Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Naik apa dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang?

Naik apa dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang?

Dan pesawat andapun mendarat dengan mulus di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, gerbang kota seribu pempek : Palembang. Terdengar suara pramugari di speaker pesawat “Ladies and gentlemen welcome to Palembang,….” namun anda tidakez mendengar lagi perkataan Pramugari selanjutnya karena anda terlalu sibuk memikirkan : dari bandara terus enaknya naik apa ya?

Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebenarnya ada banyak transportasi yang bisa mengantarkan anda ke tujuan.

Ah ya gampang…kan bisa naik blue bird?

Blue Bird memang telah beroperasi dengan baik di seputaran kota Palembang dan bisa mengantarkan anda KE bandara.

Namun kabar buruknya, Blue Bird (hingga tulisan ini dipublish) belum bisa mengantar anda DARI bandara. Cerita klasik perseteruan antara Taksi Lokal dengan Blue Bird Corps membuat si taksi biru hingga saat ini belum diperkenankan mengambil penumpang DARI Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kabar baiknya, ada beberapa moda transportasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk sampai ke tempat tujuan, yaitu :

  1. Taksi Lokal

Banyak Taksi lokal dapat anda temukan di depan teras arrival bandara. Biasanya, mereka akan menawarkan dua jenis pembayaran. Jika tujuan anda dekat, mereka akan mematok harga tanpa argo melalui proses tawar menawar; dan bila tujuan cukup jauh mereka akan mematok harga berdasarkan argo. Wise opinion, anda sebaiknya meminta mereka menyalakan argo agar anda mendapatkan biaya yang fair. Biaya jika menggunakan taksi lokal dengan argo adalah sebanding dengan jika anda menggunakan Blue Bird. Harga fair dari Bandara hingga ke kota: 50-150 ribu, Jangan lupa mencatat nomor plat mobil dan mengirimkan via mesej ke orang terdekat untuk berjaga-jaga. 

  1. Taksi Gelap

Meskipun tidak disarankan naik kendaraan jenis ini, namun selalu ada taksi gelap di Bandara manapun. Bila anda cukup berani untuk naik taksi jenis ini, resiko harus anda tanggung sendiri. Kesepakatan harga didapat dari tawar menawar dengan calon penumpang. Harga fair dari Bandara hingga ke kota: 50-150 ribu, Jangan lupa mencatat nomor plat mobil dan mengirimkan via mesej ke orang terdekat untuk berjaga-jaga.

  1. Transmusi

Transmusi

Transmusi adalah angkutan umum sejenis TransJakarta atau Busway. Halte Transmusi Bandara SMB II ada persis di seberang teras arrival bandara. Anda cukup menunggu selama 15-30 menit untuk naik Transmusi dengan arah ke Kota.

Jalur Transmusi Koridor 5 : Terminal Alang Alang Lebar – Bandara SMB II berjumlah 5 unit bus sedang.

Halte yang dilalui : Terminal Alang Alang Lebar, Simpang Maskerebet A, Simpang Maskerebet B, Kampus IGM (Transit K1/K5), Asrama Haji (Transit K1/K5), Asrama Haji A, Asrama Haji B, Komplek PDK A, Komplek PDK B, Askes, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kalau anda bingung hendak turun dimana, anda bisa menanyakan kepada pramugara transmusi yang siap sedia untuk membantu anda. Biaya Transmusi saat ini adalah sebesar Rp5000,- dan anda tidak perlu membayar lagi ketika transit/tukar bis.

  1. Ojek

Ada juga Ojek di bandara SMB II. Harga didapat dengan proses tawar menawar. Jangan lupa mencatat nomor plat motor dan mengirimkan via mesej ke orang terdekat untuk berjaga-jaga.

  1. Concierge Hotel

Hotel Amaris

Di beberapa kota dimana Blue Bird tidak boleh mengangkut Penumpang dari Bandara, saya cenderung mengandalkan transportasi yang disediakan oleh hotel. Caranya adalah dengan menelefon ke hotel tempat anda akan menginap, lalu tanyakan ke bagian Customer Service atau bagian concierge apakah ada layanan untuk penjemputan dari Bandara. Tentu saja anda harus mengeluarkan charge tambahan untuk layanan ini, dan tiap-tiap hotel akan menerapkan tarif charge yang berbeda.

Berikut adalah layanan Jemputan Bandara di beberapa hotel di Palembang :

Imara Hotel

Hotel Novotel

Red Planet

Sofyan Inn

Zuri Express

MaxOne Hotel

Grand Zuri

Hotel Arista

Hotel Aryaduta

Hotel Amaris

Semoga bermanfaat 🙂

Naik apa dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang?
5 (100%) 2 votes
(Visited 25,937 times, 3 visits today)


34 thoughts on “Naik apa dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *