Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel

Gunung Dempo
Gunung Dempo
Jalan berkelok mengingatkan akan puncak pass

Puncak pass-nya Sumatera Selatan, begitulah kesan yang timbul ketika pertama kali mengunjungi wilayah kaki gunung Dempo. Gunung Dempo sendiri adalah gunung berapi tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang statusnya saat ini tercatat masih aktif. Dengan ketinggian mencapai 3.159 meter dari permukaan laut, membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan Wisata Sumsel paling favorit, baik bersama keluarga maupun teman-teman.

Gunung Dempo
Tampak jauh, jajaran bukit barisan

Sesuai dengan dua suku kata namanya, Pagar dan Alam, kota dengan luas wilayah mencapai 633,66 kilometer persegi ini dipagari dengan keindahan alam nan memukau. Kota Pagar Alam, letak Gunung Dempo ini berdiri gagah, dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Palembang dengan waktu tempuh sekitar 7-8 Jam. Baik menggunakan travel maupun bus AKDP dari terminal Karya Jaya. Alternatif lain adalah naik kereta api dari stasiun kertapati dengan tujuan ke stasiun Lahat, tetapi itupun harus menyambung lagi dengan angkutan umum maupun travel, namun menyisakan perjalanan yang hanya tinggal 1 jam saja. Alternatif terbaru adalah menggunakan pesawat terbang, sayangnya saat ini hanya melayani penerbangan dari dan ke Palembang hanya pada hari Kamis saja.

Gunung Dempo
Puncak gunung yang senantiasa tertutup awan

Begitu memasuki Kota Pagar Alam, hawa sejuk biasanya akan langsung terasa. Panorama memesona sepanjang perjalanan sudah mulai terlihat dari Kabupaten Lahat. Jajaran bukit barisan yang mengelilingi Gunung Dempo seakan tiada berujung, yang membentang dari ujung utara Aceh hingga ke Provinsi Lampung semakin memperkuat kesan alam nan hijau memagari kota kecil ini. Dari kaki gunung yang berjarak agak dekat, acap kali Puncak Gunung Dempo selalu malu memperlihatkan diri, awan yang nampak menyerupai kabut senantiasa menutupi puncaknya yang indah bila dipandang dari jauh. Sungguh rasanya ingin ku daki hingga puncaknya (suatu hari nanti, Amin).

Gunung Dempo
Hamparan kebun teh tertata rapih

Hamparan kebun teh di kaki gunung Dempo tersaji seluas mata memandang, di sepanjang jalur kendaraan dan jalur pendakian pun, kebun teh seakan tak ada habisnya menemani para pecinta gunung maupun wisatawan yang berkunjung. Eksotisme macam ini hanya dapat ditemui di sini, tak heran setiap akhir pekan maupun libur nasional penginapan dan villa penuh oleh pengunjung yang menghabiskan masa libur di kaki gunung Dempo. Tak sedikit pula pecinta alam yang mendirikan kemah, dengan risiko terpaan angin dingin di kala malam hingga pagi hari. Namun semua itu terbayar, ketika memandang momen sunrise di lahan perkebunan teh yang tidak akan didapatkan di kota-kota besar yang penuh hiruk pikuk.

Gunung Dempo
Closer view puncak gunung Dempo

Jalan-jalan maupun liburan tak lengkap rasanya bila tak membawa buah tangan/oleh-oleh khas daerah setempat. Teh menjadi komoditi utama sebagai oleh-oleh yang mudah didapat. Selain teh, Pagar Alam juga terkenal akan hasil alam berupa kopi, kopi robusta Pagar Alam sudah tersohor di kalangan penikmat kopi di Kota Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan. Selain itu, kini banyak terdapat kebun salak di kaki gunung Dempo sebagai alternatif oleh-oleh dan toko-toko yang menjual aksesoris seputarย kota Pagar Alam pun mudah ditemui di sepanjang jalan menuju kaki gunung Dempo.

Eksotisme Kaki Gunung Dempo Sumsel
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,084 times, 1 visits today)

I am what I am. Suka makan, suka motret. Mengcapture momen ketika sinyal saraf mata mengirim impuls ke otak.

14 Comments

  1. Solikha
    May 25, 2015

    Sipp, Aku udah pernah liburan di sini. Udara yang sejug dan suasananya damaii ๐Ÿ™‚ cocok buat refresh dari kejenuhan hidup. Hehe… sayang waktunya terbatas. Aakkk… aku pasti kesana lagi suatu saat nanti. Mau coba paralayangnya…. fufufu

    Reply
    1. aulia
      May 25, 2015

      Wah iya paralayang, belum sempat dijajal juga, next time diagendakan

      Reply
  2. suzan
    May 25, 2015

    Kangen sama Dempo, pengen naik gunung lagi

    Reply
    1. aulia
      May 25, 2015

      Jangan lupa ajak-ajak ๐Ÿ˜€

      Reply
  3. Eriek
    May 25, 2015

    kapan2 naik dempo ah! ayo om au naik ke puncak dempo ๐Ÿ˜‰

    Reply
    1. Huang
      May 26, 2015

      Ikut yo kalo ke Pagar Alam.

      Reply
    2. aulia
      May 26, 2015

      yg belum bebuntut sih gampang om, insyaa Alloh ๐Ÿ˜€

      Reply
  4. jim
    July 13, 2015

    bang mau tanya dempo bisa di daki sampai puncak kah? karena mau kesana rencana minggu depan tgl 19/7/2015, sayang nanti sampai sana tidak bisa nanjak sudah jauh2, mohon di bantu untuk info terbarunya yah atau ada no tlp yang bisa di hubungin?, bisa email ke jimmysonka@gmail.com . sorry ngerepotin thanks mas bro

    Reply
    1. M. Aulia Ramadhani
      July 14, 2015

      Wah saya juga kurang tau kalo informasi update terakhir. Mungkin bisa menghubungi pemda/BMG kota Pagar Alam bang.

      Reply
    2. Cili
      July 16, 2015

      bisa kok bang. kebetulan tgl 2 agustus nanti insya allah saya mau naik. kali aja mau bareng ๐Ÿ™‚

      Reply
  5. cili
    July 16, 2015

    Hai, kak. maaf mau tanya, saya rencana mau ke dempo, tp masih bingung rutenya setelah dari stasiun lahat katanya lanjut naik bis. itu kira2 bis apa ya? trus turun dimana yg kira2 deket bisa langsung jalan ke kaki demponya?
    makasih sebelumnya. salam kenal ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. ailua
      December 10, 2015

      paling ada travel, tapi kalo travel enaknya langsung dari Palembang aja malah.

      Reply
  6. junaidi tambak
    December 10, 2015

    kalau di palembang ada yang jual teh asli gunung dempo ga bg?
    mohon rekomendasi dong?
    ane ga sempat ni ke pagar alam

    Reply
  7. Aulia
    December 10, 2015

    Pernah lihat bang, tapi lupa dimana. Maafkeun ๐Ÿ™

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *