Belum Sah ke Palembang Kalau Belum Coba Martabak Bangka Ini

Sebenarnya masih banyak wisata kuliner di Palembang yang enak dan belum terangkat di media kalau wisatawan sedang berkunjung. Saya sendiri mengemari makan makanan yang gurih dan manis, salah satunya martabak bangka. Barangkali kita kenal martabak bangka ini sebagai salah satu makanan dari orang khek di pulau Bangka. Umumnya kita juga menyebutnya sebagai martabak manis yang berbahan dasar tepung terigu.

Martabak Bangka

Ada satu penjual martabak bangka yang saya perkirakan sudah lebih dari 20 tahun berjualan, karena sewaktu saya masih di bangku SD pun si penjual ini masih tetap eksis. Berjualan menggunakan gerobak dan didukung dengan beberapa tenaga pembuat martabak. Berlokasi di jalan kolonel atmo, atau tepatnya sebelah (dulunya) Hotel King / departemen store Pulau Mas tapi karena gedungnya kebakaran maka tidak beroperasi lagi. Maka orang lebih mengenal sebagai Martabak Pulau Mas daripada nama aslinya Super Martabak Bangka.

Martabak Bangka

Beberapa teman saya yang datang ke Palembang, saya merekomendasikan mencicipi martabak manis ini. Semuanya memberikan dua jempol tanda kalau rasa martabak dan teksturnya enak. Harga tidak bisa berkata bohong, itu yang mereka bilang. Kalau mengingat dulunya harga martabak ini masih murah untuk yang rasa kacang satu loyangnya 14 ribu tapi sekarang sudah jadi 30 ribu untuk toping kacang tanah.

Apabila ada di antara teman yang merasa tidak mau terlalu manis, kita bisa request untuk dibuatkan yang tidak manis maka nanti gula yang diberikan juga sesuai takaran. Selain itu, tekstur martabak ini paling banyak minyak. Wajar karena si penjual memberikan mentega dan wisman yang banyak sehingga rasa gurihnya tetap melekat. Tapi kalau kamu tidak mau terlalu banyak minyak tinggal sebut saja kalau mentega yang diberikan cukup sedikit.

Martabak Bangka

Martabak Bangka

Martabak Bangka

Pilihan toping yang banyak dan bisa kita kombinasikan, mulai dari kacang, susu, wijen, cokelat, selai, keju, kismis, dan jagung. Saya sendiri kalau beli suka kombinasikan dengan rasa kismis dan keju. Tempo lalu karena Ovomaltine pernah jadi hits maka mereka pun menjual dengan toping Ovomaltine dengan harga wow.

Martabak Bangka

Martabak Bangka

Martabak Bangka

Sebenarnya apa yang menjadi resep enaknya martabak bangka ini dibanding yang lain? Martabak ini punya tekstur yang bagus, apabila disimpan untuk besok harinya tekstur martabak tidak berubah menjadi pucat dan masih tetap bagus. Berbeda dengan beberapa martabak yang pernah saya beli, maka kalau disimpan untuk besok harinya rasa dan teskturnya berubah. Dan dipanggang menggunakan arang hitam yang akhirnya mengeluarkan aroma wangi.

Saya sendiri menyarankan untuk menyantap martabak manis ini supaya tidak terlalu eneq dimakan yaitu makanlah pada saat perut benar-benar lapar, maka akan terasa enak untuk disantap! Mari naikkan berat badan selama di Palembang. Hehehehe…

Belum Sah ke Palembang Kalau Belum Coba Martabak Bangka Ini
3.4 (68%) 5 votes
(Visited 6,850 times, 3 visits today)

Travel and Food Blogger. Jalan2 dan Makan2 yuk! Catch me at deddy.huang[at]yahoo[com] or @deddyhuang (Instagram)

2 Comments

  1. GalPras
    July 22, 2015

    Pengen Ngerasain Pempek Asli Palembang Trus Makannya di Sekitar Sungai Musi 😀

    Reply
  2. Muhd Alfaruki
    November 8, 2015

    Ajiib Nian Cuy Matabak Atmo

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *