Menu Berbuka Khas Palembang yang Wajib dicoba

kuliner khas palembang

Hai Sobat Traveler

Bagaimana dengan ibadah puasanya? Bulan puasa selalu terasa istimewa, bulan puasa selalu disambut dan disemarakkan dengan berbagai macam kegiatan dan tradisi budaya yang beragam dari berbagai daerah, terlebih Kota Palembang dengan sejarah Kesultanan Palembang Darussalam yang tentunya telah berakulturasi dengan kearifan budaya lokal.

Pada Bulan puasa di kota Palembang juga selalu disemarakkan dengan beragam jenis kuliner, peganan khas yang hanya ada ketika Bulan puasa datang. Hal tersebut semakin membuat puasa di kota pempek ini semakin istimewa dengan beragam peganan dan kuliner yang khas yang membuat saat bersantap sahur dan berbuka semakin istimewa.

Buat para sobat traveler yang sedang berkesempatan ke Palembang di Bulan puasa ini, baik urusan tugas, mengunjungi sanak saudara atau sedang ber traveling, bisa mencoba berbagai menu berikut yang dapat memanjakan lidah para sobat traveler ketika berbuka.

Makanan khas Palembang di Bulan Puasa

  1. Ragit

Ragit adalah kuliner khas kota Palembang yang terbuat dari tepung terigu, telur dan garam. Ragit berbentuk seperti roti yang terkadang disajikan dalam bentuk dadar, digulung maupun segitiga dan disajikan dengan kuah kari dengan kentang potong dan daging sapi.

Menu Ragit sangat cocok dihidangkan saat waktu berbuka puasa, karena bukan termasuk makanan berat, dengan kuahnya yang hangat sangat pas jika dikombinasikan dengan es cincau. Uhmmm perfecto…

  1. Beluluk

Beluluk merupakan salah satu menu favorit ketika berbuka puasa, beluluk merupakan nama khas, namun lebih dikenal di dengan kolang-kaling. Beluluk berasal dari buah pohon aren, buah pohon aren dibakar terlebih dahulu hingga hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam.

Beluluk ini biasanya disajikan dengan kuah santan dicampur dengan es batu hingga dingin, segar bro.

Menu Berbuka di Palembang
Beluluk ( Sumber: stasiun-es[dot]blogspot[dot]com )
  1. Burgo

Burgo merupakan salah satu peganan khas kota Palembang yang sering disajikan pada saat berbuka puasa. Burgo jenis makanan berkuah yang bahan utamanya terbuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, lalu di bentuh pipih dan digulung, setelah itu adonan yang telah dibentuk tadi direbus hingga matang dan mengembang secara proporsional.

Kuah burgo berbahan santan dan susu dengan bumbu ketumbar, kemiri bawang putih dan bawang merah. Bumbu tadi ditumis lalu di campur dengan santan dan susu lalu direbus sampai mendidih.

Lalu sajikan burgo tadi dan kuahnya lalu ditaburi dengan bawang goreng yang akan semakin memanjakan lidah sobat sekalian ketika waktu berpuasa tiba. Awas ngiler loh.. hehehe.

Burgo
Sumber: palembanginfo[dot]com
  1. Celimpungan

Celimpungan adalah makanan khas Palembang yang sudah jarang ditemukan, namun akan banyak ditemukan ketika bulan Ramdhan tiba. Celimpungan merupakan menu yang selalu ada di berbagai stan pasar beduk di kota Palembang.

Celimbungan sendiri berbahan utama adonan sama seperti pempek yaitu, terdiri dari daging ikan giling dan tepung kanji, lalu di adonan tadi dibentuk bulat tak sempurna, tidak seperti bakso, lalu di kukus hingga matang.

Jika pempek disajikan dengan kuah cuko maka celimpungan disajikan dengan kuah santan yang dipadukan dengan bumbu yang dimasak dengan kental. Untuk urusan rasa, hmmm dijamin, menggoyang lidah ^_^.

Celimpungan
Sumber: Wikipedia
  1. Srikayo

Makanan bewarna hijau ini merupakan salah satu makanan spesial yang sering disajikan pada saat berbuka dan disajikan sebagai menu pembuka atau menu penutup. Warna hijau pada srikayo ini merupakan hasil dari daun pandan dan daun suji yang menjadi pewarna alami makanan ini. So.. ini termasuk makanan yang bebas pewarna dan pengawet.

Srikayo terbuat dari telur, santan, gula pasir serta tepung terigu. Dengan tekstur srikayo yang lembut dan beraroma harum serta rasanya yang manis, tentu tak sulit bagi saya buat mendeskripsikan rasanya. Coba sendiri aja ya..

Srikayo
Sumber: palembanginfo[dot]com
  1. Pempek

Untuk makanan yang satu ini, sepertinya tak usah saya deskripsikan lagi karena sudah begitu populer bagi sobat traveler sekalian. Dan untuk jenis-jenisnya bisa dibaca diartikel saya terdahulu. Pempek yang wajib dicoba.

Menu Berbuka Khas Palembang yang Wajib dicoba
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,575 times, 1 visits today)
Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

2 Comments

  1. Suzan
    June 24, 2015

    Jadi pengen makan srikaya nih

    Reply
  2. Nina
    June 24, 2015

    Mantaap 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *