Kambang Iwak, Pedesterian Taman Hijau di Palembang

Kambang Iwak

Pernah mendengar kambang iwak? Dalam arti bahasa Palembang, kambang iwak memiliki arti kolam ikan. Lokasi ini banyak mengalami perubahan jauh lebih asri dengan fasilitas umum yang baik. Dengan nama barunya, Kambang Iwak Park, sebuah kolam buatan wisata yang terletak di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal wali kota Palembang. Di area sekitar ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi di pagi dan sore hari. Selain itu di tengah kolam ini terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam.

Kambang Iwak

Walau masih terbatasnya public area yang bisa digunakan. Kambang Iwak  hingga kini masih menjadi salah satu kolam retensi yang dapat diandalkan untuk menampung luberan air kala hujan. Di pinggiran kolam masih ditumbuhi puluhan batang pohon besar. Oleh sebab itu, sepanjang hari di sekitar Kambang Iwak tetap adem meskipun tengah disorot sinar Matahari.

Kambang Iwak

Kambang Iwak

Kawasan yang terletak di Jalan Tasik, ini sering digunakan sebagai meeting point. Tidak jauh dari lokasi juga terdapat beberapa bangunan peninggalan kolonial Belanda. Salah satunya ada rumah dinas Walikota Palembang hingga sekarang masih kokoh berdiri di antara pohon-pohon tua. Taman Kambang Iwak ini adalah tempat favorit bagi warga kota Palembang sebagai jogging track dengan mengelilingi kolam sepanjang 600 meter. Tidak hanya muda-mudi yang gemar berjogging disini, baik orang dewasa, sampai manula pun banyak yang terlihat bersemangat untuk berolahraga, apalagi di hari sabtu dan minggu, akan sangat ramai oleh orang-orang yang ingin berolahraga.

Kambang Iwak

Kambang Iwak

Selain itu, di sepanjang Kambang Iwak juga ada para pedagang kaki lima sampai cafe. Jualan mereka dari rokok, minuman ringan dan mie tek-tek (mie tumis) dengan harga seporsi 8 ribu. Untuk makanan cafe sendiri ada Surabi Enhai, cafe Gun, cafe FOLC, dan ada juga Senopati Kopitiam. Saat weekend di sore hari, banyak anak-anak muda dari berbagai klub berkumpul di tempat ini. Lokasi yang asri dan strategis juga mendukung banyak cafe yang bisa digunakan tak sekedar makan, tapi juga bisa menjadi tempat nongkrong untuk mengisi acara akhir pekan mereka.

Kambang Iwak

Kambang Iwak

Di tengah kolam Kambang Iwak ini ada air mancur dan ada ikan-ikan hias yang berada di dalam kolam. Ikan-ikan tersebut dilarang keras bagi masyarakat untuk memancing. Ada denda yang harus dibayar. Kambang Iwak ini juga digunakan untuk para anak muda maupun komunitas untuk kumpul dan kongkow. Mulai dari komunitas skateboard, sepeda, motor modifikasi, parkour, dan tari.

Tips Berkunjung ke Taman Kambang Iwak Palembang :

1. Gunakan pakaian santai dan berkunjunglah pada pagi dan sore hari, dimana cuaca tidak terlalu terik untuk berolahraga ataupun hanya untuk sekedar bersantai.

2. Sebagai warga yang baik, buanglah sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan.

3. Tidak bersikap norak dengan mencoret-coret bangunan atau pohon yang ada di sana. Apalagi sampai membuang sampai ke dalam kolam sehingga mencemari kolam dan merusak habitat ikan.

4. Kalau ingin ikut senam jantung sehat, datanglah hari minggu pagi pukul 6. Patuhi larangan seperti tidak merokok saat car free day, tidak menggunakan kendaraan bermotor di area CFD.

Cara sampai ke lokasi:
Naik angkot jurusan KM 5 – Ampera lalu stop di Kambang Iwak.

Naik angkot jurusan Perumnas – Ampera lalu stop di Kambang Iwak.

Naik angkot jurusan Bukit Besar – Ampera lalu stop di Kambang Iwak

Nah buat kamu yang sedang berlibur ke Palembang, kawasan Kambang Iwak bisa masuk dalam daftar itenary kalian.

Kambang Iwak, Pedesterian Taman Hijau di Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,413 times, 1 visits today)

Travel and Food Blogger. Jalan2 dan Makan2 yuk! Catch me at deddy.huang[at]yahoo[com] or @deddyhuang (Instagram)

5 Comments

  1. suzan
    May 25, 2015

    Tempat nongkrongnya anak muda Palembang

    Reply
    1. Huang
      May 26, 2015

      Tempat kita arisan kemarin kan.. Hahaha..

      Reply
  2. Bima Kurniawan
    May 26, 2015

    tempat favorit kota Palembang…

    Reply
    1. Huang
      May 26, 2015

      Buat kencan bima :mrgreen:

      Reply
  3. aulia
    May 26, 2015

    nambahin tips : kalo mau senam sekaligus kulineran dan cuci mata datangnya di hari minggu pagi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *