Liburan Naik Kapal Pesiar? Ini Baru Namanya Holiday yang Beda!

Kapal Pesiar

Merasa jenuh dengan kegiatan dan aktifitas sehari-hari di ibukota? Dan jika ada kesempatan libur pun, rasanya sangat disayangkan seandainya hanya dihabiskan dengan berdiam diri di rumah. Gimana jika kalian pergi berlibur ke suatu tempat? Buat kalian yang terasa jenuh liburan ke tempat yang biasa, tak ada salahnya jika coba liburan di kapal pesiar. Melewatkan durasi berharian di atas kapal mewah sambil menikmati pemandangan laut lepas hendaknya akan menjadi pengalaman liburan yang sangat menarik dan patut untuk diberitakan ke orang sekitar.

Bumi seperti milik sendiri, itu mungkin yang akan kalian rasakan semasa berada di dalam kapal pesiar. Cruise ship atau kapal pesiar merupakan kapal dengan penumpang yang dipakai khusus untuk pelayaran santai. Setiap penumpang yang ikut di kapal diperbolehkan untuk menghabiskan durasi di dalam kapal yang lengkap dengan fasilitas tempat menginap hingga perlengkapan olahraga bagaikan sebuah hotel berbintang. Malahan, kapal pesiar dijuluki sebagai “Hotel Berbintang Mengapung” karena kenyamanan kapal.

Kapal Pesiar
(Photo credit: travel[dot]aarp[dot]org)

Ketika kamu liburan di kapal pesiar, lokasi tempat tujuan bukanlah yang jadi tujuan, melainkan perjalanan itu sendirilah. Mungkin beberapa paket liburan kapal pesiar mempromosikan tujuan pelayaran yang lumayan menarik. Tetapi, tetap saja, hal yang utama pada kapal pesiar terletak pada kenyamanan dan megahnya di atas kapal saat berlayar. Meski pada dasarnya kapal pesiar berangkat dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan, ada juga pelayaran yang tidak memiliki tujuan dan hanya berputar-putar selama beberapa hari di lautan lepas sesaat akhirnya balik lagi ke pelabuhan asal.

Lama waktu tempuh dalam satu pelayaran kapal pesiar tergantung pada pelabuhan tujuan. Semakin jauh tujuan dan makin lama juga perjalanan. Tiap perjalanan biasanya dapat dilakukan selama 2-3 hari untuk rute pendek. Untuk rute panjang, biasanya ada yang sampai berbulan-bulan.

Banyak yang menyamakan kapal pesiar dengan kapal samudra (ocean liner). Sebenarnya, perbandingan yang fundamentalis terdapat di antara keduanya, khususnya fungsi utama kedua kapal. Kapal Samudra fokus kepada transportasi lintas samudera, sedangkan kapal pesiar memiliki dua fungsi sekaligus: transportasi dan hiburan. Meski demikian, sisi hiburan pada kapal pesiar jauh ditonjolkan daripada sisi transportasinya.

1. Alila Purnama

Kapal Pesiar
(Photo credit: www[dot]charterworld[dot]com)

Kapal yang dipakai oleh perusahaan kapal pesiar ini ialah kapal pesiar megah berupa kapal Phinisi, kapal tradisional yang digunakan oleh nelayan orang Bugis untuk mengarungi samudera. Furnitur yang dipakai pun custom-made yang terbuat dari bahan-bahan asli Indonesia. Perahu ini mempunyai tujuan ke Pulau Komodo, Gugusan pulau Raja Ampat, Maumere-Ambon, dan Ambon-Raja Ampat.

2. Sea Safari Cruises

Kapal Pesiar
(Photo credit: www[dot]diveandcruise[dot]com)

Hampir sama dengan Alila Purnama, Sea Safari Cruises juga menggunakan kapal Phinisi di setiap pelayaran mereka. Tapi, salah satu armadanya, Cheng-Ho, merupakan armada kapal yang paling unik karena didesain berdasarkan arsitektur kapal-kapal asal Tiongkok. Nama Cheng-Ho sendiri diambil dari salah satu pelaut legendaris asal Tiongkok, Laksamana Cheng-Ho.

Jika kalian menetapkan untuk pergi liburan menggunakan kapal pesiar untuk pertama kali, ada baiknya untuk perhatikan tips-tips berikut agar paham bagaimana caranya kerja kapal pesiar sehingga tidak bingung dalam memilih paket liburan. Berikut ini adalah tips tepat memilih paket liburan kapal pesiar yang wajib kalian ketahui.

1. Tentukan berapa hari pelayaran;
2. Tetapkan rute yang kamu inginkan;
3. Tetapkan kelas kamar;
4. Perhatikan tanggal dan waktu keberangkatan;
5. Perhatikan makanan yang gratis dan yang harus bayar.

Itulah beberapa info pendek tentang liburan dengan kapal pesiar yang patut kalian ketahui. Berjalan berbarengan kapal pesiar adalah sebuah pilihan terbaik untuk mendapatkan waktu holiday. So, mengapa harus libur di lokasi mainstream?

(Photo header credit: wwwdotcnndotcom)

Liburan Naik Kapal Pesiar? Ini Baru Namanya Holiday yang Beda!
Vote Us
(Visited 438 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *