Kue Khas Lebaran Kota Palembang yang Wajib di Coba

 Tidak terasa kurang dari seminggu hari raya Idul Fitri akan tiba, beragam macam tradisi menjelang dan ketika hari raya Idul Fitri tentu menjadi momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh beragam kalangan. Salah satu tradisi khas masyarakat Indonesia adalah melakukan Halal bi Halal, bersilaturahmi kepada jiron tetangga, kerabat dekat dan jauh dan sahabat seperjuangan. Pun di kota Palembang, tradisi itu semakin istimewa dengan beragam makanan khas yang akan menemani waktu bersilaturahmi semakin mengasyikkan.

Berikut beragam kue khas Lebaran Kota Palembang yang wajib dicoba.

  1. Kue Maksuba

Kue Maksuba merupakan salah satu kuliner khas hari raya kota Palembang yang akan memanjakan lidah kita. Secara bentuk, terlihat seperti kue lapis biasa namun memiliki rasa yang khas karena cara pembuatannya yang berbeda dari kue lapis biasanya.

Kue ini harus dipanggang dengan ketelatenan yang menguji kesabaran, karena harus di panggang berulang – ulang per lapisan.

kuekhaspalembang [dot] com
kuekhaspalembang [dot] com
  1. Kue 8 jam

Bagi masyarakat Palembang, rasa-rasanya ada yang kurang ketika berlebaran kalau tidak mencicipi kue yang satu ini, kue 8 jam. Mengapa dinamakan 8 jam karena proses pembuatan (pengukusan) kue ini membutuhkan waktu selama 8 jam. Amazing.

Setidaknya dibutuhkan 25 butir telur dan 50 gram tepung terigu untuk membuat adonan kue ini. Setelah adonan sudah jadi, proses pemanggangan kue ini menjadi hal yang sangat menentukan. Adonan yang telah jadi tadi dituangkan dalam loyang lalu kukus selama 8 jam selanjutnya di masukkan ke oven panas selama 20 menit lalu dinginkan.

Untuk masalah rasa, hmm… perfecto.

Kue 8 jam
kuekhaspalembang [dot] com
  1. Bolu kojo

Kue bewarna hijau ini adalah salah satu kue yang selalu dihidangkan di hari lebaran. dengan warna hijau yang khas dan tekstur seperti puding membuat kue ini terlihat semakin menarik. Kue kojo atau yang biasa disebut oleh masyarakat Palembang dengan sebutan bolu kojo ini memiliki aroma dan rasa yang membuat lidah anda menggeliat ketagihan, hehehe.

bolu kojo
kuekhaspalembang [dot] com
  1. Kue Suri

Kue Suri merupakan salah satu peganan khas Palembang khususnya di hari raya, meskipun tidak se populer kue maksuba dan kue 8 jam, bukan berarti rasanya tidak istimewa. Tekstur nya yang lembut dan berongga membuatnya istimewa baik secara bentuk dan rasa.

Kue ini akan lebih nikmat disajikan di sore hari dikombinasikan dengan teh hangat yang tentunya akan menambah nikmat suasana di hari lebaran bersama keluarga.

Kue Suri
kuekhaspalembang [dot] com
Demikian makanan khas kota Palembang yang wajib anda coba ketika berkesempatan datang ke kota palembang, khususnya ketika hari lebaran tiba.

Kue Khas Lebaran Kota Palembang yang Wajib di Coba
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,076 times, 1 visits today)
Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

2 Comments

  1. Nina
    July 14, 2015

    Dan aku paling suka bolu kojo, hoho

    Reply
    1. Deddy Huang
      July 15, 2015

      Kalo aku paling suka kue 8 jam. Manissss…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *