Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Menggapai Atap Tertinggi Sumsel Mt. Dempo 3159 Mdpl

Menggapai Atap Tertinggi Sumsel Mt. Dempo 3159 Mdpl

Hello Palembang…! guys…! kita patut berbangga diri nih, karena provinsi Sumatera Selatan memiliki gunung Dempo yang tingginya 3159 mdpl, terletak di perbatasan dengan provinsi Bengkulu, tepatnya terletak di kota dingin yang terkenal dengan penghasil kopi robusta terbaik, yaitu kota Pagaralam.

Gunung Dempo

Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Sesuai dengan lokasinya yang terletak di kota Pagaralam, Gunung Dempo sendiri dikelilingi oleh penggunungan Bukit Barisan. Jaraknya sendiri dari kota Palembang sekitar 310 km, yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 7 jam hingga 10 jam perjalanan. Kurun waktu tersebut ditempuh dengan menaiki Bus yang menuju ke kota Pagaralam dari terminak Kertajaya. Biar Traveler gak bingung, biasanya Bus yang dinaiki adalah Bus Telaga Biru dengan harga tiket sekitar Rp 70.000, karena semua sopirnya kenal dengan Ayah Anton,ย  juri kunci gunung Dempo sekaligus kalau mau naik juga harus ada izin dan didata.

Untuk pemberhentian sendiri jika menaiki Bus Telaga Biru langsung stop di dekat rumahnya Ayah Anton. Selain itu ada juga basecamp yang terletak dibelakang rumah Ayah Anton untuk sekedar persinggahan atau jika datangnya kemalaman bisa menginap disana, dikenakan biaya Rp. 5000, untuk biaya kebersihannya selama menginap disana.

Gunung Dempo

Disekitaran tempat Ayah Anton juga terdapat kantin/tempat jualan yang menyediakan makanan, jadi kalo Travelers laper pada saat pagi dan gak sempat masak, aman kok udah ada kantin disana. Selain itu dikarenakan jarak dari tempat Ayah Anton lumayan jauh dari titik awal pendakian, jadi disarankan untuk menyewa angkot, untuk harga bisa bernego disana dan jika lebih banyak teman itu lebih baik.

Gunung Dempo

Travelers… jalur pendakian Gunung Dempo di kota Pagaralam sendiri ada dua jalur, yang pertama jalur umum yang titik awal pendakiannya terletak di Desa Kampung IV, dan jalur rimau yang awal titik pendakiannya terletak di tugu rimau dengan ketinggian 1820 mdpl, banyak yang bilang bahwa jalur rimau lebih cepat jarak tempuhnya menuju pelataran tempat ngecamp sebelum submit attack, tapi jalur ini juga terkenal dengan jalurnya yang terjal dan menanjak dari awal, dan tidak ada istilah bonus, yakni jalanan datar. Jadi ย Traveler yang mau cobain mendaki Gunung Dempo harus siap dengkul nih.

Gunung Dempo

Gunung Dempo

Untuk tempat pemberhentian atau istirahat yang lahannya lumayan datar, jalur umum dan jalur dempo masing-masing mempunyai 2 shelter, jadi jika dalam perjalanan sudah menjelang malam dan ingin mendirikan tenda, disarankan untuk mendirikan di shelter 1 atau shelter 2. Oh iya.. berbeda dengan jalur umum, jalur rimau memiliki sebuah keistimewaan yang menurut saya merupakan sebuah tantangan yang menyenangkan untuk dilewati, tantangan tersebut dimulai dari shelter 2 jalur rimau.

Travelers langsung disuguhi sebuah jalur yang sudut kemiringannya hampir 90 derajat, dijalur ini juga telah ada tali-tali berpegangan yang ditinggalkan oleh pendaki-pendaki sebelumnya untuk membantu melewati jalur ini. Tidak sampai disitu, setelah mencapai puncak awal, Travelers harus siap melewati jalur datar yang sempit karena ditutupi tumbuhan khas puncak gunung ditambah jalanan yang selalu lembab dan becek. Dan setelah sampai di tempat pemberhentian yang lumayan luas, Travelers juga harus menuruni jalan yang berbatu dan terjal, ditambahan licin jika dilalui air sisa hujan.

Barulah Travelers sampai dipelataran Gunung Dempo yang sangat luas, sebuah pada rumput ditumbuhi pohon dan tentu saja Travelers dapat bermain sepak bola saking luasnya. Di pelataran ini kita tidak perlu taku kekurangan air, karena ada sumber mata air bersih di pelataran, dan sepanjang perjalanan juga ada titik-titik sumber mata air.

Gunung Dempo

Gunung Dempo

Setelah Traveler mendirikan tenda ditempat Travelers inginkan, ada baiknya istirahatkan fisik dulu untuk submit attack keesokan harinya, jangan lupa untuk memilih tempat yang strategis seperti diantara pohon atau dibawah pohon, jangan dilapangan yang terbuka, dikarena pelataran dempo merupakan jalur mata angin, jadi angin yang berhebus terkadang sangat kuat dan juga pada malam hari sangat dingin.

Fungsi dari pohon tersebut adalah melindungi tenda dari angin dan hujan, serta mengurangi panas terik jika pada siang hari. By the way untuk cuaca di pelataran sendiri cepat sekali berubah-ubah, yang tadinya terlihat mendung tiba-tiba bisa cerah.

Gunung Dempo

Gunung Dempo

Untuk submit attack menuju kawah Gunung Dempo yang terkenal dengan kawahnya yang dapat berubah warna, berdasarkan pengalaman jarak tempu dengan jalan kaki santai kurang dari 30 menit. Dan kebetulah warna kawah yang didapat pada saat itu adalah kawah putih abu-abu, tak lupa travelers harus mengabadikan momen yang ada dan menelusuri pinggiran kawah, tapi harus ingat hati-hati dan jaga keselamatan.

Gunung Dempo

So.. buat Travelers yang tertarik ingin mendaki Gunung Dempo serta menikmati suguhan track dan pemandangan yang disajikan. Ayo buruan pesan Tiket Ke Palembang sekarang juga untuk menikmati Wisata Sumsel.

Menggapai Atap Tertinggi Sumsel Mt. Dempo 3159 Mdpl
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,776 times, 1 visits today)


14 thoughts on “Menggapai Atap Tertinggi Sumsel Mt. Dempo 3159 Mdpl”

    • ke gunung atau ke pantai sebenernya sama sama melihat lautan.. tapi kalo ke laut liat lautan air.. ke gunung lihat lautan awan hahahhaha ๐Ÿ˜€

  • hehehehe mantap amet tuh, kita pernah daki dari tugu rimau, tapi kita turun lagi karena ada yg gak kuat ..
    Ya dibanding bahaya nurutin ego, mending kita turun ..
    oh ya mas maman, kalo dari segi pemandangan dan keindahan, enakan lewat jalur kampung 4 atau tugu rimau ya ?

    karena nanti tanggal 15 agustus ini kami mau mendaki lagi ..
    insyallah vakal sampe puncak kali ini ..

    SALAM dari Prabumulih ๐Ÿ™‚

    • untuk pemandangan indah semua “jika diambil dari sudut pandang yang berbeda” hehehe.. kalo udah nyampai puncak juga pemandangannya indah banget.. tapi kalo rame dan mau ngepuncak bareng temen dan ambil view bagus mendingan naik dari kampung VI aja, karna melewati kebun teh dan jalurnya ada “bonus”nya, jd bisa sambil jalan santai sambi jepret sana sini.. tapi kalo mau jalur menantang andrenalin ya jalur rimau hahahhaha XD kalo pikiran udah positif dan narsis pasti angle foto yang didapet bagus, asalkan masih kepikiran buat foto, tapi terkadang lupa foto saking asiknya jalan najak terus apalagi mulai dari shelter dua harus bergelantungan hahahahhaha ๐Ÿ˜€ dibawah fun aja serta positive thingking insyaallah sampai dan pulang dengan selamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *