Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Hobi Batu? Datang Aja ke Pusat Penjualan Batu Akik Palembang

Hobi Batu? Datang Aja ke Pusat Penjualan Batu Akik Palembang

Masyarakat Indonesia saat ini sedang dilanda demam batu akik. Berbagai jenis batu akik menjadi obrolan yang cukup hangat dari berbagai lapis masyarakat. Kalau kita sedang kumpul pasti ada yang diselipkan topik obrolannya yaitu batu akik ditemani secangkir kopi hitam khas Palembang.

image01 image04

Tua muda baik laki atau perempuan kalau sudah bahas batu akik tentu mereka akan memamerkan batu-batu yang mereka miliki. Sobat traveller yang sedang berkunjung ke Palembang, sayang sekali kalau kamu yang punya kesamaan hobi tidak melirik ke pusat sentral batu akik di Palembang.

image02

image03

Lokasi yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini mudah sekali ditemukan. Patokannya dari arah Pasar Cinde menuju pusat perbelanjaan IP (Internasional Plasa). Dulu, sebelum booming dengan batu akik tempat ini memang sudah banyak pedagang emperan toko yang mengelar lapak setiap hari sabtu dan minggu. Beragam jenis batu akik dipamerkan. Tinggal kita sebagai pembeli melakukan tawar menawar dengan batu yang diinginkan.

Batu alam atau yang dikenal sebagai batu akik ini punya banyak jenis, mulai dari batu bacan, safir, zamrud, ruby, giok, kecubung, dan banyak lain. Indonesia sendiri dengan negara yang banyak kepulauan tentu punya banyak jenis batu-batu langkah. Para kolektor batu akik tidak segan mengunjungi daerah tertentu untuk membeli langsung batu yang diincar.

Selain menjual batu-batu yang telah diasah, di lokasi yang sama juga terdapat tukang asah batu. Jadi kita tinggal bawa batu bongkahan yang mau kita asah. Kelar di asah kita tinggal pilih gagang cincin untuk diikat.

Bicara soal harga, relatif harga yang ditawarkan pedagang tentu lebih murah, tapi kalau kita jeli dan bisa menawarkan yang realistis tentu bisa mendapatkan batu yang diinginkan. Selain itu dilokasi ini juga terdapat pengetesan batu dan sertifikasi, jadi kalau kamu sudah memilih batu penasaran apa batunya asli atau masakan bisa dites di tempat ini juga.

Tips mengunjungi sentral batu akik :

  1. Pakai pakaian yang nyaman dan tidak mencolok
  2. Pakai batu akik andalan kamu
  3. Pada saat tawar menawar alot, bisa pura-pura pergi supaya bisa dapat harga cocok.
  4. Keliling semua penjual batu untuk mencari harga yang pas.
  5. Beranikan untuk mengajak dites sertifikasi dengan pedagang apabila batu yang ditawarkan dibilang asli dan harga yang mahal.
  6. Hati-hati dengan barang bawaan, karena ramai biasanya rawan copet.

Ada filosofi mengenai batu yang saya dapatkan dari obrolan dengan teman yang juga gemar koleksi batu. Katanya, “Hidup seseorang itu seperti bongkahan batu, lahir dengan wujud bongkahan batu jelek lalu diasah hingga akhirnya mengkilap seperti yang kita lihat. Nikmati proses yang sedang dialami, percaya akan ada hasil yang baik seperti sebuah batu yang enak dipandang.”

Selamat berburu batu akik!

Hobi Batu? Datang Aja ke Pusat Penjualan Batu Akik Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 811 times, 1 visits today)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *