Mengajak Anak-Anak Membaca Seru di Perpustakaan Anak Sumsel

Biasanya kegiatan membaca adalah kegiatan yang paling malas dilakukan anak-anak di zaman sekarang. Pilihannya jatuh pada bermain gawai atau gadget yang bisa membuai mereka dengan ratusan permainan menarik, padahal kegiatan membaca harusnya bisa ditumbuhkan sedari kecil.

Buku-Buku di Perpustakaan Anak
Buku-Buku di Perpustakaan Anak

Jika gadget mampu menciptakan banyak mainan seru, kegiatan membaca harusnya juga bisa membawa mereka ke imajinasi seru ala anak-anak. Setidaknya anak-anak diperkenalkan tidak hanya dengan komputer canggih, tablet pc nan keren atau pun handphone terkini, tapi juga buku-buku dengan ragam cerita menarik juga gambar lucu. Buku-buku tidak pernah lekang dimakan waktu, segala referensi bisa didapat dalam buku.

playgroundperpus
Playground di Perpustakaan Anak

Bagi orang tua yang sibuk, akhir minggu adalah hari yang bisa digunakan untuk keluarga. Untuk membiasakan anak-anak membaca, coba lah untuk mengajak mereka ke perpustakaan. Yang biasanya ke toko buku, kadang suka bingung mau pilih buku yang mana yang akan dibeli. Kebanyakan toko buku tidak membolehkan pengunjung untuk baca di tempat, apalagi buku-bukunya di sampul plastik rapi yang tidak mengizinkan para pengunjung untuk melepasnya.

Meja baca perpustakaan anak
Meja baca perpustakaan anak

Untuk yang belum tahu, di Palembang ada Perpustakaan khusus anak yang disediakan oleh Perpustakaan Sumatera Selatan, di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang. Disana anak-anaktidak hanya bisa membaca aneka buku bacaan anak-anak, tapi juga bisa sekalian bermain. Ya, di Perpustakaan Anak ini disediakan playground anak-anak yang membuat anak-anak tidak jenuh datang ke perpustakaan hanya untuk duduk dan membaca buku. Anak-anak harus dikenalkan dengan gaya bermain dan belajar. Bermain dahulu lalu ia akan coba melihat-lihat buku disana dan mencoba untuk membacanya.

kompiperpusanak
Komputer permainan edukatif

Playground atau arena bermain yang ditempatkan dalam Perpustakaan Anak ini juga dilengkapi dengan komputer yang bisa diakses anak-anak, yang isinya permainan edukasi yang melatih motorik juga kreativitas anak-anak semacam permainan menentukan warna, menebak aneka binatang. Disediakan lebih dari satu komputer, disana sudah ada 4 komputer yang bisa digunakan oleh anak-anak agar mereka tidak bosan hanya membaca saja.

Suasana di Perpustakaan Anak juga menyenangkan sehingga anak-anak bisa dengan santai duduk membaca dan bermain. Disana juga ada petugas yang bisa membantu anak-anak jika ada kesulitan mencari buku atau memahami dalam membaca sebuah buku. Menyenangkan, bukan?

Selain buku di hari kerja, setiap Senin – Jumat jam 08.00 – 18.00, Perpustakaan Anak Sumatera Selatan ini juga buka di akhir pekan lho, Sabtu dan Minggu buka dari jam 08.30 – 14.30. Bagi orang tua yang kebingungan mau ngajak anak-anak kemana di akhir pekan, mengajak anak membaca di Perpustakaan Anak Sumatera Selatan juga menarik lho 🙂

Mengajak Anak-Anak Membaca Seru di Perpustakaan Anak Sumsel
5 (100%) 1 vote
(Visited 586 times, 1 visits today)
full time mother | part time blogger | crocheter | pisces | part of Blogger Wongkito

3 Comments

  1. Suzan
    August 4, 2015

    ini bener-bener edukatif dan menyenangkan bagi anak

    Reply
  2. Haryadi Yansyah
    August 5, 2015

    Pernah ngajak keponakan ke sini, waah seneng banget dia 🙂

    Reply
  3. Nina Fajriah
    August 6, 2015

    Aku baru tau. Nanti ajakin anakku kesini ah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *