Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu

Pasar di Palembang

Pasar 16 Ilir memang jadi icon dari kota pempek dan tempat wisata Palembang yang tidak kalah hits dengan tempat wisata lain. Barang-barang murah meriah bisa di dapat disini. Mulai dari baju baru sampai bekas, bahan kebutuhan pokok dengan harga grosir, perlengkapan dapur dan rumah tangga, buah-buahan, hasil laut seperti ikan dan udang juga ada di jam-jam tertentu. Selain karena kawasan pasar yang sangat luas, pasar ini jadi primadona karena memang sudah ada sejak Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo memindahkan keraton ke Kuto Kecik dan bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung pada tahun 1738. Sejak saat itu, kawasan pasar 16 Ilir semakin berkembang dan meluas.
Pasar Burung di Palembang

Disamping itu ada satu lagi yang membuat pasar ini jadi makin lengkap sebagai tempat wisata Palembang yaitu pasar burung. Walau sebenarnya pasar yang berjajar di sepanjang Jalan Ki Marogan ini tidak hanya menjual burung dengan beragam jenis seperti burung hantu, perkutut, love bird dan lain-lain tapi banyak juga jenis unggas-unggas lain, misalnya ayam, itik, dan bebek. Mulai dari binatangnya, kandang sampai makanannya ada disini. Lengkap.

Pasar Burung di Palembang

Untuk kandang sendiri ada beberapa pedagang yang memang khusus menjual beragam bentuk dan ukuran kandang juga dengan bahan yang berbeda-beda. Mereka menjajahkan kandang itu dengan menyusunnya di jalanan, hasilnya membuat pasar seminggu sekali ini semakin penuh. Pilihannya banyak sekali. Soal harga, ‘biso nganyang’ bahasa palembang yang artinya bisa ditawar. Asalkan pintar mengambil hati penjual. Mulai dari anak-anak sampai kakek-kakek ada yang berjualan. Pembelinya juga beragam usia. Tidak jarang para pemilik ayam jago unjuk kebolehan dengan saling bertarung. Tujuan mereka lebih kepada menarik minat pembeli. Sekalian show off kemampuan si Jago mereka.

Pasar Burung di Palembang
Ayam jagoan unjuk kebolehan
Pasar di Palembang
Suasana ramai di minggu pagi

Selain hanya ada setiap hari minggu, daerah tempat berjualan ini sebenarnya merupakan jalan aspal yang di alih fungsikan sebagai tempat pedagang berniaga dan Jalan Ki Marogan yang sebenarnya sangat lebar ini hanya akan di buka satu jalur untuk mobil ataupun motor itupun tetap akan berpapasan dengan orang yang berlalu lalang. Jadi kalau masuk kawasan ini lebih baik traveller berjalan kaki sekalian joging pagi. Iya, pagi, karena waktu paling ramai di pasar ini adalah pagi hari.

Pedagang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan
Pedagang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan

Pedagangnya juga bukan hanya dari dalam kota tapi ada yang dari luar Palembang seperti daerah OKU (Ogan Komering Ulu) Timur, OKU Selatan, Musi Banyuasi dan sekitar Sumatera Selatan lainnya. Maka tidak heran sejak subuh mereka sudah berjejer menyusun lapak masing-masing. Ditamba daerah jalan Ki Marogan ini banyak travel-travel yang cakupannya seputar daerah Sumatera Selatan, mulai dari travel gelap sampai yang terang (resmi) ada.

Serunya lagi tidak sedikit dari pedagang ini bergabung dalam grup-grup diskusi di jejaring sosial seperti facebook atau kaskus. Jadi baik penjual maupun pembeli bisa janjian bertemu ditempat ini. Tambahan informasi, nama grup di facebooknya ‘Pasar Burung 16 Ilir Palembang’, silahkan join.
Selamat berburu burung.

Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu
5 (100%) 1 vote
(Visited 13,966 times, 1 visits today)

a daughter who so close to father and greatly admired to mother

12 Comments

  1. Nina
    May 27, 2015

    surganya pencinta burung. hihi

    Reply
    1. rizka nurliyantika
      May 27, 2015

      iya mbak. mayoritas kaum adam. hhehe

      Reply
  2. M Guntur
    May 27, 2015

    Saya sering loh ke pasar ini di hari minggu. Ya awalnya sekedar melihat2 tapi ada aja yg nyantol utk dibawa pulang. Hhaha

    Reply
  3. Suzan
    May 28, 2015

    Seru banget disini

    Reply
  4. romi
    January 13, 2016

    memang asik bagi penggemar hewan terutama ayam dan burung kalo sudah di pasar burung pasti pulang siang cari yang terbaik untuk oleh oleh

    Reply
  5. achunk
    March 23, 2016

    Lokasi pasarx dmna…

    Reply
  6. anggara
    April 19, 2016

    ass,,,, ado dak yang galak napung burung kapas tembak di pLg kapas tembak dari kerinci ?

    Reply
  7. hyen
    July 26, 2016

    hi teman aku butuh burung manyar 100 ekor,harga berapa per ekor

    Reply
  8. Pujiyono
    September 10, 2016

    Aku punya burung hantu

    Reply
  9. iwan mj
    March 10, 2017

    kelinci+kadangnya ada ga

    Reply
    1. Anisa
      April 5, 2017

      Aku mau jual kucing persia Rp 500.000 . Ada yang meu beli gak . Warna abu2 cewek umur 5 bln klo minat lagung hub 081995046348

      Reply
  10. anastara
    September 16, 2017

    aq ado burung teruwak.ado bayak siapo yg nk pesan.buat pindang burung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *