Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Taman Kota Alternatif Tempat yang dapat dikunjungi saat di Palembang

Taman Kota Alternatif Tempat yang dapat dikunjungi saat di Palembang

Salah satu fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) selain menghindari ancaman banjir juga dapat mempercantik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang tinggal di kota – kota besar, termasuk di kota Palembang.

Yah Kota Palembang yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk 1.503.485 jiwa sumber data BPS Sumatera Selatan (update- 29/10/2014). Saat ini tercatat dengan luas wilayah 40 ribu hektar, dengan 30% wilayah kota sebagai RTH sesuai dengan peraturan tata ruang. Dengan kata lain Palembang harus memiliki 12.000 hektar RTH.

Taman Kota Palembang
Taman depan TVRI

Taman Kota Palembang

Taman Kota Palembang

Taman Kota Palembang

Tidak tahu pasti RTH yang tersedia di Kota Palembang berapa persen lagi. Tetapi menurut saya RTH di Kota Palembang makin tahun semakin bertambah dan tersebar dibeberapa titik. Meskipun belum maksimal jumlahnya.

RTH di kawasan Kambak Iwak, simang polda, di jalan POM IX depan TVRI yang menurut saya lumayan baik dan ramai pengunjung. Pengunjung tidak hanya menikmati segarnya udara di taman kota tetapi juga mereka dapat memanfaatkan ruang publik yang tersedia untuk berkumpul bersama kerabat maupun keluarga.

Taman Kota Palembang
Arena Bermain Anak

Taman Kota PalembangSeperti didua tempat berbeda, Kambang Iwak dan taman di depan TVRI. Taman tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan olahraga, arena bermain anak-anak, gazebo, shelter, jogging track, dan tentunya rumput serta puluhan pepohonan yang rindang.

Untuk taman simpang polda ramai saat malam hari, dan kawasan Kambang Iwak akan sangat ramai dikunjungi di hari sabtu-minggu pagi, sedangkan taman depan TVRI akan ramai dikunjungi sabtu-minggu sore.

Taman Kota Palembang

Jangan khawatir traveller yang belum kenal kawasan ini atau belum pernah kesini, lokasinya starategis kok dan in shaa Allah aman, yang jelas jangan terlalu mencolok yang akan mengundang orang lain berbuat jahat, namanya juga di tengah keramaian.Taman Kota Palembang

Taman simpang polda dapat dilalu angkutan Ampera-perumnas, persis sebelum lampu merah taman simpang polda berada di kiri jalan. Untuk traveller yang pergi bersama keluarga dan anak-anak menggunakan kendaraan pribadi menuju taman di jalan POM IX depan TVRI tersedia tempat parkir berjarang 100 meter dari taman bermain. Sedangkan taman di kawasan Kambang Iwak banyak tempat parkir yang disediakan, dan angkutan umum dapat menggunakan Ampera-perumnas, angkot KM 5-Ampera, angkot Bukit Besar-Ampera semua angkutan tersebut berhenti di Kambang Iwak yaa.

Taman Kota Palembang

Taman Kota Palembang

Meskipun masih terbatasnya ruang public yang disediakan tetapi taman-taman yang saya sebutan di atas cukup layak untuk traveller datangi. Dan menjadi tempat favorit warga Palembang untuk menghabiskan akhir pekan.

Dan jangan khawatir, traveller tidak perlu repot membawa bekal karena tersedia banyak penjual makanan yang berada di kawasan taman kota.

Fungsi Taman Kota/ Ruang Terbuka Hijau

  1. Fungsi Ekologis

Taman kota sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai Paru-paru kota yang menghasilkan banyak O2, Filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara, Tempat penyimpanan air tanah, sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah (kawasan Kambang Iwak).

Setelah penat beraktifitas 5-6 hari di kantor taman kota menjadi tempat yang pas untuk men- charger kembali tubuh kita.

  1. Fungsi Sosial

Selain mempercantik dan memberikan kenyamanan, taman kota juga sebagai tempat komunikasi sosial yang dapat digunakan untuk kumpul antar komunitas dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan event-event, sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi, sebagai landmark sebuah kota, menambah nilai estetika sebuah.

Taman Kota Alternatif Tempat yang dapat dikunjungi saat di Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,484 times, 1 visits today)


3 thoughts on “Taman Kota Alternatif Tempat yang dapat dikunjungi saat di Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *