Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Lokasi Wisata Andalan di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan

Lokasi Wisata Andalan di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah provinsi yang kaya akan pemandangan pergunungan atau perbukitan maupun air terjun.  Selain Kota Pagar Alam dengan Gunung Dempo-nya, maka  salah satu kota alternatif tujuan yang juga memiliki keindahan yang sama cantiknya adalah Kota Lubuk Linggau.  Jika Anda jalan-jalan ke kota Lubuk Lingau, maka sempatkanlah mampir ke tiga tempat yang digadang-gadang sebagai “icon” kota, yaitu:

1. Kawasan Wisata Bukit Sulap

Kawasan Wisata Bukit Sulap
Kawasan Wisata Bukit Sulap Kota Lubuk Linggau

Bukit Sulap adalah kawasan wisata yang berbentuk bukit yang terletak +- 700 meter di atas permukaan laut.  Kawasan ini terletak hanya sekitar 2 kilometer dari pusat kota.  Untuk mencapai kesini, pengunjung bisa melalui Jalan Bengawan Solo yang terletak di Kecamatan Linggau Utara II.

Bukit Sulap Lubuk Linggau
Pemandangan dari atas Bukit Sulap

Bukit Sulap cukup menarik bagi pengunjung yang menyukai perjalanan pendakian ke atas bukit melalui perjalanan berbatu dan tanah.  Selain temperatur udara yang bersahabat,  hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai puncaknya.  Selama pendakian, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang asri, yang juga sering digunakan untuk kawasan outbound maupun perkemahan.  Jika sampai ke puncak, maka pengunjung dapat beristirahat di aula yang sudah disiapkan pemerintah kota lengkap dengan fasilitas wifi.  Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan alam Kota Lubuk Linggau secara lebih menyeluruh dan dapat melihat kawasan Pergunungan Bukit Barisan yang berjejer di sebelah kanan.

Bukit Sulap Lubuk Linggau
Sepeda yang menyusuri jembatan di area batu trek downhill Bukit Sulap

Selain berjalan kaki, pengunjung juga bisa membawa sepeda gunung ke sini.  Bukit Sulap memiliki sirkuit balap sepeda gunung yang pernah digunakan dalam ajang Asian Mountain Bike Championship yang diikuti oleh 15 negara. Hal lain yang tidak kalah menarik, di lereng Bukit Sulap juga terdapat Sungai dengan air yang bening yang diberi nama Sungai Kesie.  Selain itu juga terdapat empat situs kuburan yang dianggap keramat oleh penduduk sekitar, yang diberi nama Kuburan Bujang Kurap.

2. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam Linggau
Air Terjun Temam

Memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan lebar 25 meter, Air Terjun Temam menjadi lokasi favorit jika sedang berkunjung ke Lubuk Linggau.  Air Terjun ini dinamakan Temam, karena berlokasi di aliran Sungai Temam.  Bentuknya mirip tirai raksasa mengingatkan kita pada air terjun Niagara di Amerika Utara dengan versi yang lebih mini.  Untuk mencapai ke lokasi air terjun, pengunjung akan melewati 100 buah anak tangga.  Namun, lokasi yang dikelilingi batuan alam dan pepohonan hijau membuat suasana hati menjadi menyenangkan.

Air Terjun Temam Linggau
Air Terjun Temam diliat dari Atas

Banyak spot berfoto yang dimanfaatkan pengunjung jika sedang datang ke Air Terjun Temam.  Air terjun ini dapat dilihat dari tiga sisi, yaitu sisi bawah, atas, ataupun dari jembatan gantung yang melintang berjarak 50 meter di atasnya.  Jika Anda berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu maka ada permainan lampu berwarna-warni yang juga akan menyinari air terjun.  Lokasi air terjun adalah di Kecamatan Lubuk Linggau Selatan, dan hanya berjarak 11 km dari pusat kota.

3.  Bendungan Watervang

Bendungan Watervang Palembang
Bendungan Watervang

Bendungan ini didirikan pada tahun 1941 oleh pemerintahan Belanda yang membendung aliran Sungai Kelingi.  Lokasinya berjarak kurang lebih lima kilometer ke timur dari pusat kota Lubuk Linggau. Fungsi utama bendungan ini adalah untuk mengairi persawahan di Kota Lubuk Linggau hingga Kabupaten Musi Rawas.  Namun saat ini, Bendungan Watervang telah menjadi salah satu objek wisata karena pemandangannya.  Di kiri dan kanan bendungan terdapat bongkahan batu alami, sedangkan di tengah bendungan Watervang, ada jembatan kayu yang panjangnya puluhan meter. Biasanya jembatan ini dilalui oleh pengunjung yang ingin merasakan sensasi jembatan yang bergoyang-goyang.  Seusai berekreasi, pengunjung dapat mencicipi jajanan maupun kopi durian khas Lubuk Linggau yang ditawarkan para pedagang di muara bendungan.

Bendungan Watervang Palembang
Jembatan kayu di atas Bendungan Watervang

Nah, untuk mencapai Kota lubuk Linggau sendiri dapat ditempuh dengan 6.5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Palembang, atau dapat juga ditempuh melalui Kota Bengkulu dengan jarak perjalanan sekitar 4 jam. Bagaimana, tertarik untuk berwisata ke Lubuk Linggau? Ayo pesan tiketnya sekarang!

Lokasi Wisata Andalan di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan
5 (100%) 1 vote
(Visited 15,592 times, 1 visits today)


13 thoughts on “Lokasi Wisata Andalan di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan”

    • Wah belum pernah nyobain ke Bukit Sulap dan Air Terjun Temam ya? Kalo malam indah banget lho, bisa liat pemandangan kota Linggau di malam hari dari Bukit Sulap, atau liat air terjun warna-warni kalo Sabtu atau Minggu malam. 😀

  • Terima kasih Emeldah, sudah menyempatkan diri buat nulis tentang wisata LubukLinggau.. ada beberapa lagi yg bisa di kunjungi selain tiga tempat yang sudah di tulis, salah satunya yang lagi nge hits banget nih di Linggau Masjid Agung As Salam dengan lampu yang keren sekali kalo malam hari juga air terjun cantik yang menari nari mengikuti suara Azan dan tentu saja taman kurma di depannya.. ayoo main lagi ke linggau..

    • Terima kasih kembali Bu Rina, katanya lampunya kayak Song of the Sea ya? Saya malah belum pernah liat, hehehe nanti deh kapan-kapan saya main ke Linggau.

      • Wajib langsung nyungsep sinii ya bu ememel biar lebih afdhol hahah…eh danau aur juga gak boleh dilupain buat jd destinasi wisata waktu ke linggau… Di musi rawas tepatnya….natural dan unik bgt konsep wisatanya….yuuyuuk sinii

  • Terima kasi lubuk linggau , saya walaupun sudah 10 tahun meninggal kan lubuk linggau untuk bekerja di jakarta , saya masi sangat rindu sama lubuk linggau yang di mana tempat saya tumbuh dan saya sekolah di sana ,, LOVE YOU lubuk linggau kecil tapi punya bnyak cerita !! Salam untuk bapak EPI SAMSUL KOMAR guru silat elang putih , dan kluarga silat elang putih lubuk linggau , hahaha

  • ada yang kurang buat anda wisatawan yg ingin berkunjung ke lubuklinggu kalo belum nyobain wisata tower telkom yang ada di area bukit sulap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *