Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu

Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu

Pasar 16 Ilir memang jadi icon dari kota pempek dan tempat wisata Palembang yang tidak kalah hits dengan tempat wisata lain. Barang-barang murah meriah bisa di dapat disini. Mulai dari baju baru sampai bekas, bahan kebutuhan pokok dengan harga grosir, perlengkapan dapur dan rumah tangga, buah-buahan, hasil laut seperti ikan dan udang juga ada di jam-jam tertentu. Selain karena kawasan pasar yang sangat luas, pasar ini jadi primadona karena memang sudah ada sejak Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo memindahkan keraton ke Kuto Kecik dan bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung pada tahun 1738. Sejak saat itu, kawasan pasar 16 Ilir semakin berkembang dan meluas.
Pasar Burung di Palembang

Disamping itu ada satu lagi yang membuat pasar ini jadi makin lengkap sebagai tempat wisata Palembang yaitu pasar burung. Walau sebenarnya pasar yang berjajar di sepanjang Jalan Ki Marogan ini tidak hanya menjual burung dengan beragam jenis seperti burung hantu, perkutut, love bird dan lain-lain tapi banyak juga jenis unggas-unggas lain, misalnya ayam, itik, dan bebek. Mulai dari binatangnya, kandang sampai makanannya ada disini. Lengkap.

Pasar Burung di Palembang

Untuk kandang sendiri ada beberapa pedagang yang memang khusus menjual beragam bentuk dan ukuran kandang juga dengan bahan yang berbeda-beda. Mereka menjajahkan kandang itu dengan menyusunnya di jalanan, hasilnya membuat pasar seminggu sekali ini semakin penuh. Pilihannya banyak sekali. Soal harga, ‘biso nganyang’ bahasa palembang yang artinya bisa ditawar. Asalkan pintar mengambil hati penjual. Mulai dari anak-anak sampai kakek-kakek ada yang berjualan. Pembelinya juga beragam usia. Tidak jarang para pemilik ayam jago unjuk kebolehan dengan saling bertarung. Tujuan mereka lebih kepada menarik minat pembeli. Sekalian show off kemampuan si Jago mereka.

Pasar Burung di Palembang
Ayam jagoan unjuk kebolehan
Pasar di Palembang
Suasana ramai di minggu pagi

Selain hanya ada setiap hari minggu, daerah tempat berjualan ini sebenarnya merupakan jalan aspal yang di alih fungsikan sebagai tempat pedagang berniaga dan Jalan Ki Marogan yang sebenarnya sangat lebar ini hanya akan di buka satu jalur untuk mobil ataupun motor itupun tetap akan berpapasan dengan orang yang berlalu lalang. Jadi kalau masuk kawasan ini lebih baik traveller berjalan kaki sekalian joging pagi. Iya, pagi, karena waktu paling ramai di pasar ini adalah pagi hari.

Pedagang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan
Pedagang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan

Pedagangnya juga bukan hanya dari dalam kota tapi ada yang dari luar Palembang seperti daerah OKU (Ogan Komering Ulu) Timur, OKU Selatan, Musi Banyuasi dan sekitar Sumatera Selatan lainnya. Maka tidak heran sejak subuh mereka sudah berjejer menyusun lapak masing-masing. Ditamba daerah jalan Ki Marogan ini banyak travel-travel yang cakupannya seputar daerah Sumatera Selatan, mulai dari travel gelap sampai yang terang (resmi) ada.

Serunya lagi tidak sedikit dari pedagang ini bergabung dalam grup-grup diskusi di jejaring sosial seperti facebook atau kaskus. Jadi baik penjual maupun pembeli bisa janjian bertemu ditempat ini. Tambahan informasi, nama grup di facebooknya ‘Pasar Burung 16 Ilir Palembang’, silahkan join.
Selamat berburu burung.

Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu
5 (100%) 1 vote
(Visited 11,462 times, 3 visits today)


10 thoughts on “Pasar Burung 16 Ilir Palembang Seru di Hari Minggu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *