Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Lidah Di Goyang Kemplang Panggang Khas Palembang

Lidah Di Goyang Kemplang Panggang Khas Palembang

Traveler… banyak banget kuliner khas Palembang yang dapat membuat lidah bergoyang, gak hanya pempek plus cuko, tetapi kemplang panggang khas Palembang juga gak mau kalah ambil bagian.

Kemplang merupakan sebutan untuk kerupuk yang berbahan baku ikan di daerah Palembang dan Sumatera Selatan. Bentuknya sendiri ada yang bulat dan juga ada yang lonjong, permukaannya sendiri rata, pipih dan lebar, tidak seperti kerupuk. Selain itu memiliki tekstur yang kasar tetapi renyah dan mudah dikunyah oleh mulut, apalagi disetiap gigitan menimbulkan sensasi kriuk kriuk.

Kemplang Palembang

Nggak jauh beda dengan pempek. Kemplang sendiri memiliki sejarah dibuat dari bahan dasar ikan belida, namun karena ikan belida saat ini sudah langka dan mahal harganya, makan bahan dasar yang digunakan adalah ikan gabus. Meskipun begitu panganan khas ini tetap nikmat dinikmati.

Ada banyak banget jenis kemplang di Palembang, bahkan dipinggir jalan besar ada juga toko-toko yang menyediahkan oleh-oleh kemplang untuk di bawa pulang dengan kisaran harga yang lumayan relatif sekitar Rp. 20.000,-an per bungkus. Anyway… HelloPalembang.com bakalan ngasih tau lokasi dimana para Traveler bisa mendapatkan  kemplang panggang yang murah, enak, dan renyah khas Palembang dengan harga yang fantastis perkantongnya, mulai dari Rp. 5.000,-…!!! hingga Rp. 20.000. jangan khawatir traveler, meskipun harganya Rp. 5.000, tetapi isinya banyak banget dan telah disediakan saos cabe merah buatan rumah sebagai teman makan kemplang panggang.

Kemplang Palembang

Oke… lokasi dari kemplang panggang yang dimaksud oleh HelloPalembang.com terletak di Jl. Pipa Reja Angkatan 66, untuk spesifikasinya sendiri banyak banget penjual kemplang panggang tradisional yang berderetan sepanjang jalan arah belakang PTC Mall, mudah banget kok menemukan lokasi ini, dan para traveler tinggal pilih aja pondokan kemplang panggang mana yang ingin dicicipi.

Bagaimana dengan rasanya? tentu saja dijamin membuat lidah bergoyang dan pengen menggigit kemplang panggang hingga gigitan terakhir. Bagaimana dengan keamanannya? meskipun kemplang panggang yang dijual berlokasi dipinggir jalan dengan deretan pondokan kayu beratap seng, oooh jangan khawatir, karena para Traveler langsung bisa menyaksikan secara live bagaimana proses pembuatannya, mulai dari pengadonan, lalu dibungkus berbentuk lontong atau pipa, kemudian dipotong-potong pipih tipis dan dijemur serta disale, dan Traveler bisa langsung melihat proses pemangganan kemplang yang dibakar diatas bara api, ternyata ketika dipanggang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengembang dan menjadi renyah.

Kemplang Palembang

Perbedaan kemplang Panggang dengan kemplang lainnya adalah, Kemplang panggang dibuat diatas arang yang membara. Sebelum dipanggang, kemplang disale dulu. Yakni, diasapi sampai kering bener. Tujuannya, agar kemplang dapat mengembang lebih baik ketika dipanggang. Kemplang panggang rasanya beda dari kemplang goreng. Sebab, tidak ada minyak kelapa yang meresap di dalamnya.

Oleh karena itu bagi Traveler yang ingin menghadiahi lidahnya dengan panganan khas Palembang yang enak, renyah dan gurih, pastikan untuk mencoba Kemplang Panggang ini, maka dari itu buruan pesen tiket  ke Palembang sekarang juga.

Lidah Di Goyang Kemplang Panggang Khas Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,930 times, 1 visits today)


11 thoughts on “Lidah Di Goyang Kemplang Panggang Khas Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *