Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Enaknya Udang Galah di Pindang Sophia Palembang

Enaknya Udang Galah di Pindang Sophia Palembang

Kota Palembang menyimpan banyak sekali kuliner yang enak, sehingga tak salah jika para pecinta kuliner berwisata kuliner dan berburu aneka jenis makanan yang menggoda selera dan memuaskan lidah serta perut.

Selain Pempek, model, tekwan maupun mie celor dan martabak HAR,  pindang menjadi sajian bersantap paling utama jika berkunjung ke Palembang. Rasa pedas, manis dan asam, menyatu bersama ikan, daging hingga udang yang sangat sedap.

RM Pindang Sophia

Salah satu tempat makan terkenal dengan udang galah baik dimasak Pindang, Udang Asam Manis, hingga Udang Galah Goreng Mentega adalah Rumah Makan Pindang Sophia. Rumah Makan Pindang Sophia berlokasi di daerah Seberang Ulu, Palembang di Jalan  KHM. Asyik, SU 1, Kertapati, Palembang, tepatnya  jalan masuk antara Polsek Seberang Ulu dan Kantor Kecamatan Seberang Ulu di depan kantor Pemadam Kebakaran Palembang (PBK) Seberang Ulu Satu, Palembang. Telp +62 (0711) 7726300.

Untuk menuju RM. Pindang Sophia ini, jika dari pusat kota Palembang, kita harus menyeberangi Sungai Musi melalui Jembatan Ampera, lalu ke arah kanan (ke Kertapati), setelah itu putar balik saat di sebelah kanan ada Polsek Seberang Ulu (sekitar 1 KM dari jembatan Ampera).

RM Pindang Sophia2

Interior RM. Pindang Sophia ini cukup sederhana. Meski demikian, rumah makan ini banyak dikunjungi oleh pejabat, tamu asing hingga selebritis terbukti dari foto-foto pejabat dan selebritis yang pernah singgah makan menghiasi dinding rumah makan ini.

RM. Pindang Sophia ini menyajikan aneka jenis masakan pindang, mulai dari pindang ikan, pindang daging hingga pindang udang galah yang merupakan menu khas daerah Sumatera Selatan. Udang Galah atau juga dikenal dengan Udang Satang, udang sungai berukuran besar, sangat manis dan gurih.

RM Pindang Sophia-Udang Satang2

Sesuai dengan papan  bertuliskan, ”Warung Sophia, Ahlinya Bikin Masakan Khas Palembang” yang terpampang di dekat Kantor Camat Seberang Ulu 1, Palembang. Pindang udang merupakan menu istimewa rumah makan ini.

Menyantap pindang udang sangat nikmat, rasa kuah pindang berwarna merah khas pindang palembang, rasa pedas, asam dan gurih ditambah taburan daun kemangi, sangat cocok disantap saat makan siang.

RM Pindang Sophia-Udang Satang3

Menyeruput hangat dan segarnya kuah pindang udang perpaduan bumbu-bumbu yang kuat membuat menu ini selalu habis terjual setiap harinya. Jika datang di pukul 2 siang, kita tidak bisa menikmati pindang udang, karena sudah habis terjual.

RM Pindang Sophia-Pindang Udang1

Rasa kuah pindang yang kuat ditambah dengan udang sungai yang kenyal semakin menambah kenikmatan pindang udang Sophia. Untuk menikmati pindang udang galah ini, kita cukup membayar Rp. 80.000,- per udang.

Selain menu pindang udang, ada juga menu pindang patin, pindang baung juga tidak kalah menggoda selera. Ada juga menu brengkes (pepes ikan patin) tempoyak, ayam goreng, ikan goreng, perkedel, tahu, tempe, sayur, lalapan, dan lainnya.

RM Pindang Sophia-Pindang Patin

Alamat Rumah Makan Pindang Sopia. 
Jl. KHM. Asyik, Belakang Sekta V Seberang Ulu 1, Depan Pemadam Kebakaran Seberang Ulu Satu, Palembang.
Telp (0711) 7726300.

Enaknya Udang Galah di Pindang Sophia Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,421 times, 5 visits today)


4 thoughts on “Enaknya Udang Galah di Pindang Sophia Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *