Indahnya Pesona Air Terjun Bedegung, Muara Enim

Hallo sobat travellers

Kali ini saya akan menceritakan satu dari banyak keindahan alam yang ada di provinsi kelahiran saya, Sumatra Selatan. Sumatra selatan memang dianugrahi Tuhan kontur geografis yang beragam dan menawan, mulai dari megahnya bentangan sungai musi, Bukit Jempol yang gagah, Puncak Dempo yang menjulang, Danau Ranau yang eksotis sampai dengan indahnya pesona air terjun Bedegung yang terletak di Kabupaten Muara Enim. Khusus yang terakhir, saya akan memaparkan secara rinci buat sobat – sobat travellers hellopalembang.com ^_^

Air Terjun Bedegung Muara Enim

Untuk menuju kawasan wisata air terjun Bedegung sobat travellers harus menempuh jarak lebih kurang 240 KM dari Kota Palembang melewati 3 kabupaten: Kabupaten Ogan Ilir, Kotamadya Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim. Dan untuk mode transportasi yang dapat digunakan hanya bisa melalui jalur darat dengan Mobil/Motor dan Kereta Api. Jika sobat menggunakan Kereta Api, sobat harus memilih Kereta Api jurusan Kertapati  – Baturaja dengan jadwal keberangkatan pukul 07.00 dari stasiun Kertapati Palembang seharga Rp. 35000 lalu dilanjutkan dengan menyewa kendaraan atau naik ojek untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Bedegung. Jika menggunakan kendaraan pribadi, sobat Travellers bisa menempuh perjalanan darat lebih kurang 4 jam lamanya.

Air Terjun Bedegung Muara Enim

Terlepas dari jauhnya jarak yang harus sobat travellers tempuh untuk menuju tempat wisata air terjun Bedegung, semuanya akan terbayarkan dengan menikmati Indahnya pesona air terjun terbesar di Sumatra Selatan ini. Ketinggian Air terjun Bedegung mencapai 99 meter. Dengan demikian, air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertingi di Indonesia setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter). Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, sobat travelers akan disambut hijaunya hamparan pepadian dan suasana alam yang begitu menyejukkan.

Air Terjun Bedegung Muara Enim

Untuk menikmati indahnya pesona air terjun Bedegung sobat travellers hanya harus merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 sebagai harga tiket masuk. Meskipun wisata ini terletak di Kabupaten, namun fasilitas kelengkapan untuk kenyamanan pengunjung bisa dikatakan cukup memadai, tempat parkir kendaraan disini cukup rapi, banyak terletak tempat sampah di sepanjang lokasi yang tertata, terdapat warung makan, Mushola dan penginapan yang mempermudah pengunjung.

Air Terjun Bedegung Muara Enim

Semakin mendekati air terjun, telinga kita akan semakin dimanjakan dengan suara gemericik airnya yang  membuat hati berdegup tidak sabar ingin segera menapakkan kaki di hadapan Air Terjun Bedegung. Sobat travellers dapat menempati pondok-pondok tak berpenghuni secara cuma-cuma untuk bersantai sejenak memulihkan tenaga. Bebatuan besar juga terhampar sehingga kita bisa duduk-duduk di atasnya seraya menikmati indahnya pesona alam air terjun Bedegung ini. Kesejukan air nya berasal dari mata air di celah Bukit Barisan yang sama sekali tidak pernah kering. Aliran di bawahnya membentuk sungai kecil yang cukup deras dan bebatuan besar juga terhampar di sana. Kita dapat mengabadikan momen di atas bebatuan ini dengan latar air terjun yang mengucur dengan sangat deras.

So do not wait more, take your bag, take your shoes and lets travelling!! Lest have fun and enjoy Your holiday!

Indahnya Pesona Air Terjun Bedegung, Muara Enim
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,093 times, 1 visits today)

Engineer, Blogger, Cycling Rider | Pembaca sejarah, penikmat senja

1 Comment

  1. Haryadi Yansyah | Omnduut.com
    September 3, 2015

    All pictures copyright by Haryadi Yansyah. Source : http://omnduut.com/2013/03/24/pesona-air-terjun-bedegung-dan-goa-putri/

    I hope source link will be added directly in the posting. Thank you.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *