Wisata Kebun Teh di Sumatera Selatan? Ke Pagar Alam Saja!

pagaralam
Sumber gambar : plpbkpagaralam.org

Akuilah, jika berbicara mengenai wisata kebun teh, bisa jadi secara otomatis sebagian besar orang akan mengingat kebun teh di Ciwidey yang ada di Jawa Barat. Atau paling tidak kawasan kebun teh lainnya yang ada di Pulau Jawa. Padahal, tidak jauh dari kota Palembang, tepatnya di kota Pagar Alam, kita pun dapat menemukan kawasan kebun teh yang tak kalah indahnya.

Sesuai namanya, kota ini memang di anugerahi panorama alam yang begitu indah. Pagar Alam, yup, kota ini langsung ‘dipagari’ oleh alam. Kota yang sebelmnya merupakan kota administratif lingkungan Kabupaten Lahat ini memang terletak ‘hanya’ 60 Km dari kota Lahat. Dari Kota Palembang, kota ini dapat ditempuh dalam bebagai macam cara.

DSC01649 Keterangan : Jalan menuju kota Pagar Alam

Pertama, dapat menggunakan angkutan umum seperti travel (mobil minibus) dengan jarak tempuh 7 sd 8 jam. Ongkosnya sekitar Rp.100 sd Rp.150 ribu. Tergantung dari jenis kendaraan. Selain menggunakan travel, bisa juga menggunakan bus dengan ongkos yang lebih murah. Kedua, menggunakan kereta api dengan berhenti di kota Lahat dan selanjutnya disambung lagi dengan kendaraan umum. Ketiga, menggunakan pesawat karena kini Pagar Alam sudah memiliki bandara sendiri. Penerbangan Pagar Alam ke Jakarta langsung ditempuh hanya sekitar 70 menit saja. Tentu lebih praktis sehingga tidak perlu ke Palembang terlebih dahulu.

Perjalanan ke Pagar Alam walaupun berkelok-kelok namun kontur jalan cukup baik. Inilah kota dengan suhu udara paling sejuk di Sumatera Selatan. Di saat-saat tertentu, penduduk setempat bilang bahkan suhu udaranya dapat membekukan minyak sayur. Wow, lumayan dingin, ya! Karena itulah, berlibur ke Pagar Alam sangat cocok terlebih untuk ‘menghindari’ cuaca Palembang yang sangat panas.

DSC01653
Keterangan : Mulai memasuki kawasan Kebun Teh

Banyak sekali objek wisata di kota agribisnis ini. Sesuai judulnya, tentu saja kawasan kebun teh di lereng Gunung Dempo adalah daya Tarik utamanya. Bagi yang suka naik gunung, kota PagarAlam juga merupakan starting point-nya. Oh ya untuk menikmati kebun teh, cukup berjalan ke arah kaki gunung Dempo. Ada kawasan wisata khusus dan pengunjung dikenakan biaya Rp.5000 sd Rp.10.000 untuk masuk ke dalam. Begitu sampai, silakan saja menikmati keindahan kebun teh dan Gunung Dempo sampai puas.

DSC01677
Keterangan : Keindahan kebun teh lereng Dempo

Bagaimana dengan penginapan? Jangan khawatir, ada banyak sekali penginapan di Pagar Alam. Dari yang murah hingga yang cukup mahal seperti villa. Namun, jika pergi berkelompok, menginap di villa tidak ada salahnya. Harga penginapan dapat dibayar bersama. Sedikit tips, jika dating tidak dalam musim liburan, jangan ragu untuk menawar kepada pemilik villa. Sebaliknya, jika datang di musim liburan, ada baiknya memesan villa terlebih dahulu agar tidak kehabisan.

DSC01723
Keterangan : Salah satu villa yang ada di Pagar Alam

Apapun gaya perjalanan Anda, Pagar Alam siap menyambut Anda. Yang jelas, kini nggak perlu jauh-jauh melancong ke pulau Jawa untuk menikmati wisata kebun teh. Percaya, Pagar Alam nggak kalah kerennya! Nggak percaya? Datang saja langsung ke Pagar Alam dan resapi setiap jengkal keindahan yang ditawarkannya 🙂

Wisata Kebun Teh di Sumatera Selatan? Ke Pagar Alam Saja!
5 (100%) 2 votes
(Visited 10,820 times, 1 visits today)

9 Comments

  1. Uniek Kaswarganti
    July 27, 2015

    Aiiihh… saya yg di Jawa juga mau donk menikmati pemandangan kebun teh yg indah ini. Undang aku Mas Yayan… sponsorin aku ke sana yak hahahaa… *mas-yayan-langsung-lemes-terkulai

    Reply
    1. Haryadi Yansyah
      July 28, 2015

      Buahahaha, sini aku sponsori, namun sebelumnya kirimkanlah dulu kartu debet mbak Uniek + no Pinnya hahaha

      Reply
  2. Rifqy Faiza Rahman
    July 27, 2015

    Secara topografi, mirip sama kebun teh di Lawang, Malang ini Om. Latarnya juga gunung yang menjulang. Selalu damai berada di antara kebun teh dan gunung itu. Itu Gunung Dempo kan ya? Sempurnaa… 🙂

    Reply
    1. Haryadi Yansyah
      July 28, 2015

      Iya Gunung Dempo 🙂 cakep, kan? 😀

      Reply
  3. theresia hakim
    October 13, 2015

    Adakah hotel yang menyediakan air panas buat mandi mas? Soalnya mau ajak anak2 kesana. Kalo ada bisa minta nomer kontak hotel atau villa nya? Tolong email ke theresiahakim@gmail.com

    Reply
  4. dedy
    November 23, 2015

    maaf mas, mau tanya ada gak CP yang bisa di hubungi untuk vila gunung gare?
    rencananya mau tahun baruan disana kantor saya, kalo ada tolong di email ya mas ke dedyhardiawan84@gmail.com trimkasih.

    Reply
  5. S. Situmorang
    December 23, 2015

    Saya sekeluarga mau malam tahun baruan ke g. Dempo apakah masih ada vila yg 3 kamarnya tolong informasinya

    Reply
  6. Desiastari
    February 17, 2016

    Hi kak mau tanya nih, penginapannyasemalam brp ya? Ada cp nya ga kak?
    Makasih sebelumnya hehe

    Reply
  7. miki
    May 10, 2016

    asli pemandang di gunung denpo PAGAR ALAM
    lebih bagus di banding pemandangan di puncak….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *