Berbelanja Songket, Batik dan Kain Khas Palembang di Pasar Ilir Barat

Songket Palembang

Satu hal lagi yang paling dikenal dari Palembang atau Sumatera Selatan itu ialah kain Songket. Songket Palembang memang sudah mendunia, sekarang gak cuma orang Palembang yang suka pake Songket, tapi juga seluruh Indonesia. Songket seringkali di padupadankan dengan kebaya dan busana lain oleh para desainer. Bagi orang Palembang sendiri, songket seringkali digunakan untuk acara-acara besar seperti pernikahan.

Batik Palembang
kain dan batik khas Palembang

Tidak hanya kain Songket, Palembang juga dikenal memiliki jenis kain khas lain seperti Kain Jumputan (Kain Pelangi) dan juga Kain Blongsong. Kain Jumputan atau sering juga disebut Kain Pelangi adalah kain yang dihasilkan dari tehnik jumputan (tie and dye) untuk menghasilkan motif tertentu seperti motif bintik tujuh, kembang janur, bintik lima, bintik sembilan, cuncung (terong), bintang lima, dan bintik-bintik. Untuk satu set Kain Jumputan biasanya terdiri dari bahan bagian atas, bagian bawah dan selendang. Kain Jumputan biasanya menggunakan bahan sutera. Untuk Kain Blongsong biasanya menggunakan kain biasa dan juga bisa dengan kain sutera dan biasa dipakai oleh para perempuan Palembang dan saat ini dikembangkan menjadi batik khas Palembang.

Kain Songket
Kain Songket

Bagi yang ingin berbelanja Kain Songket, banyak varian Songket dan juga bahan kain yang digunakan begitu juga dnegan harganya. Semakin bagus bahan yang digunakan (bahkan ada yang menggunakan benang emas) maka akan semakin mahal harga Kain Songket tersebut, mulai dari harga ratusan ribu rupiah hingga mencapai seratus juta rupiah lho. Untuk kain khas Palembang sendiri seperti Kain Jumputan dan Kain Blongsong harganya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk motif dan warnanya sendiri, teman-teman yang ingin warna apa aja bisa langsung cari, hampir setiap warna untuk dipadupadankan dengan pakaiamu ada kok 🙂

Depan Pasar Ilir Barat
Depan Pasar Ilir Barat

Nah, untuk berbelanja Songket, kain kain khas Palembang dan juga batik motif khas Palembang kalian harus menyempatkan diri ke Pasar Ilir Barat, tepatnya di komplek Ramayana. Disana kita bisa menemukan banyak sekali kain khas Palembang dan juga batik dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan di toko khusus yang menjual kain khas Palembang. Tidak cuma kain, Songket dan batik, disana juga bisa ditemukan pernak pernik khas Palembang yang biasa digunakan untuk acara seperti pernikahan misal topi dari kain songket, tempat tisu, sarung bantal yang bermotif songket.

pernak pernik
pernak pernik

Jadi, bagi yang berniat jalan-jalan ke Palembang apalagi penyuka kerajinan tenun dan suka koleksi kain khas berbagai daerah, jangan lupa mampir deh ke Pasar Ilir Barat Palembang yang buka setiap hari dari jam 10 hingga jam 18. Silakan borong kain khas Palembangnya ya 🙂

Berbelanja Songket, Batik dan Kain Khas Palembang di Pasar Ilir Barat
5 (100%) 3 votes
(Visited 21,996 times, 14 visits today)

full time mother | part time blogger | crocheter | pisces | part of Blogger Wongkito

7 Comments

  1. M. Aulia Ramadhani
    June 4, 2015

    di Jawa sana beberapa acara besar kainnya songket juga loh, sudah bener2 berakulturasi dengan budaya daerah lain

    Reply
  2. Nina
    June 5, 2015

    Salah satu surga dunia ini mah hehehehe

    Reply
  3. Suzan
    June 5, 2015

    Pasti suka khilaf belanja disini

    Reply
  4. Erie Khafif Mukti
    June 5, 2015

    Waktu hari libur tanggal 14, 15 dan 16 Mei kemarin saya sempat menemani Pak Lek dan istrinya dari Surabaya, belanja beberapa kain songket dan baju batik khas motif Palembang. harga-harganya wow!!

    Reply
  5. yasinta
    June 21, 2016

    kalo mau pesen batik songketnya ap bisa??
    lalau harus hub dgn siapa??

    Reply
  6. Madev
    September 24, 2016

    Besok gue mau kesana, mau beli batik. wkwk

    Reply
  7. Arif Gunawan
    October 18, 2016

    Mau tanya butik yg jual tenun di palembang mohon info… klu bisa ada no hp

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *