Menikmati Model Ala Kaki Lima Hingga Model Ala Toko di Palembang

Model Pempek

Dari judul di atas yang terbayang kalo dari kata “model” biasanya pria atau wanita yang berlenggak lenggok memeragakan pakaian terbaru rancangan desainer ternama di catwalk. Bukan…bukan… “model” yang dimaksud disini adalah makanan khas dan salah satu alternatif wisata kuliner Palembang yang paling banyak diburu selain pempek. Yup, model itu di Palembang adalah nama makanan.

Model Ikan
Model Ikan
inditourist[dot]com

Model masih berkerabat erat dengan pempek, karena adonannya juga dari tepung sagu dan ikan giling. Yang membedakan adalah ukurannya, model relatif lebih besar dan diisi dengan tahu serta dihidangkan berkuah. Nah ini yang menjadi ciri khas model lainnya, anda bisa bayangin pempek pake kuah? Kira-kira begitulah cara penyajian suatu model.

Selama ini, ketika ada orang mendengar ataupun berkunjung langsung ke Palembang, mereka selalu berpendapat bahwa pempek adalah satu-satunya makanan yang layak dan wajib cari selama berada di Palembang. Nyatanya tidak cuma pempek yang menjadi andalan kota tertua di indonesia ini, ada pula tekwan dan model.

Model Gandum
Model Gandum
elfilife[dot]wordpress[dot]com

Model terdiri dari tiga jenis, model ikan, model gandum dan varian yang baru populer belakangan adalah model telur. Kalo model ikan terbuat dari tepung sagu dan ikan yang isiannya adalah tahu, maka model telur yang membedakan hanya isinya saja, yaitu telur rebus. Sedangkan model gandum hanya terbuat dari gandum/tepung terigu yang adonannya kemudian digoreng, hampir serupa dengan roti goreng. Dipotong-potong sesuai selera kemudian diberi kuah. Kuah model itu adalah kaldu udang, segar sekali rasanya bila disajikan hangat-hangat dan ditemani campuran soun, potongan timun, jamur kuping, kembang sedap malam, bengkoang, kecap dan bawang goreng sebagai pelengkap. Liur seakan menetes otomatis kalau melihat sepiring model tersaji di depan mata. Buat pecinta pedas, beberapa sendok kecil sambel cabe rawit hijau akan menambah selera makan. Beberapa orang Palembang malah menambahkan cuko pempek sebagai penambah rasa pedas di segarnya kuah model dan tekwan. Slurrrpp….

Tekwan
Tekwan

Sama seperti model, tekwan juga dibuat dengan cara yang sama dari adonan tepung sagu dan ikan giling. Bedanya dari bentuk, adonan tadi itu dicubit-cubit sehingga membentuk berupa bulatan yang tidak beraturan kemudian langsung direbus hingga matang. Penyajiannya pun persis sama seperti model. Dalam satu porsi, penjual biasanya  memberikan sepuluh butir tekwan untuk disajikan ke pelanggan. Harga model dan tekwan kini cukup bervariasi, mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 15.000, tergantung dari rasa, kelengkapan penyajian dan lokasi berjualan si penjaja.

Seperti pempek, tekwan dan model ini sangat mudah dijumpai di setiap sudut Kota Palembang, dijual baik di warung-warung kecil ataupun toko-toko pempek besar. Bahkan yang paling laris itu biasanya dijajakan keliling dengan gerobak, seperti bakso. Tentu saja racikan di tiap warung dan toko akan mempunyai rasa yang berbeda-beda, hal ini disebabkan kreasi masing-masing warung untuk menciptakan rasa yang enak di lidah pembeli. Jadi kalau ke Palembang jangan sampai lupa untuk mencicipi model dan tekwan ya traveller.

Menikmati Model Ala Kaki Lima Hingga Model Ala Toko di Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,787 times, 1 visits today)
I am what I am. Suka makan, suka motret. Mengcapture momen ketika sinyal saraf mata mengirim impuls ke otak.

11 Comments

  1. Erie Khafif Mukti
    June 20, 2015

    aku prefer model ditambah cuko. sedap niaann om :mrgreen:

    Reply
    1. M. Aulia Ramadhani
      June 22, 2015

      yes setujuh om

      Reply
  2. Bima Kurniawan
    June 20, 2015

    dulu galak ngentreng tekwan ke kampung kampung….

    Reply
    1. M. Aulia Ramadhani
      June 22, 2015

      kalo kami dulu galak manggil yang ngentreng tu la bim heeee 😀

      Reply
  3. suzan
    June 22, 2015

    Aduh puasa begini jadi pengen model gandum untuk berbuka hahahah 😀

    Reply
    1. M. Aulia Ramadhani
      June 22, 2015

      make mie instan lebih manteb 😀 😀 😀

      Reply
  4. Hidayah Sulistyowati
    June 27, 2015

    Belum pernah nyobain model, kalo pempek dan tekwan sih… ratusaaannn 😉

    Reply
    1. M. Aulia Ramadhani
      June 27, 2015

      Next time masukin model ke listnya mbak. 😀

      Reply
  5. Nina.
    June 27, 2015

    Model pake indomie kari ayam kalau aku. Sedaaap 😀

    Reply
  6. khairiah
    June 27, 2015

    Sangka model beneran,….rupanya model makanan:D

    Reply
  7. Hanafi
    May 4, 2016

    Apapun makanan nya di palembang, semua nya enak dan mantap …..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *