang ramai, dan sudah tentu ada kemacetan di sudut-sudut tertentu. Tapi kemacetan di Palembang belum sampai dalam tahap membuat frustasi, karena macet biasanya disebabkan oleh pengguna kendaraan yang tidak mau mengalah. Jarak dari satu tempat ke tempat lain cukup dekat, sehingga kalau anda naik Transmusi (sejenis Transjakarta) atau naik blue bird, seharusnya hitungan argo tidak perlu anda khawatirkan. Telfon Blue Bird Palembang 0711-361111

Fasilitas Publik

KIF-Park

Palembang memiliki banyak Hotel dengan budget beragam. Mulai dari Budget Hotel Amaris hingga Accor Hotel seperti Novotel. Hotel Aryaduta, Horizon, Aston dan Arista berlokasi ditengah kota yang pada waktu-waktu tertentu harus dipesan jauh-jauh hari mengingat tingkat okupansi hotel yang cukup tinggi. Untuk melihat ketersediaan hotel-hotel di Palembang dengan mudah, anda bisa melihat salah satu situs yang menurut saya sangat praktis dan informatif di sini. Untuk fasilitas publik lainnya, pemerintah Palembang juga menyediakan wifi yang bisa diakses publik dibeberapa tempat di Palembang secara gratis.

Biaya Hidup

Ke Pasar 16 Ilir sebaiknya berpenampilan sesederhana mungkin

Palembang adalah kota yang kaya dengan hasil tambangnya. Minyak, gas, batubara, menjadi income utama pendapatan daerah. Namun untuk beberapa komoditas pertanian dan komoditas lainnya dari waktu ke waktu Palembang harus mengimpor dari Provinsi lain. Tapi hebatnya, di tahun 2014 Palembang berhasil meraih penghargaan sebagai pengendali inflasi terbaik se-Sumatera. Dalam artian, dari seluruh kota di Sumatera, Palembang menjadi salah satu kota dengan tingkat inflasi yang stabil, sehingga harga dapat dikendalikan dalam taraf normal-meskipun beberapa komoditas masih diimpor dari Provinsi lain.

Rusuh Jauh-Jauh

Damai dan tenang

Orang lain bisa ngomong apa saja mengenai Palembang. Mengenai tingkat kriminalitas yang tinggi, mengenai karakter kasar orang Palembang, mengenai yang seram-seram mengenai Palembang. Namun yang harus dimengerti adalah bahwa semuanya itu terkadang kembali kepada diri kita sendiri. Misalnya, jika anda jalan-jalan di pasar 16 dengan dandanan heboh dan menenteng handbag seharga 15 juta, itu akan menarik kriminalitas pada diri anda sendiri. Orang Palembang sangat mengerti ini sehingga penduduk Palembang sangat menjaga penampilan mereka ketika keluar rumah dengan prinsip tampak sederhana lebih baik. Palembang juga jarang rusuh, sangat disyukuri. Mungkin karena penduduknya sulit untuk diprovokasi kali ya :). Mengenai berbicara kasar, sesungguhnya itu hanyalah dialek dan logat yang khas. Bukan berarti kami marah; hanya sepertinya bawaan lahir dan juga warisan nenek moyang membuat kami berbicara cenderung mengambil nada tinggi padahal sesungguhnya baik hati (memuji diri sendiri) haha

Nah itulah gambaran besar mengenai Palembang saat ini. Maka jika anda dimutasi ke Palembang, bersiap-siaplah menjadi penduduk Palembang dan minum air sungai musi. Konon, jika sekali anda telah meminum air sungai musi, dan anda pindah lagi dari Palembang, anda akan kembali dan kembali lagi karena (minum air sungai musi) akan membuat anda kangen sekali dengan kota ini. Berani membuktikan? 🙂

Bila Mutasi ke Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,250 times, 1 visits today)


17 thoughts on “Bila Mutasi ke Palembang”

  • nice postingan mb 🙂
    memang bener pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. palembang punya ceritanya sendiri

  • Hoho, iya pengalaman pribadi sebenarnya pas dimutasi ke kota yang belum sama sekali kesana tu kayagnya menggalau abis. Mudah2an tulisan diatas bisa membantu memberi gambaran meskipun hanya secara garis besar aja, hehe. Thanks sudah membaca Atica 🙂

    • Waah jadi malu, thanks Mbak Emeldah. Tulisan diatas masih sebagian kecil tentang bagaimana menyenangkannya hidup di Palembang. Semoga pembaca bisa merasakannya juga 🙂

  • Dlm wktu dkt sya akn bkrja di kota plembang.bs share sdkt lbh dtail gk tntg biaya hdp shari hari dsna.kya bwt mkan,hrga kbtuhan cw,dbnding sm jawa gmna..sya blm prnh k palembang pastinya..:-) hope will love it..makasiih..

  • Hai Mbak Andini, kalau saya lihat dari web, BPS menuliskan inflasi untuk sumsel sebesar 0,39% sedangkan Jawa Barat 0,51% dan Jakarta 0,35% (per Juni 2015). Dari sini bisa dibandingkan bahwa kenaikan harga di sumatera selatan cukup terkendali, bahkan ratenya bisa lebih rendah daripada Jawa Barat. Mengenai harga, untuk beberapa komoditas harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pulau Jawa karena adanya biaya tambahan dalam hal distribusi. Tapi tentu saja harganya ga jomplang-jomplang banget. Sekiranya anda membeli barang dengan harga Rp 80.000 di Jakarta, maka wajar jika di Palembang harganya Rp100.000, bukan? But for the rest I guarantee you will be love live in here! Welcome to Palembang Mbak Andini, welcome aboard 🙂

  • saya baru pindah kerja dn kuliah dari palembang ke jakarta … rasanya asli kangen kota palembang wlau bukan asli dari kota tsb .. pengen balik lg kesana ……

  • wah berarti jakarta sama palembang lebih mahal palembang dong?
    jadi batal niat kuliah di palembang deh, mending di jakarta aja kalo gitu 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *