Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Restoran Tepi Sungai Musi Palembang : Diantara Dua Pilihan

Restoran Tepi Sungai Musi Palembang : Diantara Dua Pilihan

Berkunjung ke Palembang paling enak jika menyantap kuliner khas Palembang sembari melihat keindahan ikon kota Palembang yakni Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Nah, untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan, kini restoran tepi Sungai Musi makin banyak. Mulai dari restoran rakyat (berupa kapal tongkang yang disulap jadi restoran) hingga rumah makan besar yang dapat mengakomodir kebutuhan tamu dalam jumlah besar. Saya akan membahas 2 restoran besar tersebut di tulisan ini.

Kampung Kapitan Restaurant

Kampung Kapitan Restaurant berada di seberang Ulu. Sebagai informasi, dikarena kota dibelah oleh Sungai Musi, wilayah kota Palembang terbagi menjadi 2 yakni Seberang Ulu dan Ilir. Nah, Kampung Kapitan Restaurant ini berada di seberang Ulu di mana kawasan pemukiman dan kompleks Stadion Olahraga Jakabaring berada.

KP 3
Kampung Kapitan Restaurant. Source : kampungkapitan[dot]com
Untuk menuju Kampung Kapitan Restaurant terdapat 2 cara. Jika ingin membawa kendaraan sendiri, pengunjung harus menyeberang dulu di Jembatan Ampera dan jalan memutar melewati Kertapati hingga menuju dermaga 7 Ulu. Cara ini lebih praktis namun cara ke-2 lebih banyak dipilih orang. Kenapa? Karena cara kedua yakni berupa menaiki KM Belido yakni kapal tongkang yang khusus disediakan pengelola restoran. Kapan ini beroperasi hingga pukul 11 malam. Dan, pengunjung tidak harus membayar sepeserpun jika ingin menaiki kapal ini. Sembari menyeberang, pengunjung dapat mengabadikan diri dengan latar Jembatan Ampera langsung diambil dari atas perahu di Sungai Musi. Menarik, kan?

KP 2
Source : kampungkapitan[dot]com & dokumen pribadi

Bagaimana dengan variasi makanannya? Sangat beragam! Terutama makanan khas Palembang berupa olahan Pindang Ikan dan semua disajikan dengan kualitas premium (dengan harga yang menyesuaikan). Jika ingin sekadar ngopi dan duduk santai, restoran ini juga dapat dijadikan pilihan. Yang harus diperhatikan ialah, waktu operasional restoran ini yang hanya dibuka dari sore hari pukul 17:00 hingga pukul 23:00. Untuk kunjungan dalam jumlah besar, dapat reservasi di no 0711-313978. Informasi lebih rinci silakan ke kampungkapita[dot]com ya!

River Side Restaurant

Riverside Restaurant
River Side Restaurant

Nah, restoran kedua ini sejatinya berdiri lebih dulu ketimbang Kampung Kapitan Restaurant. Letak River Side berada di sisi Ilir, tepatnya di dekat Benteng Kuto Besak. Untuk menuju ke restoran ini, pengunjung tidak harus menyeberang sungai Musi. Cukup memarkirkan kendaraannya saja di area parkir yang tersedia (cukup luas).

Riverside Restaurant
Menanti sunset di River Side Restaurant

Restoran ini berbentuk kapal besar. Di saat-saat tertentu, kapal ini akan bergoyang mengikuti pergolakan Sungai Musi. Hal yang tidak dapat ditemukan di Kampung Kapitan Restaurant. Keunggulan lainnya ialah restoran ini dibuka mulai pukul 07:00 hingga pukul 23:00 jadi, pengunjung bisa sarapan pagi di restoran ini.

Makanan yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan Kampung Kapitan. Menu andalan mereka ialah makanan tradisional Palembang. Untuk memanjakan pengunjung, disediakan ruang VIP dan juga ruang karaoke berupa panggung terbuka dengan iringan live music. Wisata kuliner sambil diiringi alunan lagu tentu akan menyenangkan, bukan?

RS 2
Salah satu menu andalan : Pindang Patin

Sekarang tinggal pengunjung memilih mau makan di mana. Atau bisa dicoba keduanya di hari yang berbeda dengan begitu akan terasa langsung keunggulan dari kedua restoran ini. Silakan kunjungi River Side Restaurant di Jalan Temon Ilir Barat II, Palembang. Untuk reservasi bisa hubungi 0711-368222. So, selamat datang di Palembang dan nikmati wisata kuliner Bumi Sriwijaya 🙂

Restoran Tepi Sungai Musi Palembang : Diantara Dua Pilihan
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,500 times, 9 visits today)


2 thoughts on “Restoran Tepi Sungai Musi Palembang : Diantara Dua Pilihan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *