Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel

Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel
Gunung Dempo
Jalan berkelok mengingatkan akan puncak pass

Puncak pass-nya Sumatera Selatan, begitulah kesan yang timbul ketika pertama kali mengunjungi wilayah kaki gunung Dempo. Gunung Dempo sendiri adalah gunung berapi tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang statusnya saat ini tercatat masih aktif. Dengan ketinggian mencapai 3.159 meter dari permukaan laut, membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan Wisata Sumsel paling favorit, baik bersama keluarga maupun teman-teman.

Gunung Dempo
Tampak jauh, jajaran bukit barisan

Sesuai dengan dua suku kata namanya, Pagar dan Alam, kota dengan luas wilayah mencapai 633,66 kilometer persegi ini dipagari dengan keindahan alam nan memukau. Kota Pagar Alam, letak Gunung Dempo ini berdiri gagah, dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Palembang dengan waktu tempuh sekitar 7-8 Jam. Baik menggunakan travel maupun bus AKDP dari terminal Karya Jaya. Alternatif lain adalah naik kereta api dari stasiun kertapati dengan tujuan ke stasiun Lahat, tetapi itupun harus menyambung lagi dengan angkutan umum maupun travel, namun menyisakan perjalanan yang hanya tinggal 1 jam saja. Alternatif terbaru adalah menggunakan pesawat terbang, sayangnya saat ini hanya melayani penerbangan dari dan ke Palembang hanya pada hari Kamis saja.

Gunung Dempo
Puncak gunung yang senantiasa tertutup awan

Begitu memasuki Kota Pagar Alam, hawa sejuk biasanya akan langsung terasa. Panorama memesona sepanjang perjalanan sudah mulai terlihat dari Kabupaten Lahat. Jajaran bukit barisan yang mengelilingi Gunung Dempo seakan tiada berujung, yang membentang dari ujung utara Aceh hingga ke Provinsi Lampung semakin memperkuat kesan alam nan hijau memagari kota kecil ini. Dari kaki gunung yang berjarak agak dekat, acap kali Puncak Gunung Dempo selalu malu memperlihatkan diri, awan yang nampak menyerupai kabut senantiasa menutupi puncaknya yang indah bila dipandang dari jauh. Sungguh rasanya ingin ku daki hingga puncaknya (suatu hari nanti, Amin).

Gunung Dempo
Hamparan kebun teh tertata rapih

Hamparan kebun teh di kaki gunung Dempo tersaji seluas mata memandang, di sepanjang jalur kendaraan dan jalur pendakian pun, kebun teh seakan tak ada habisnya menemani para pecinta gunung maupun wisatawan yang berkunjung. Eksotisme macam ini hanya dapat ditemui di sini, tak heran setiap akhir pekan maupun libur nasional penginapan dan villa penuh oleh pengunjung yang menghabiskan masa libur di kaki gunung Dempo. Tak sedikit pula pecinta alam yang mendirikan kemah, dengan risiko terpaan angin dingin di kala malam hingga pagi hari. Namun semua itu terbayar, ketika memandang momen sunrise di lahan perkebunan teh yang tidak akan didapatkan di kota-kota besar yang penuh hiruk pikuk.

Gunung Dempo
Closer view puncak gunung Dempo

Jalan-jalan maupun liburan tak lengkap rasanya bila tak membawa buah tangan/oleh-oleh khas daerah setempat. Teh menjadi komoditi utama sebagai oleh-oleh yang mudah didapat. Selain teh, Pagar Alam juga terkenal akan hasil alam berupa kopi, kopi robusta Pagar Alam sudah tersohor di kalangan penikmat kopi di Kota Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan. Selain itu, kini banyak terdapat kebun salak di kaki gunung Dempo sebagai alternatif oleh-oleh dan toko-toko yang menjual aksesoris seputarΒ kota Pagar Alam pun mudah ditemui di sepanjang jalan menuju kaki gunung Dempo.

Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel
5 (100%) 1 vote
(Visited 978 times, 1 visits today)


14 thoughts on “Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *