Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Ini dia dua Jagoan Pempek Panggang di Palembang

Ini dia dua Jagoan Pempek Panggang di Palembang

Jika anda tanyakan ke 10 orang Palembang ‘Pempek mana yang paling enak?’ maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan 10 jawaban berbeda. Loh kok bisa? Ya bisa, karena saking banyaknya penjual pempek di Palembang, tiap-tiap orang bisa jadi memiliki pempek favorit di kampungnya masing masing.

Lah kenapa harus pempek kampung? Bukannya pempek bermerk lebih enak?

Belum tentu. Pempek kampung itu sendiri banyak kelebihannya. Harganya sudah pasti lebih murah dari pempek bermerk, dan mengenai rasa – anda bakal kaget sendiri ketika menemukan bahwa pempek yang ada di kampung-kampung itu ternyata rasanya selevel dengan pempek restoran!

Nah ngobrol-ngobrol soal pempek kampung, kemarin saya direkomendasikan oleh seorang teman yang mengatakan ada pempek panggang kampung yang enak di daerah Kebun Duku Palembang, dan ini membuat saya sedikit tersinggung. MASA IYA ada pempek panggang yang MERAJALELA ENAKNYA pun TIDAK JAUH dari rumah saya tapi saya ga tau? Hah! Orang Palembang macam apa Saya? 😀

s1

Esoknya saya bertekad bahwa saya harus mengunjungi pempek panggang kampung enak yang berlokasi di daerah Kebun Duku tepat di seberang SMPN 2 Palembang. Juga tidak lupa saya membandingkan dengan pempek panggang kampung enak jagoan saya yang ada di Jalan Kolonel Atmo Palembang.

Let’s go!

Pempek Panggang Kolonel Atmo | lokasi di lorong seberang toko kosmetik John |harga 2500idr/butir-per Mei 2015

PP11
Lorong diseberang toko kosmetik John
PP22
Gerobak Pempek Panggang
PP44
Pempek Panggang fresh from the Panggangan

Tempat ini adalah yang duluan saya datangi bila ingin makan pempek panggang. Yang saya suka dari pempek panggang ini adalah tekstur kulitnya agak keras, sehingga bila baru masak dan langsung dihidangkan, kita masih dapat merasakan kulitnya yang garing dan agak renyah bila digigit. Bagian dalamnya lembut dan sangat terasa ikannya. Enak!

PP55
Siap untuk dinikmati

Ada dua macam cara menikmati pempek panggang.

Yang pertama, pempek dibelah dua tanpa terputus, didalamnya dimasukkan ebi (udang kering) secukupnya, lalu diberi kecap dan cabai hijau. Pempek panggang siap dinikmati.

Yang kedua, pempek panggang dibelah beberapa bagian, ditaburi dengan ebi, diberi cuka secukupnya, lalu ditaburi irisan timun.

Pempek Panggang Pak Dadang | lokasi di seberang SMPN2 Kebon Duku Palembang|harga 2000idr/butir

P77
Penampakan pempek panggang Pak Dadang

Pempek panggang Pak Dadang ini adalah pempek panggang yang direkomendasikan teman saya yang konon sudah terkenal enaknya. Tanpa merk, gerobak pempek panggang Pak Dadang buka setiap hari mengikuti jadwal sekolah anak-anak. Jadi bila hari minggu, dan tanggal merah Pak Dadang juga libur.

Saya sempat bertanya kepada beliau kenapa tidak mau memasang merk? Setidaknya orang-orang tidak perlu bertanya-tanya lagi ketika mencari seperti saya. Beliau menjawab bahwa dulu sudah pernah dipasang merk, namun belakangan dilepas. Tanpa merk saja saya harus mengantri untuk membeli, apalagi kalau dipasang merk.

P88
Pak Dadang sedang bekerja

P99

“kalo rasonyo lemak kan gek wong wong tau dewek tempatnyo” (kalau rasa pempek saya enak kan orang-orang pasti akan tahu sendiri tempatnya dimana), Kata Pak Dadang.

Pak Dadang mengaku bisa menjual 1000 butir pempek panggang dalam sehari. Jam tutup pun tak tentu, tergantung dari sudah habis atau belum pempek yang dijual. “tapi biasonyo kami tutup jam limo tula” (Tapi biasanya saya tutup jam 5 sore) , Ujarnya lagi.

P1010
Ready to serve

Ketika saya rasakan, pempek panggang Pak Dadang memiliki tekstur yang sangat lembut. Kulit dan bagian dalamnya sangat empuk ketika digigit. Dan rasa ikannya sangat terasa. Pak Dadang juga menambahkan BANYAK ebi di dalam pempek panggangnya sehingga ketika dikunyah kita akan menikmati rasa ikan dan udang yang menyatu di dalam mulut. Sangat enak. Tidak salah bila pempek panggang Pak Dadang ini disukai banyak orang.

Pempek Panggang Kolonel Atmo dan pempek panggang Pak Dadang ini hanyalah salah dua dari sekian banyak penjual pempek kampung yang ada di Palembang. Kedua-duanya sama-sama enak meskipun strukturnya sedikit berbeda. Pempek Panggang Kolonel Atmo memiliki tekstur kulit yang lebih keras, namun garing ketika digigit. Sedangkan Pempek Panggang Pak Dadang memiliki tekstur yang empuk luar dalam. Kedua-duanya sama-sama enak dan wajib dicoba jika anda ke Palembang. Lalu anda bisa menentukan yang mana pilihan anda.

Ini dia dua Jagoan Pempek Panggang di Palembang
5 (100%) 3 votes
(Visited 5,246 times, 3 visits today)


9 thoughts on “Ini dia dua Jagoan Pempek Panggang di Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *