Nostalgia Pempek Bakul Tempo Doeloe Palembang

Pempek Bakul

Sekitar tahun 70-an dan 80-an, masyarakat di Palembang biasa menyantap pempek yang dijajakan keliling. Penjual keliling ini membawa sebuah bakul berisi pempek-pempek ukuran kecil, botol berisi cuko (saus cair berbahan dasar air gula kelapa/gula batok, asam jawa, bawang putih dan cabai rawit, jadilah berwarna hitam yang rasanya pedas, manis dan sedikit asam) dan mangkok-mangkok kecil. Penjual makanan khas Palembang ini keliling dari satu kampung ke kampung lain mendatangi para pelanggan setia yang telah menantinya.

Pempek Bakul
Beragam pempek: pempek ada’an, pempek tahu, pempek lenjer, pempek telor.

Beragam pempek kecil yang biasa dijual, seperti: pempek lenjer, pempek ada’an, pempek pistel (pempek berisi irisan-irisan pepaya muda), pempek telor dan pempek kulit. Biasanya para pembeli dari kalangan pelajar menyerbu penjual pempek bakul. Sambil duduk jongkok, bercanda bersama teman-temannya menikmati setiap gigitan pempek dicelup cuko. Rasa gurih dan pedasnya begitu khas. Apalagi sambil menghirup cuko menambah sensasi pedas yang berlipat ganda sampai ke ubun-ubun. Kalau belum habis cuko, rasanya belum cukup dan akan menambah pempek lagi.

Pempek Bakul
Pengunjung memilih menu pempek.

Suasana seperti itu bagi masyarakat Palembang pada masa sekarang sangat jarang. Kalau mengingat masa lalu dan nostalgia menikmati makan pempek bakul dari penjual keliling, timbul rasa kangen. Pada masa sekarang pempek sudah banyak dijual di gerai-gerai ruko di tengah kota. Selain bisa makan langsung di tempat, banyak juga membawa pempek dikemas rapi dalam kardus dan tahan beberapa hari untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Palembang.

Pempek Bakul
Kemplang yang terbuat dari berbagai ikan, seperti: ikan gabus dan ikan putak.

Nah, jika kamu ingin merasakan suasana tempo doeloe pempek yang dibawa di bakul, ini ada gerai Pempek Bakul di Palembang. Tempatnya terletak di Jalan Pangeran Ayin R1/R2, Sukamaju, Sako, Palembang. Saat pertama kali saya datang ke sini, suasana gerainya didesain seperti tempo doeloe. Tampak bakul-bakul berjejer rapi dan masing-masing berisi kerupuk kemplang yang terbuat dari beragam ikan, seperti ikan gabus dan ikan putak.

Pempek Bakul
Menu makanan dan minuman

Pempek yang disajikan di gerai Pempek Bakul ini beragam jenis pempek. Selain itu juga makanan khas Palembang lainnya, seperti: model, tekwan pangsit ikan, dan rujak mie. Jika pengunjung ingin makan pempek di tempat, pelayan segera mendorong kereta ditempatkan bakul besar besar yang berisi beragam jenis pempek berukuran kecil. Kemudian pempek-pempek beragam jenis ini diletakkan di atas piring yang terbuat dari anyaman bambu dan dialasi daun pisang. Wah melihat penyajian ini seperti khas tradisional tempo doeloe.

Pempek Bakul
Suasana pengunjung buka puasa di gerai Pempek Bakul

Selain menu makanan, minuman favorit pasangan sehabis menyantap pempek yang tidak boleh terpulakan adalah es kacang merah. Ada lagi minuman lainya, seperti: es campur, es cendol, es jeruk, teh tawar, es teh tawar, es teh manis dan air mineral.

Pengunjung yang ingin membawa pempek sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat dan rekannya, bisa dibungkus dan dikemas di dalam kardus sesuai dengan paket pempek yang tersedia. Jadi, pengunjung tidak repot lagi mengemasi pempek, karena Pempek Bakul memberi kemudahan bagi konsumennya. Jika kamu berminat pesan, bisa menghubungi telepon: 0711-5615409 / 819273.

Nostalgia Pempek Bakul Tempo Doeloe Palembang
5 (100%) 3 votes
(Visited 1,697 times, 1 visits today)
IT engineer | Blogger Wongkito Palembang | father of two daughter | interest in travel and tourism

5 Comments

  1. Nina
    June 26, 2015

    Bener bener harus masuk list ini, belom pernah kesini soalnya 😀

    Reply
  2. M. Aulia Ramadhani
    June 26, 2015

    Kemaren sempet lewat depan rukonya eh tetiba om eriek nulis hari ini, next time kalo ada kesempatan coba iseng-iseng mampir ah.

    Reply
  3. Huang
    June 27, 2015

    Trik marketing yang dipercantik packaging-nya ya kak.

    Reply
  4. Emeldah
    June 28, 2015

    Enak ini pempeknya,, aku malah kirimin temenku di Jakarta ada dua orang, krn jarang2 ada yg jual pempek keriting buat dipaketin.. Kalau makan di tempat, pangsitnya recommended.

    Reply
  5. Adda
    July 2, 2015

    Sedap…. sampe ngiler saya…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *