Bukit Siguntang Palembang : Komplek Pemakaman Para Raja

Bukit Siguntang Palembang

Tak jauh dari pusat kota Palembang, terdapat sebuah taman yang terletak di atas bukit. Taman yang sekaligus komplek pemakaman ini dinamakan Bukit Siguntang karena memang kawasan ini terletak di ketinggian 29-30 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai kawasan tertinggi di kota Palembang. Dari atas menara, kita dapat melihat sisi kota Palembang dari ketinggian.

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang terletak di kecamatan Bukit Lama, sekitar 4 Km dari titik 0 (Bundaran Air Mancur). Untuk menuju Bukit Siguntang cukup gampang, ada akses transportasi publik berupa bus kota (jurusan Bukit). Tiket masuknya juga murah, cukup Rp.3000 untuk dewasa dan Rp.2000 untuk anak.

Bukit Siguntang Palembang

Sesampai di Bukit Siguntang, pengunjung akan disambut sebuah gerbang besar. Taman yang sekaligus merupakan objek wisata situs arkeologi ini sangat rindang karena banyak pohon besar sehingga udara segar langsung menyapa pengunjung. Terdapat beberapa makam raja melayu di sini. Diantaranya makam Raja Sigentar Alam atau Iskandar Zulkarnain Alamsyah yang berasal dari Kerajaan Mataram yang pada zaman dahulu berhasil menaklukan sebagian besar pulau Sumatera hingga ke negara tetangga Johor dan Malaka di Malaysia.

Ada juga makam Putri Kembang Dadar yang bernama asli Putri Bunga Melur. Ia dipercaya sebagai sosok putri yang sangat cantik pada zamannya. Sosok penting lainnya yang dimakamkan di sini adalah Pangeran Raja Batu Api, Putri Rambut Selako, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Kuning dan Panglima Bagus Karang.
Makam-makam tersebut biasanya dibuatkan bangunan kecil dan dijaga oleh masing-masing juru kunci. Karena dipercaya sebagai leluhur warga Palembang tak heran kawasan ini begitu disakraklan.

Bukit Siguntang Palembang

Menurut kitab Sulalatus Salatin, Bukit Siguntang diibaratkan sebagai potongan atau bagian dari Gunung Mahameru dalam kepercayaan Hindu-Budha. Karena itulah dianggap suci karena merupakan cikal bakal orang melayu. Bahkan raja yang memerintah di Malaka pun dikatakan sebagai keturunan Sang Sapurba. Di saat-saat tertentu komplek ini akan dibanjiri pengunjung untuk melakukan ritual tertentu.

Bukit Siguntang menjadi taman arkeologi karena memang dulunya di tempat ini ditemukan beberapa artefak buddhisme yang menunjukkan bahwa tempat ini dulunya dijadikan kawasan pemujaan dan keagamaan kerajaan. Misalnya saja pada tahun 1920, sebuah arca Buddha bergaya Amarawati ditemukan di sini. Arca ini kemudian disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang adalah kawasan yang sangat nyaman. Beberapa patung yang dibuat dari semen juga ada di tempat ini. Begitupun menara-menara kecil dan diorama kota Palembang berdiri kokoh di sini. Di hari libur, kawasan ini biasanya digunakan untuk pertemuan beberapa komunitas. Selain itu, kawasan ini juga cocok dipakai untuk berolahraga. Walau begitu, pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan ketenangan mengingat ini adalah kawasan sakral. Tertarik berziarah ke makam para raja ini? Yuk ke Bukit Siguntang!

Catatan : Gambar utama diambil dari id.wikipedia.org, selebihnya foto koleksi pribadi penulis.

Bukit Siguntang Palembang : Komplek Pemakaman Para Raja
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,588 times, 1 visits today)

4 Comments

  1. Nina
    July 6, 2015

    BUkit siguntang ini dekat dengan sekolahku SMU dulu, hehe

    Reply
    1. Haryadi Yansyah
      July 6, 2015

      SMA 10? ๐Ÿ˜€

      Reply
  2. M. Aulia Ramadhani
    July 6, 2015

    fungsi lainnya spot favorit buat pre wed ini, enak adem teduh

    Reply
    1. Haryadi Yansyah
      July 8, 2015

      Ahaaa bisa-bisa mas Aul ๐Ÿ™‚

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *