Mengenal Kerajinan Kasur Lihab Khas Palembang

Selain kerajinan kayu ukir dan tenun songket khas Palembang, ada juga kerajinan lainnya yang juga merupakan khasnya Palembang yaitu kasur Lihab. Kasur Lihab ini sudah menjadi ciri khas kerajinan Palembang dengan warna-warni dan coraknya yang khas.

Kasur Lihab
Warna warni kasur lihab

Kasur Lihab ini terlihat tak ada bedanya dengan kasur biasa, tapi bedanya kasur Lihab lebih digunakan untuk kasur santai, karena lebih ringan dari kasur biasa. Terlebih lagi Kasur Lihab mudah untuk digulung dan dipindahkan kemana-mana sehingga sering juga kasur ini dibawa bepergian. Warna-warni dari kasurnya sendiri bisa dipilih sesuai selera, semua warna ada. Begitu juga dengan ukuran dari kasur Lihab, ada yang kecil, sedang dan besar, jika memang menginginkan ukuran yang berbeda dari yang sudah ada, kita juga bisa memesan dengan ukuran tertentu kepada para pengrajin.

Kerajinan kasur Lihab sendiri termasuk kerajinan industri kecil dan menengah, pengrajinnya berasal dari ibu-ibu rumah tangga. Kasur Lihab sendiri berkembang tidak hanya menjadi kasur santai bagi keluarga sekedar untuk menonton tv, tapi juga saat ini sudah ada kasur Lihab yang dibuat menjadi sajadah dan juga kasur kecil untuk bayi yang baru lahir, ada juga guling dan bantalnya. Kasur Lihab ini nyaman dan empuk sekali digunakan, apalagi untuk anak-anak yang sering bermain di kasur. Jadi, gak heran kalau warga Palembang hampir semuanya punya kasur Lihab ini.

Sajadah Kasur Lihab
Sajadah kasur lihab – foto : daniafitri1.blogspot.com

Kain pembungkus kasur Lihab ini juga terasa licin dan halus, katanya semakin halus kain pembungkus kain kasur Lihab ini maka harganya akan semakin mahal. Selain warna-warni kain pembungkus kasur yang digunakan, pada Kasur Lihab biasanya corak ini berada tepat ditengah-tengah kasur, yaitu berbentuk bunga-bunga ada juga yang bercorak songket, kecuali sajadah biasanya selain corak bunga ditambahkan pula gambar kubah masjid. Kasur Lihab sendiri tidak hanya datar seperti kasur biasanya, tapi mempunyai tekstur berkotak-kotak karena dijahit memang seperti itu.

Untuk harga dari Kasur Lihab sendiri bervariasi sesuai dengan besar ukuran kasurnya, dari harga Rp. 100rb – Rp. 300rb, untuk sajadah berkisar antara Rp. 70rb – Rp. 150rb. Tapi harganya bisa ditawar kok sama para penjualnya. Jadi, makin pinter nawarnya akan bisa dapetin harga yang pas 🙂

Sentra Kerajinan Kasur Lihab
Sentra kerajinan kasur lihab – foto : maman

Bagi yang ingin melihat dan membeli kasur Lihab ini atau bisa juga pas lagi jalan-jalan ke Palembang trus pengen beli oleh-oleh, kalian bisa mendapati kasur lihab ini di Sentra Kerajinan Kasur Lihab di Jalan Mujahiddin Pasar 26 Ilir, di sepanjang jalan tersebut gak cuma makanan murah dan enak yang ditawarkan tapi juga berjejer toko yang menjual kasur lihab aneka warna.

Mengenal Kerajinan Kasur Lihab Khas Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,624 times, 3 visits today)
full time mother | part time blogger | crocheter | pisces | part of Blogger Wongkito

6 Comments

  1. Suzan
    June 26, 2015

    Ini paling enak kalo buat lesehan dan tiduran di depan tv

    Reply
  2. Nina
    June 26, 2015

    aku punya satu dirumah. Awetnyaaa sampai bertahun tahun 🙂

    Reply
  3. Huang
    June 27, 2015

    Khas Palembang perlu dilestarikan

    Reply
  4. cputriarty
    June 27, 2015

    lhooo aku di Kudus juga pake kasur ini kok mba…yang terkenal dengan sebutan kasur palembang 🙂

    Reply
  5. Adda
    July 2, 2015

    Enaknya dipake buat bobo’ siang ini.

    Reply
  6. ipah kholipah
    July 7, 2015

    kasurnya lembut dan di pakai alas tidur pun hangat ya mba hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *