Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Indahnya Air Terjun Bedegung di Tanjung Enim, Sumsel

Indahnya Air Terjun Bedegung di Tanjung Enim, Sumsel

Sumatera Selatan tak melulu hanya mengenai Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Jika pengunjung mau melipir ke pinggiran, maka pengunjung juga akan menemukan pesona keindahan alam yang tak kalah bagusnya dengan keindahan alam di provinsi lain. Kali ini, saya akan memperkenalkan salah satu air terjun indah kepada pembaca HelloPalembang. Air terjun yang bernama Bedegung itu berada di Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, ada beberapa alternatif. Salah satu yang termurah ialah menggunakan moda transportasi kereta api.

Untuk kelas ekonomi, pengunjung hanya merogok kocek sebesar Rp.35.000 dari stasiun Kertapati, Palembang menuju stasiun Baturaja, Sumsel. Perjalanan kurang lebih 3 jam saja dan begitu sampai pengunjung harus menyewa mobil lagi (sekitar Rp.150.000 sd Rp.200.000) demi mencapai lokasi air terjun Bedegung. Jarak dari kota Baturaja ke lokasi sekitar 56 km lagi. Jarak tempuhnya 1 sd 1,5 jam.

Air Terjun Bedegung

Jika ingin lebih praktis, pengunjung bisa menggunakan mobil travel langsung ke Muara Enim dengan tarif Rp.70.000 sd Rp.100.000 dengan waktu tempuh 7 sd 8 jam. Namun travel hanya menjangkau pusat kota dan jika pengunjung ingin mengunjungi air terjun Bedegung diharuskan menyewa mobil lagi. Jika dihitung-hitung, ongkos keduanya sama saja, tergantung mana yang lebih disukai. Jika pergi beramai-ramai, tentu saja lebih hemat karena bisa patungan biayanya.

Sesampai di lokasi air terjun Bedegung, retribusi dan biaya parkir sekitar Rp.10.000 perorang. Dan pengunjung harus berjalan mendaki sedikit sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Jangan bayangkan medannya yang sulit dan terjal. Pemerintah Muaraenim sudah memfasilitasi jalan, menyemen jalannya menyerupai tangga sehingga jalurnya mudah dilalui. Uniknya, sepanjang jalan air terjun tidak nampak. Pengunjung dibuat penasaran baru akan melihat keindahannya jika sudah berada di puncak bukit.

Air Terjun Bedegung

Debit air yang terjun bebas di air terjun bedegung ini cukup besar. Air tersebut mengalir melalui sungai kecil hingga pada akhirnya bermuara ke sungai besar. Ada jembatan yang mengubungkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Dengan kesejukan airnya, rasanya rugi jika tidak merasakan langsung kesegaran air terjun Bedegung ini.

Air Terjun Bedegung

Jika lapar, pondok-pondok yang berada di sisi air terjun dapat dijadikan pilihan karena mereka menjual makanan ringan. Lebih enak jika membawa bekal dari rumah. Namun jangan lupa, bawa pulang sampahnya agar kebersihan area air terjun Bedegung ini terus terjaga. Karena keindahannya, tak heran jika air terjun ini dipilih oleh sebuah rumah produksi film dan dijadikan tempat pengambilan gambar sebuah film nasional.

Tempat ini akan ramai jika hari libur tiba. Waktu yang cocok untuk mendatanginya ialah pagi hari. Pengunjung bisa puas main air hingga petang tiba. Nah tertarik menjajal keindahan air terjun ini? Silakan datang langsung ke Muaraenim, Sumsel.

Indahnya Air Terjun Bedegung di Tanjung Enim, Sumsel
4.25 (85%) 4 votes
(Visited 3,961 times, 1 visits today)


10 thoughts on “Indahnya Air Terjun Bedegung di Tanjung Enim, Sumsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *