Bukit Jempol: Pesona dan Eksotisme di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan

Hallo Sobat Traveler,

Provinsi Sumatra Selatan memang dianugrahi Tuhan dengan kondisi alam dengan pesona dan ke khasanya sendiri, mulai dari Sungai Musi yang membelah hampir semua daerah di Sumatra Selatan, Gunung dempo yang menjulang gagah sampai dengan Bukit Jempol dengan panorama yang indah dan menantang para pencinta hiking. Bukit jempol atau juga dikenal dengan bukit telunjuk berada di desa ulak pandan, kabupaten Lahat, Sumatra selatan. Disebut bukit jempol karena bukit ini memiliki puncak bebatuan yang terlihat seperti bentuk jempol, namun ada juga yang menamainya bukit telunjuk karena terlihat juga seperti bentuk jari telunjuk.

Bukit Jempol terletak di Kabupaten Lahat yang berjarak 220 KM dari Kota Palembang, dan 100 KM dari Kota Pagar Alam, tempat dimana Gunung Dempo berdiri gagah. Untuk menuju Lahat dari Kota Palembang kita bisa menggunakan beragam cara, pertama menggunakan kendaraan pribadi tentunya, yang kedua kita bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Kertapati menuju Lubuk Linggau, yang ketiga kita bisa menggunakan Bus antar kota dan juga Travel. Kami memutuskan menggunakan kendaraan pribadi karena berangkat berombongan, tentunya akan menjadi lebih hemat dan fleksibel, perjalanan dimulai jam 07.00 dihari sabtu, alhamdulillah kondisi jalan yang cukup mulus membuat perjalanan lancar dan jam 11.30 sudah sampai di Kabupaten Lahat. Lanjut istirahat dan sholat.

Bukit Jempol 1

Perjalanan di lanjutkan menuju rumah kepala desa Ulak Pandan untuk meminta izin pendakian. Setelah izin di dapatkan, serta peraturan dan petunjuk pendakian dari Kepala Desa, perjalanan dimulai 14.30. Dimulai dengan melewati rumah warga, menyebrangi perkebunan warga, menyelusuri Sungai Lematang yang indah, lalu melewati jembatan gantung yang cukup mendebarkan.

Bukit Jempol 4

Ternyata jarak dari desa Ulak Pandan ke pintu rimba cukup memakan waktu perjalanan kami, alhamdulillah dengan dresscode layaknya pendaki profesional, cukup menarik perhatian warga, dengan kondisi cuaca yang panas dan tiba-tiba hujan dan kembali panas kembali membuat perjalanan menjadi semakin berat dan mengasyikan tentunya. Jam 15.45 kami sampai ke pintu rimba.

gunung jempol 5

Awal perjalanan dari pintu rimba, kita akan disuguhi pemandangan berupa perkebunan karet warga, lalu kita setelah 2 KM perjalanan kita akan menemukan sumber mata air. Nah disini kita bisa menambah amunisi bekal air minum kita, disini kami memutuskan untuk makan sore, mie instan dan teh hangat ditengah alam terbuka memiliki sensasi tersendiri yang memanjakan lidah kita.

gunung jempol 4

Sehabis istirahat, perjalanan kembali dilanjutkan kembali, sayangnya kondisi cuaca yang terus menerus hujan membuat perjalanan semakin sulit, dan kamj memutuskan untuk berkemah di area kedaton yang berbatu pada pukul 18.30.

Bukit Jempol 3

Sobat traveler bisa menjadikan bukit jempol sebagai salah satu tujuan pendakian di pulau sumatra, kondisi alam yang masih asri, dengan track perjalanan yang beragam, membuat mata kita disuguhi pemandangan – pemandangan indah mulai dari sungai lematang sampai dengan bukit-bukit bebatuan yang indah.

Bukit Jempol: Pesona dan Eksotisme di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan
5 (100%) 1 vote
(Visited 803 times, 1 visits today)