Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Tradisi Midang Arak Pengantin, Tradisi Unik Lebaran di Kayuagung, Sumatra Selatan

Tradisi Midang Arak Pengantin, Tradisi Unik Lebaran di Kayuagung, Sumatra Selatan

Jika sobat travelers berkesempatan berlibur ke kota kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan di hari raya Idul Fitri maka sobat akan menyaksikan pawai budaya Midang Arak Pengantin, tradisi pawai budaya ini dilakukan untuk melestarikan kegiatan budaya di Kayuagung yang telah dilakukan sejak abad ke 17 dahulu. Lalu seperti apa tradisi midang arak pengantin, hmm. Check this out!

midang kayuagung 1

Tradisi ini berasal dari cerita rakyat, berawal dari perseteruan dua keluarga yang mau menikahkan anak mereka, sang mempelai perempuan berparas ayu berasal dari keluarga terpandang nan terhormat dan sang pemuda datang dari keluarga miskin berkepribadian luhur. Lalu sang keluarga perempuan meminta beragam syarat berupa kereta hias bermotif naga dan arak – arakan yang langsung dipenuhi oleh sang pemuda dan keluarganya. Mulai saat ini tradisi Midang Arak Pengantin menjadi budaya turun menurun dan akan terus dilestarikan hingga nanti.

midang kayuagung 2

Ada dua jenis midang arak pengantin, midang begorok dan midang bebuke. Midang begorok diadakan sebagai bagian dari acara pernikahan. Dan midang bebuke diadakan sebagai pawai budaya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri yang diikuti oleh semua marga yang ada diwilayah keresidenan Kayuagung. Dalam acara midang Arak aran pengantin pada hari raya idul fitri 1436H tahun diikuti 11 morge atau 11 dusun, dimana hari pertama midang diikuti kelurahan Kayuagung asli, Kelurahan Perigi, Keluran Paku, Kelurahan Cinta Raja, Kelurahan Tanjung Rancing, Kelurahan Sukadana, dan Kelurahan Sukadana.

midang kayuagung 3

Pada Hari raya Idul Fitri tahun ini Tradisi Midang Bebuke dilakukan pada lebaran ketiga dan keempat pada tanggal 19 dan 20 Juli 2015. 55 pasang pengantin pria dan wanita dengan menggunkan pakaian adat kabupaten Ogan Komering Ilir dari 11 morge (kelurahan) tetap bersemangat dibawah terik matahari kota Kayuagung, arak – arakan juga dihiasi dengan musik – musik khas tradisional. Arak – arakan dilakukan dengan melewati satu per satu kelurahan yang ada. Tradisi ini selalu menjadi hiburan buat warga setempat serta menjadi daya tarik bagi wisatawan karena kentalnya nuansa budaya dan kearifan lokal tradisi setempat.

midang kayuagung 4

Arak – arakan sempat berhenti ketika melewati kediaman dinas Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar SE. Bapak Bupati yang memberi sambutan khusus dalam pawai budaya ini mengatakan: “Kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal ini, jangan sampai hilang”.

midang kayuagung 5

Indonesia memang punya keragaman budaya yang khas sobat travelers, jika kalian berkesempatan berlibur ke Sumatra Selatan, boleh lah untuk mengikuti pawai budaya ini. Sarat makna dan nilai loh..

midang kayuagung 6


Tradisi Midang Arak Pengantin, Tradisi Unik Lebaran di Kayuagung, Sumatra Selatan
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,297 times, 1 visits today)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *