Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Roti Maryam, Kuliner Khas Palembang yang Terlupakan

Roti Maryam, Kuliner Khas Palembang yang Terlupakan

Hello Palembang, hello sobat travellers

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu makanan yang sudah dianggap khas Palembang, namun sudah hampir terlupakan. Kita tahu kota Palembang mempunyai sejarah panjang yang bersentuhan dengan beragam budaya luar, mulai dari budaya Hindu kerajaan Sriwijaya sampai dengan budaya Arab Kesultanan Palembang Darussalam. Ini membuat kota Palembang mempunyai banyak warisan budaya dan makanan yang khas, dan salah satu yang makanan khas yang lezat adalah roti maryam, hmmm ini yang akan saya tawarkan ke sobat travelers hellopalembang.com sekalian.

roti maryam 1
Lezatnya Roti Maryam

Roti Maryam adalah makanan berkuah kari layaknya martabak har namun hidangan utamanya berbentuk dadar tipis yang renyah. Dengan tekstur lembut dan tipis serta dihidangkan dengan kuah kari yang kental yang dilengkapi kentang dan cacahan daging yang dipotong tipis-tipis membuat lidah kita dimanjakan dengan kelezatannya. Roti maryam sangat cocok dinikmati di pagi dan petang hari dikala santai. kalau masalah rasa, hmm jangan ragu sobat, lezat dan perfecto.

roti maryam 2
Penampakan Penyajian Roti Maryam

Roti maryam sendiri dibuat dengan adonan dasar berupa tepung terigu, telur dan mentega. Bahan – bahan tadi diaduk menjadi adonan lalu di dibentuk pipih tipis menyerupai dadar, lalu kuahnya dibuat dengan kuah kari yang beri potongan kecil kentang dan daging kambing atau juga daging sapi.

roti maryam 3
Proses Pembuatan Roti Maryam

Jika sobat travelers mengunjungi kota Palembang, salah satu tempat tradisional yang menjual roti maryam yang telah turun temurun selama puluhan tahun adalah Toko Selera yang terletak di jalan Pasar 16 Ilir No. 84 didaerah Pasar 16 ilir. Tak jauh dari jembatan Ampera dan Masjid Agung. Tempatnya memang terlihat begitu tradisional tidak seperti resto – resto kekinian yang nyaman dan dipenuhi live music namun untuk masalah rasa boleh diadu bro.

roti maryam 4
Toko Selera

Untuk Alamat, sobat travelers bisa langsung menuju titik nol kota Palembang di Bundaran Air Mancur (BAM) didepan MAsjid Agung lalu dari sana berjalan kaki menuju gedung pasar 16 ilir menempuh jarak kurang lebih 5 menit dengan jarak sekitar 500 meter. Disana sobat akan menemukan Toko Selera yang menjual roti maryam plus beragam kue – kue kecil khas Palembang.

roti maryam 5
Warung Tradisional yang Ramai Pengunjung ^_^

Untuk menikmati roti maryam, sobat travelers cuma perlu merogoh kocek sebesar IDR 8000, murah banget kan sobat, gak sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Jadi buat temen – temen travelers yang sedang merencanakan untuk liburan ke kota Palembang, sobat mesti masukin roti maryam sebagai salah satu culinary plan ketika datang dan berlibur di kota Palembang karena ternyata Palembang ga sekedar punya pempek yang lezat namun juga punyak culinary traditional yang akan membuat sobat travelers betah dan ketagihan untuk berkunjung ke kota Palembang.

Grab it fast dude.. see you at next article

Roti Maryam, Kuliner Khas Palembang yang Terlupakan
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,092 times, 1 visits today)


1 thought on “Roti Maryam, Kuliner Khas Palembang yang Terlupakan”

  • Nambah lamo mampir di blog ini napo jadi tambah laper y?? Apo gara2 aku jg nyari postingan makanan2 terus bae hehe… btw, roti maryam caknyo lemak jugo,, tp apo beda dengan martabak har y.. bingung jugo,,? Kalu be ado wong bingung yang galak ngajak kito makan gratis biar dak tamba bingung,,, haha… na bingung kan? Wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *