Olahan Durian Khas Palembang

Olahan Durian Khas Palembang

Sumatera Selatan adalah salah satu penghasil durian terbesar di indonesia selain duku. Durian Palembang juga terkenal dengan rasa dan kualitas duriannya yang terkenal harum dan enak. Bagi sebagian orang aroma durian bisa menyebabkan mual apalagi sampai memakannnya. Namun, sebagian lain menganggap aroma dan rasa durian merupakan kenikmatan tersendiri, terlebih lagi bagi mereka pecinta durian, bisa habis satu buah durian sendirian. Tidak heran buah berkulit duri dengan rasa legit nan manis memiliki penggemarnya. Buah durian tak Cuma enak disantap sebagai buah saja, namun beragam olahan dari raja buah satu ini pun banyak penikmatnya.

Aneka olahan durian khas Palembang yang wajib dicoba apabila traveller berkunjung ke Palembang atau sebagai buah tangan sangat cocok bagi penikmat durian. Berikut makanan berbahan dasar durian;

  1. Tempoyak
    Tempoyak merupakan makanan asli dari Palembang. Makanan ini dibuat dari buah durian yang dihaluskan dan difermentasi selama kurang lebih 3 s.d 5 hari. Tempoyak biasanya disantap menjadi lauk teman nasi. Karena hasil fermentasi tadi tempoyak akan menghasilkan aroma yang kuat dan asam. Bagi yang tidak tahan dengan rasa asamnya, tempoyak bisa juga menjadi bahan baku atau bahan pencampur atau bumbu masakan lainnya. Biasanya tempoyak diolah menjadi sambal tempoyak, patin kuah tempoyak, pepes teri tempoyak dan lainnya. Untuk sambal tempoyak dicampur dengan cabe yang dihaluskan, seperti kita memasak sambal bedanya ditambhakan tempoyak yang sudah dihaluskan, bisa juga diberi irisan cabe rawit. Untuk mendapatkan tempoyak di ruko โ€“ ruko penjual durian (Pasar tradisional)
    Tempoyak
    hwculinary[dot]com
  1. Brengkes
    Brengkes sebutan pepes ikan bagi orang Palembang. Jenis ikan yang digunakan sesuai selera, orang Palembang biasanya menggunakan ikan patin dengan campuran tempoyak di dalamnya. Untuk mendapatkan brengkes di rumah makan khas Palembang; RM Pindang Musi Rawas di jalan angkatan 45, RM Sri Melayu di jalan demang lebar daun, dan masih banyak lagi.
    brengkes
    masakanindonesia[dot]co
  1. Lempok
    Banyak yang mengganggap lempok durian sama dengan dodol durian, tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas antara kedua panganan ini. Jika dodol durian biasanya adonan dicampur dengan ketan atau tepung, durian hanya dijadikan sebagai pelengkap saja. Sedangkan lempok hanya campuran gula pasir dan didominasi oleh daging durian asli. Biasanya lempok dicetak persegi panjang, kotak atau silinder. Untuk mendapatkan lempok di setiap warung pempek di Palembang.
    lempok
    boskalangan[dot]weebly[dot]com
  1. Kolak Durian
    Kalau biasanya kita kenal ada kolak pisang kali ini berbeda. Karena kolak ini berbahan dasar durian dan campuran santan cair maka dinamakanlah kolak durian. Kolak durian perpaduan antara daging durian yang legit dan bahan lainnya seperti gula aren, gula pasir, daun pandan dan santan. Penyajian kolak durian bersamaan dengan beras ketan.
    kolak duren
    koleksiresepku[dot]com
Olahan Durian Khas Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,873 times, 1 visits today)

Indonesia-Palembang
Pempek Lovers.

Don’t be afraid make a failure because your failure is begin a success.

10 Comments

  1. maman
    June 4, 2015

    tempoyak tula lemak ๐Ÿ˜€

    Reply
    1. atica
      June 5, 2015

      tempoyak lmak kalo di campur sambel. kalo idk aseeem.

      Reply
  2. Nina
    June 5, 2015

    Apa aja kalau bahan dasarnya duren lemak tula #PenggemarDurenGarisKeras

    Reply
    1. atica
      June 5, 2015

      wah mb nina #PenggemarDurenGarisKelas ngitssss ini nm ny. hahahahah ๐Ÿ˜›

      Reply
  3. Suzan
    June 5, 2015

    Dari semua olahan durian, paling tidak suka tempoyak, baunya saja bikin pusing, tidak tahu kenapa ya, padahal duriannya suka banget

    Reply
    1. atica
      June 5, 2015

      iya mb suzan, memang tempoyak aromanya sembriwing, asem.

      Reply
  4. Bima Kurniawan
    June 6, 2015

    kalo aku paling suka tempoyak….
    lezat dan nikmat…

    Reply
    1. atica
      June 19, 2015

      tempoyak campur cabe enak ka. kalo tempoyak bae aku agak kurang seneng.

      Reply
  5. rizka nurliyantika
    June 7, 2015

    kalo sampe jok jok itu dak pake duren y tics? perasaan asem-asem itu.

    Reply
    1. atica
      June 19, 2015

      kalo sambel jok jok itu khas kombering ka.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *