Kegiatan Unik yang dilakukan saat Lebaran di Kota Palembang

Hari raya idul fitri atau lebaran selalu menjadi istemewa dengan beragam tradisi dan budaya yang beragam di tiap – tiap daerah. Selain susaana keagamaan yang begitu kental di hari nan fitri itu, tradisi yang khas dan unik acapkali menjadikan hari lebaran selalu ditunggu – tunggu dan dinantikan. Ada banyak macam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan latar belakang daerah yang berbeda – beda dalam menyambut lebaran. Berikut kegiatan, tradisi dan budaya yang dilakukan penduduk kota Palembang dalam menyambut hari lebaran.

  1. Membuat Ketupat

Ketupat merupakan makanan khas yang sangat identik dengan hari lebaran. makanan berkuah yang berbahan dasar tepung beras ini hampir selalu disajikan di hari lebaran, pun di Kota Palembang. Dihari Lebaran ini pamor ketupat hampir menyamai pempek Palembang. Biasanya ketupat disajikan ketika sebelum dan setelah menunaikan sholat Ied.

ketupat

  1. Membuat Kue / Bolu

5 hari menjelang hari Lebaran, biasanya tiap-tiap rumah warga Palembang dipenuhi dengan bau harum semerbak dari proses pembuatan kue bolu yang menjadi salah satu makanan khas di hari lebaran. Kalau di Jakarta terkenal dengan kue nastar, maka di Palembang, kue basah” lebih diminati. Beragam kue khas Palembang seperti Kue Maksuba, Kue 8 Jam, Bolu Kojo, Kue Suri hampir selalu menjadi sajian khas di setiap rumah.

Kue 8 jam

  1. Membuat Pempek

Pempek merupakan makanan super duper khas kota palembang yang selalu ada disegala musim. Pun dihari lebaran, rasa-rasanya belum bertamu kerumah orang Palembang kalau tidak disajikan pempek, hehehe. Beragam jenis pempek biasanya dibuat dan disajikan sebagai hidangan yang disajikan, mulai dari pempek lenjer sampai pempek kapal selam, yang tentunya akan memanjakan waktu berkumpul bersama keluarga tercinta.

pempek lenjer

  1. THR buat keponakan

Salah satu hal unik yang biasanya dilakukan ketika hari lebaran adalah membagikan THR buat keponakan. Tradisi ini sudah dilakukan turun menurun, tentunya tradisi ini paling ditunggu oleh anak – anak menjelang hari lebaran. ^_^

thr

  1. Mudik

Selain menyiapkan beragam makanan khas ketika lebaran, membeli baju baru menjelang lebaran. Mudik merupakan tradisi khas setiap penduduk di Indonesia, juga penduduk kota Palembang. Palembang merupakan ibu kota provinsi dari sumatra selatan tentunya banyak penduduknya berasal dari beragam kabupaten yang tersebar di seluruh sumatra selatan. Maka mudik untuk bertemu dengan sanak keluarga merupakan hal yang selalu ditunggu menjelang lebaran tiba.

Mudik

  1. Ziarah

Ziarah ke makam keluarga merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi penduduk Palembang, biasanya ziarah dilakukan ketika menjelang puasa dan setelah sholat ied. Ziarah dilakukan untuk mendoakan keluarga – keluarga yang telah mendahului kita, juga dilakukan untuk membersihkan dan merawat makan keluarga.

ziarah

  1. Tempat Wisata

Waktu berkumpul bersama keluarga besar ketika hari lebaran seringkali dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat – tempat wisata yang ada, mulai dari bersantai ria di Benteng Kuto Besak (BKB), mengunjungi Hutan Wisata Punti Kayu menjadi pilihan – pilihan utama untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga.

Hutan Wisata Punti Kayu
hellopalembang [dot] com
Kegiatan Unik yang dilakukan saat Lebaran di Kota Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 682 times, 1 visits today)
Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *