Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Menikmati Dogan Segar di Simpang Dogan Palembang

Menikmati Dogan Segar di Simpang Dogan Palembang

Sobat traveller yang sedang merencanakan liburan di Palembang, kira-kira sudah menyiapkan itenary untuk berapa hari? Idealnya ke Palembang boleh 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam untuk menikmati ragam wisata kuliner dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Penerbangan ke Palembang dari Jakarta juga tidak lama, hanya butuh waktu hampir 1 jam dengan ketinggian 28.000 kaki di atas laut.

Sudah sampai di Palembang, tentunya berbaur dengan penduduk lokal adalah salah satu cara untuk mengetahui adat budaya orang Palembang. Setelah puas berkeliling ke Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Wisata Religi dan sebagainya. Maka tidak ada salahnya untuk mampir ke daerah jalan Rh. Amalludin atau dikenal sebagai simpang Dogan Kenten.


Simpang Dogan adalah sebuah persimpangan yang banyak menjual kelapa muda (dogan) yang berada di kawasan Perumnas – Palembang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Palembang untuk bersantai di pinggir jalan sambil menikmati kelapa muda.

Pastinya seru kalau sore hari nongkrong di bawah pohon rindang sambil menikmati dogan bersama teman, keluarga, maupun pacar. Jika kamu bersama teman dari Palembang minta saja dia antar ke Simpang Dogan untuk menyantap sebatok dogan / kelapa muda di bawah rindangnya pohon. Tapi jangan kuatir kalau kamu mau pergi sendiri juga ada angkot melewati Simpang Dogan itu. Naik yang jurusan Ampera – Perumnas.

Dogan sendiri punya khasiat yang baik buat tubuh kita, misalnya menghilangkan rasa kelelahan dan lesu, bisa juga untuk membersihkan kembali organ tubuh kita. Santap dogan hijau ini bisa dinikmati dengan atau tanpa es batu dan gula pasir. Sepanjang jalan kita bisa dengan mudah melihat penjual dogan di pinggir jalan dengan harga sebatoknya cuma 8000 rupiah saja.

Saya sendiri kalau sedang kelelahan atau teriknya panas matahari sering nongkrong disini untuk menikmati angin sepoi-sepoi dari pohon tinggi. Menurut saya daerah Palembang yang masih ada pohon tinggi salah satunya daerah sini, sehingga kita terhindar dari terik matahari.

Kawasan simpang dogan ini konon menurut cerita penjual setempat adalah pendatang dari kabupaten luar kota Palembang yang telah cukup lama tinggal di palembang. Ratusan kelapa muda ini didatangkan dari daerah transmigrasi di pinggiran Palembang. Kalau soal apa bisa laku setiap harinya, itu sesuai dengan cuaca. Kalau sedang musim hujan maka pendapatan pedagang juga minim tapi kalau sedang cuaca terik wah jangan ditanya lagi pasti ludes terjual. Selain itu limbah bekas dogan yang sudah diminum, dijual kembali oleh penjual yang akan dibeli sama orang lain untuk digunakan sebagai bahan lainnya.

So, buat teman-teman yang mau menikmati kelapa muda dengan harga terjangkau dan enak, jangan lupa ke Simpang Dogan ya…

Menikmati Dogan Segar di Simpang Dogan Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,032 times, 1 visits today)


2 thoughts on “Menikmati Dogan Segar di Simpang Dogan Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *