Komunitas Blogger Berbagi Cerita Traveling di Palembang

Wisata Religi Al Quran Al-Akbar di Palembang

Wisata Religi Al Quran Al-Akbar di Palembang

Pada postingan kali ini saya akan mengajak pembaca Hello Palembang berwisata religi di kota pempek ini selain ada masjid Agung yang indah palembang juga ada Al-quran raksasa yang di claim sebagai alquran terbesar didunia, sebelumnya saya akan mengutip sejarah dari Al-Quran raksasa ini yang akan diceritakan dibawah ini.

Al Quran Al-Akbar
sumber foto: @Melduds

Al Quran Al-Akbar merupakan al quran terbesar didunia terdapat 30 juz ayat suci al quran yang berhasil dipahat/diukir khas Palembang dalam lembar kayu dimana Al-Qur’an ini berukuran panjang 1,7 meter dan lebar 1,3 meter setiap lembarnya, dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Al-Quran ini terbuat dari kurang lebih 40 kubik kayu tembesu dengan ukiran khas Sumatera Selatan. Dibangun bertingkat lima dan kita bisa naik sampai keatas. Gambar tampak depan menunjukkan susunan lembaran Al-Quran sebanyak 15 Juz, 15 Juz sisanya akan disusun lagi dan tempatnya masih dalam proses.

Al Quran Al-Akbar
Salah Satu Pengunjung @aril_overclock

Gagasan pembuatan Al-Quran Terbesar ini tercetus pada tahun 2002, setelah penulis merampungkan pemasangan kaligrafi pintu dan ornamen Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan. Dari sana terpikir untuk membuat Mushaf Al-Qur’an dengan ornamen dan ukiran khas Palembang. Maka di malam bulan Ramadhan, tergambar dalam pikiran penulis sebuah Al-Qur’an raksasa yang terbuat dari kayu dan menjadi mushaf yang terbesar di dunia.

Al Quran Al-Akbar
Indahnya Al Quran Raksasa
Foto : @melduds

Al Quran Al Akbar mulai dikerjakan sejak tahun 2002 dan baru selesai pada tahun 2008 lalu. Pada akhir 2011, Al-Quran ini dinilai layak untuk dipublikasikan dan pada Senin, 30 Januari 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI) meresmikan penggunaan Al-Quran yang disebut sebagai Al-Quran terbesar yang dicetak di atas lembaran kayu tembesu.

Al Quran Al-Akbar
Tampak Pengunjung sedang melihat souvenir
Al Quran Al-Akbar
Foto Dengan Salah satu penggagas AL-Quran Al- Akbar H.Syofwatillah

Begitulah sedikit sejarah dari alquran raksasa tersebut yang saya kutip dari beberapa sumber terutama saat berkunjung langsung ke lokasi dimana al-Quran ini di pajang, disana ada semacam guide yang akan menjelaskan sejarah al-Quran raksasa tersebut, tempatnya lumayan nyaman dan tertata rapih, namun sangat disayangkan beberapa ukiran banyak yang sudah terlepas dan ditumpukan hingga terlihat kusam entah kenapa, semoga hal ini cepat direspon oleh pengurus agar kembali seperti pertama dipajang. Di lokasi tersedia tempat sholat, taman yang berisikan kura-kura, ikan hias, serta souvenir khas palembang juga souvenir khas al-quran raksasa tersebut. Lokasi destinasi wisata religi ini di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang ( Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah ), Kecamatan Gandus, Palembang dikediaman bapak H. Syofwatillah sebagai salah satu penggagas.

Wisata Religi Al Quran Al-Akbar di Palembang
2.6 (52%) 5 votes
(Visited 6,661 times, 6 visits today)


11 thoughts on “Wisata Religi Al Quran Al-Akbar di Palembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *