Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Saran Mudik Aman Dan Nyaman Selama Perjalanan

Saran Mudik Aman Dan Nyaman Selama Perjalanan

Mudik adalah salah satu kewajiban selama Idul Fitri yang jarang dilewati oleh banyak orang. Melaksanakan perjalanan panjang yang melelahkan dan malahan kerap kali terhalang oleh macet tidak menutup semangat untuk pulang kampung. Jika kamu tergolong orang yang pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi, berikut beberapa list tips mudik yang aman dan nyaman sepanjang perjalanan dan bisa diterapkan agar perjalanan tidak terlalu menjemukan.

1. CEK BARANG BAWAAN

Saran Mudik Aman
(Sumber foto: www[dot]autobild[dot]co[dot]id)

Panduan mudik yang pertama ini merupakan hal wajib yang mesti diperhatikan yaitu, buatlah daftar barang-barang bawaan sekian hari sebelum mudik. Fungsinya supaya nanti sebelum berangkat, kalian dapat melihat ulang apa saja yang akan dibawa sehingga tidak ada satu pun barang bawaan yang tertinggal. Buatlah daftar barang bawaan dari yang terpenting hingga yang kurang penting. Jangan sampai lupa untuk melistkan daftar itu dalam selembar kertas agar benar dicatat dengan baik hingga peluang lupa membawa barang kemasan tidak terjadi.

2. LIHATLAH KEADAAN KENDARAAN

Saran Mudik yang Aman
(Sumber foto: www[dot]dandgautocare[dot]co[dot]uk)

Bagi pengguna kendaraan pribadi, ada bagusnya kalian memperhatikan kondisi kendaraan sebagus mungkin sebelum pergi pulang kampung. Ini sangat penting, apalagi bila tujuan mudik kalian bisa dibilang lumayan jauh atau bahkan tergolong bepergian lintas wilayah. Pengecekan kondisi kendaraan bertujuan agar tidak terjadi kerusakan suku cadang penting semasa perjalanan. Dengan demikian, risiko kecelakaan ampu terhindarkan. Pemeriksaan kondisi kendaraan dapat dimulai dari kelayakan rem hingga keadaan ulir ban.

3. PERLENGKAPAN KENDARAAN WAJIB ADA

Saran Mudik yang Aman
(Sumber foto: www[dot]otospirit[dot]com)

Selain kontrol situasi kendaraan, hal yang wajib selanjutnya adalah perlengkapan kendaraan. Perlengkapan tersebut termasuk ban serep, dongkrak, hingga kunci pas yang dibutuhkan ketika ada keadaan darurat. Sangat jarang didapati ada bengkel mobil/motor yang buka di saat lebaran. Oleh karena itu, kelengkapan kendaraan ini harus ada di setiap kendaraan pribadi. Bila perlu, siapkan juga komponen cadangan kendaraan pribadi kalian yang sekiranya gampang rusak sehingga bila terjadi kerusakan dapat diganti dengan mudah tanpa mencari bengkel yang buka.

4. SIAPKAN HIBURAN UNTUK MENGHAPUSKAN RASA BOSAN

Saran Mudik yang Aman
(Sumber foto: mobiloka[dot]com)

Perjalanan yang panjang pasti menguras tenaga dan membuat suasana hati mudah bosan. Akan makin menjemukan ketika kalian terjebak macet parah yang membuat frustasi baik penumpang maupun pengemudi. Alangkah baiknya kalian membawa hiburan-hiburan sederhana untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Hiburan-hiburan sederhana seperti buku, koleksi lagu-lagu favorit, atau mungkin TV portable dengan film kesukaan bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan selama di jalan.

5. MEMASTIKAN BATERAI SERTA PULSA SELALU ADA

Saran Mudik yang Aman
(Sumber foto: thestir[dot]cafemom[dot]com)

Kondisi genting bisa saja terjadi dan pasti muncul secara tak disangka. Maka dari itu, pastikan baterai smartphone dan pulsa kamu tetap ada sehingga ada solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi selama ada di jalan. Dengan demikian, bila ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, kalian masih bisa mencari bantuan dengan menghubungi seseorang.

6. KONDISI TUBUH YANG PRIMA JUGA PERLU DIWUJUDKAN

Saran Mudik yang Aman
(Sumber foto: mp-mydailythread[dot]com)

Perjalanan jauh memang mengeluarkan banyak tenaga, durasi, dan pikiran. Maka dari itu, dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat hingga bepergian selalu fokus dan meriah hingga tujuan mudik. Untuk mewujudkannya, ada bagusnya beberapa hari sebelum berangkat mudik, makanlah makanan yang sehat serta beristirahat yang cukup demi menjaga kebugaran tubuh.

Itulah sekian saran mudik aman dan enak saat melakukan perjalanan yang dapat kalian terapkan. Dengan begitu, tidak perlu lagi takut untuk melakukan perjalanan mudik walaupun jarak destinasi mudik cukup jauh. Jangan sampai kalian memikirkan banyak hal dan bikin keadaan mudik menjadi kurang nyaman. Selamat mudik dan selalu berhati-hati di jalan!

Vote Us
(Visited 162 times, 1 visits today)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *