Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Suasana Menjelang Lebaran di Palembang : Memang Beda!

Suasana Menjelang Lebaran di Palembang : Memang Beda!

Waktu menunjukkan kehebohan menjelang lebaran sudah dimulai untuk wilayah Palembang dan sekitarnya. Sekiranya saya menuliskan kata heboh, karena sebagai penduduk Palembang, saya benar-benar bisa merasakan perbedaan suasana di hari-hari biasa dan di hari-hari Raya Idul Fitri menjelang.

Hal ini wajar mengingat Palembang yang notabene penduduknya 98% beragama Islam, menjadikan hari Raya Idul Fitri sebagai perayaan tahunan akbar bagi masyarakat di kota ini. Berikut adalah suasana yang membuat Palembang berbeda ketika lebaran menjelang :

1.Restoran tiap waktu Berbuka : PENUH
Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Palembang, Ramadhan merupakan bulan berkah bagi pengusaha-pengusaha kuliner. Hampir setiap restoran di Palembang pengunjung membludak ketika waktu berbuka tiba.

Mulai dari restoran favorit yang memang terkenal enak, sampai restoran yang rasanya biasa-biasa saja juga kebagian rejeki ramai akan pengunjung. Berbagai acara buka bersama menyemarakkan suasana ini. Jika anda ingin berbuka di restoran favorit, ada baiknya anda melakukan booking terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapatkan seat.

2.MAL – MAL di Palembang : RAMAI

Mall di Palembang
Salah satu mal menjelang lebaran. Foto diambil dari Instagram Palembang Icon

Ketika THR turun, mal mal menjadi ramai. Di Palembang, mal-mal sudah ramai dari awal bulan Ramadhan, setelah THR turun apalagi. Selain berbelanja untuk kebutuhan lebaran, hari Raya memang identik dengan baju baru. Meskipun lebih merupakan budaya dan bukan bagian dari syiar agama, namun menggunakan baju baru ketika hari raya idul fitri seolah telah menjadi tradisi.

Belum lagi promo SALE atau Midnight Sale yang marak diadakan oleh mal-mal tersebut. Bagi yang membawa kendaraan, mencari parkiran di mal menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya mal, pasar 16 ilir dan pasar-pasar tradisional juga sangat padat pengunjung.

3.Pesanan kue dan pempek : MEMBLUDAK

Kue Asli Palembang
Kue Asli Palembang untuk lebaran. Foto diambil dari Instagram Palembang Harum

Hampir setiap tahun saya memesan semua kue dan pempek satu bulan sebelum lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi resiko tidak kebagian kue dan makanan-makanan lainnya ketika hari raya. Bila memesan dekat-dekat lebaran, keseringan para pembuat kue dan pempek sudah menolak karena pesanan yang sudah overwhelming. Tapi jangan khawatir, bila tidak kebagian kue atau pempek pesanan, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, bukan? 🙂

4.Jalan besar Palembang seminggu sebelum hari Raya : MACET DIMANA MANA

Jalan Raya di Palembang
Jalanan Palembang Macet. Foto diambil dari Instagram palembanginsta

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan jalan-jalan utama di kota Palembang menjadi sangat macet menjelang lebaran. Yang pertama, orang-orang Palembang yang tinggal merantau lalu mudik, sudah tiba di Palembang (pengalaman pribadi karena dulu pernah merantau :D).

Yang kedua, masyarakat yang tinggal di Kabupaten sekitar Palembang juga ke kota Palembang untuk berbelanja kebutuhan lebaran bahkan mungkin merayakan lebaran di Palembang. Hasilnya? Palembang menjadi lebih ramai dan macet dimana mana 😀

5.Malam takbiran : Lebaran lewat Mana Lebaran?

Malam Takbiran
Malam takbiran di Palembang sangat seru. Tiap-tiap masjid akan mengumandangkan takbir melalui pengeras suara, dan ada beberapa masjid yang mengirimkan ‘rombongan’ untuk mengitari rumah-rumah penduduk (biasanya menggunakan mobil pick-up dengan beduk diatasnya) masuk ke kampung-kampung sambil mengumandangkan takbir.

Orang-orang biasanya akan keluar dari rumah mereka ketika rombongan takbir lewat, sambil berkata ‘wah besok benar-benar lebaran karena takbiran sudah lewat di depan rumah kita!’ 😀 .

Ada juga orang-orang yang sengaja mencari rombongan takbir dengan berputar-putar keliling kota dengan kendaraan pribadi, sangat seru. Sepanjang malam takbiran di Palembang, sayup sayup suara takbir menggema di seluruh penjuru kota hingga pagi Hari Raya Idul Fitri dan Salat Ied diadakan.

Nah demikianlah suasana menjelang lebaran di Kota Saya, Palembang. Dapat dikatakan bahwa lebaran Idul Fitri merupakan Hari Raya paling akbar bagi masyarakat Palembang, dan seluruh warga kota bersuka cita menyambutnya. Bagaimana di Kota Anda?

Suasana Menjelang Lebaran di Palembang : Memang Beda!
5 (100%) 1 vote
(Visited 928 times, 1 visits today)


2 thoughts on “Suasana Menjelang Lebaran di Palembang : Memang Beda!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *