Taman Kupu-kupu Gandus, Wisata Alam dan Edukasi

Palembang kota wisata! Ya, kota tertua di Indonesia ini punya banyak sekali tempat wisata. Wisata kuliner tentu menjadi pilihan pertama dalam daftar tujuan jika anda berkunjung ke kota ini. Pempek dan berbagai jenis olahan ikan lainnya, mie celor, nasi minyak, martabak HAR, burgo, lakso, buah duku, durian dan masih banyak jenis lain yang tidak akan bisa anda cicipi semua jika anda hanya menginap selama satu atau dua hari disini.

taman kupu-kupu6
Berbagai jenis pempek sumber foto :http://indonesian-cuisines-information[dot]blogspot[dot]co[dot]id

Jenis wisata lain yang dimiliki oleh kota Palembang adalah wisata religi. Palembang termasuk kota yang plural, umat Islam, Kristen, Hindu dan Budha senantiasa hidup rukun. Anda akan menemukan berbagai rumah ibadah yang megah dan indah, serta akan sangat ramai pada perayaan hari besar keagamaan. Nah, tempat-tempat peribadatan ini juga bisa menjadi salah satu destinasi menarik untuk anda datangi.

*notes : topik wisata religi pernah saya tulis sebelumnya, silahkan cek disini, wisata religi Palembang

Lanjut ke daftar wisata lainnya, kota Palembang juga bisa disebut sebagai kota yang punya banyak cerita dan peninggalan sejarah. Tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya, Palembang yang dulu menjadi pusatnya pemerintahaan Kerajaan Sriwijaya, punya banyak tempat yang akan membuka mata anda, tentang betapa megahnya kerajaan Sriwijaya dulu kala, serta kerasnya perjuangan rakyat dalam perang melawan penjajah.

*notes : topik wisata sejarah juga pernah saya tulis sebelumnya, cek disini, wisata sejarah Palembang

Pilihan wisata selanjutnya yang tidak kalah seru adalah wisata alam. Tentu anda bertanya-tanya kan, apa iya kota metropolis (dibaca : mendekati) ini masih punya tempat wisata alami? Hohoho… jangan salah, si kota pempek ini punya banyak pilihan lokasi wisata alam. Jika anda ingin mengetahuinya, silahkan baca tulisan saya yang sebelumnya disini.

Namun kali ini saya akan menambah referensi anda atas lokasi wisata alam yang tidak hanya menawarkan alternatif hiburan, namun juga pendidikan.

Tarrrraaaaaaa…. ini dia lokasi wisatanya!! Taman kupu-kupu Gandus.

taman kupu-kupu5
Taman kupu-kupu yang berlokasi di daerah Gandus, Palembang. sumber foto : www.alfurqon[dot]or[dot]id

Sengaja saya memilih foto yang dipenuhi oleh anak-anak sekolah, karena taman ini memang sering dikunjungi oleh mereka. Hampir setiap minggu, taman kupu-kupu yang terletak di kompleks perkantoran Dinas Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang di kawasan Gandus ini ramai dikunjungi oleh pelajar dari berbagai sekolah. Tak jarang juga, para mahasiswa atau pengunjung dewasa lainnya datang kesini, untuk melihat berbagai jenis kupu-kupu atau sekedar piknik di rerumputan asri yang ada di halamannya.

taman kupu-kupu4
Papilio perantus, species kupu-kupu asli Indonesia

Ada 11 species kupu-kupu yang dipelihara di taman ini. Dengan jumlah mencapai ratusan ekor, kupu-kupu yang didatangkan dari Jawa Barat ini, punya waktu hidup sekitar satu minggu sejak metamorphosisnya berhasil.

taman kupu-kupu3
Kupu – kupu gajah

Anda juga bisa melihat dari dekat berbagai jenis kepompong yang diletakkan di ruang khusus, sebelum si kupu-kupu siap untuk dilepas ke taman. Para kepompong ini sengaja diberi kandang tersendiri, agar tidak dimangsa oleh serangga atau hewan lain yang juga hidup di taman ini. Karena kepompong yang berisi ulat merupakan makanan nikmat untuk beberapa jenis hewan.

taman kupu-kupu2
Beberapa kepompong dan kupu-kupu yang baru keluar

Sejak diresmikan pada tahun 2013, taman seluas 500 meter persegi ini buka pada hari Senin hingga Sabtu, sejak pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Tidak hanya itu, taman kupu-kupu Gandus juga dilengkapi dengan ruang audio visual dan penyimpanan insektarium. Jadi para pengunjung bisa menikmati dan memperlajari berbagai jenis kupu-kupu yang sudah diawetkan, serta menonton video metamorphosis kupu-kupu sejak berupa telur hingga menjadi kupu-kupu dengan sayap yang berwarna-warni.

taman kupu-kupu7
Insektarium

Datanglah ke taman ini, karena selain asri, tidak ada biaya masuknya juga loh. Sudah menghibur, mengedukasi, murah lagi! Hehehe..   Selamat berkunjung.

Taman Kupu-kupu Gandus, Wisata Alam dan Edukasi
4.8 (95%) 4 votes
(Visited 4,026 times, 6 visits today)
Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

3 Comments

  1. imam azaidi
    January 11, 2016

    di mana ini tempatnya kak , bagus banget tempatnya

    saya dari surabaya

    Reply
  2. imam azaidi
    January 11, 2016

    nama jalan di taman ini apa ya kak , saya mau kesana

    Reply
  3. tiara
    August 8, 2016

    apakah ada no tlp yg bisa dihubungi untuk berkunjung kesana ?
    tolong infonya ya. tks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *