Danau Ranau Jagoan OKU Selatan Sumsel

Danau Ranau

Bila Sumatera Utara tersohor dengan Danau Toba nya, Sumatera Selatan (Sumsel) juga patut berbangga dengan Danau Ranau. Danau yang terbentuk dari gempa vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera dengan 125,9 Km2. Terletak diantara Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan (namun daerahnya lebih condong ke OKU Selatan) tempat wisata Sumsel ini menjadi jagoan wisata OKU Selatan.

Danau Ranau
Danau Ranau

Satu-satunya jalur yang paling efisien untuk menuju tempat ini adalah dengan menggunakan mobil. Bila dari Kota Palembang traveller bisa naik mobil travel Ranau Indah, Gading Mas atau Batang Hari yang terdapat di kawasan Pasar Burung 16 Ilir Palembang atau bisa juga menyewa mobil kalau bepergian dengan anggota yang banyak. Untuk waktu tempuhnya antara 8-9 jam (dengan kecepatan standar) tapi kalau diatas 90 Km/jam dan tanpa berhenti bisa dilalui dengan 7 jam.

Rumah Makan Tahun Sumedang
Rumah Makan Tahun Sumedang hanyasenja.wordpress.com

Jalur yang akan traveller dilewati adalah Palembang – Prabumulih – Baturaja – Muaradua dan terakhir Ranau. Nah, di daerah Prabumulih, Jalan Lintas Prabumulih – Palembang KM 15 tepatnya tidak jauh dari tuhu selamat datang kota Prabumulih, terdapat Restoran Tahu Sumedang yang besar dan terkenal. Sebelum tiba di restoran itu biasanya sudah ada spanduk di sepanjang jalan yang kita lewati yang menerangkan kalau traveller sudah dekat dengan restoran ini. Kalau naik mobil sendiri tidak ada salahnya mampir dan mencicipi.
Traveling Palembang
Kembali ke jalan yang kita lewati, traveller yang mengendara sendiri harus lebih berhati-hati ketika sampai di daerah Muaradua. Karena jalurnya cukup ekstrim. Jurang tanpa pembatas jalan di sisi kiri dan kanan selain itu tikungan yang tajam dan jalan yang sempir benar-benar menguji skill berkendara. Untuk yang belum terbiasa mengemudi di jalur seperti ini harus waspada.
IMG_4982
Daerah Danau Ranau ini masih dingin dan segar, air danaunya juga sangat jernih. Disekeliilingnya didominasi oleh sawah, tebing dan perbukitan. Terdapat juga Gunung Seminung yang merupakan merapi aktif dengan ketinggian 1.880 mdpl dan dapat didaki. Desa terdekat dengan tepi danau ini adalah Desa Banding Agung yang merupakan tempat lahirnya legenda Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat (dua jawara yang dihormati pada masanya dan beradu kesaktian yang akhirnya mereka sama-sama mati). Untuk masuk ke Danau Ranau dari Desa Banding Agung, pengunjung dikenai tarif Rp 2.000/ orang dan itu belum termasuk biaya parkir kendaraan, harga yang relatif murah untuk menikmati kejernihan Ranau. Selain Danau Ranau nya yang eksotis, traveller dapat juga menyebrang ke Pulau Marisa yang ada di tengah danau. Di pulau ini terdapat pemandian air panas yang kabarnya sangat berguna untuk kesehatan kulit. Untuk sampai ke Pulau ini terdapat warga sekitar yang menyediakan jasa perahu motor atau didaerah itu lebih dikenal dengan Ketek, tarifnya antara Rp 100.000 – Rp 600.000 tergantung banyaknya pemunpang dan jenis perahu yang kita pilih tapi jangan lupa untuk menawar. Di pulau ini terdapat penginapan milik PT. Pusri dan selebihnya penginapan yang dimiliki oleh warga sekitar dengan tarif yang pastinya lebih murah meriah.
Traveling Palembang

Selain trakking di Gunung Seminung, menginap di Pulau Marisa dan mandi di pemandian air panas ada juga air terjun Subik dan untuk oleh-olehnya traveller bisa menyempatkan untuk membeli kopi yang memang menjadi komoditi andalan daerah Ranau.
Traveling Palembang
Untuk skala nasional tempat wisata ini memang masih tergolong balita atau masih butuh banyak pembenahan. Misalnya penginapan yang kurang banyak dan fasilitas umum yang kurang memadai serta publikasi yang minim tapi diluar itu masyarakat Sumsel sekarang sudah banyak yang coba mengangakat daerah ini untuk lebih dilihat dan menjadikannya destinasi wisata yang tidak kalah indah dengan daerah-dearah diluar Sumsel. Jadi jangan lupa ke Danau Ranau bila berkunjung ke Palembang traveller.

Danau Ranau Jagoan OKU Selatan Sumsel
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 7,020 times, 2 visits today)
a daughter who so close to father and greatly admired to mother

14 Comments

  1. maman
    June 4, 2015

    peeeh kesano.. pengen ngecamp dipinggir danau 😀

    Reply
    1. Nina
      June 5, 2015

      Pemandangannya cantik bgt Subhanallah

      Reply
      1. rizka nurliyantika
        June 7, 2015

        iyo mbak. subhanallah..

        Reply
    2. rizka nurliyantika
      June 7, 2015

      bawaannyo nak ngecamp tu lah. begawe lah dulu. dempo kami cancel nah. masih tutup.

      Reply
      1. maman
        June 8, 2015

        aku lah sudah ke dempo hahahaha.. kemaren kan dikau diajak… tapi hahhahhahah

        Reply
        1. rizka nurliyantika
          June 11, 2015

          apa daya. kasih tak sampai

          Reply
  2. Suzan
    June 5, 2015

    Ajak Suzan kesini dong, belum pernah ke Danau Ranau

    Reply
    1. rizka nurliyantika
      June 7, 2015

      ayok lah mbak. darmawisa ke ranau.

      Reply
  3. Bima Kurniawan
    June 6, 2015

    Masih Penasaran pengen ke danau ranau…

    Reply
    1. rizka nurliyantika
      June 7, 2015

      nah, obati penasarannya dg berkunjung ke ranau *iklan*

      Reply
  4. M Guntur
    June 14, 2015

    keren banget pemandangannya. Jd pengen ke sana.

    Reply
  5. dony hermawan
    August 29, 2015

    Pengen bget kesana tapi gak tau jalanya,,,adh yg tau,,q asli sumatra tpi gak pernah k’danao ranao..

    Reply
  6. Edwarken
    August 11, 2016

    Cantik dan menawan bak perawan yang belum menerima polesan

    Reply
  7. Salbi
    September 15, 2016

    Kemaren sempet mau ke sano rame-rame, tapi waspada oleh dengar desas-desus kabar dari kawan katonyo jalan di baturaju sekarang lagu rawan.

    By. Salbi anak prabumuleh 🙂
    Salam kenal galo-galo ye

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *