Lezatnya Pindang Patin Rumah Makan Sri Melayu Palembang

Pindang Ikan Patin

Berkunjung ke Kota Palembang, wisata kuliner yang pasti paling dicari dan sering disantap tentu saja pempek. Selain pempek, bagi pendatang dari luar Kota Palembang parlu mencoba varian kuliner lain selain pempek. Buat kamu yang doyan makan ikan tawar, ini salah satu kuliner yang sedap dan nikmat disantap di kala perut pas lagi lapar. Pindang Patin khas Palembang adalah jawabannya.

Masakan Pindang Patin adalah salah satu kuliner yang perlu kamu coba nih. Rumah Makan Sri Melayu, yang beralamat di Jalan Demang Lebar Daun Palembang ini menyajikan menu favorit khas Palembang. Rumah makan ini cukup mudah dijangkau dan lokasinya tidak jauh berada di sebelah Griya Agung atau Istana Gubernur Sumatera Selatan.

Gerbang masuk Rumah Makan Sri Melayu di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang
Gerbang masuk Rumah Makan Sri Melayu di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang

Tampak sebuah gapura yang tertulis “RM Sri Melayu” dan suasana rimbun pepohonan yang hijau di sekeliling lapangan parkir mobil dan motor itu, terlihat begitu asri. Memasuki Rumah Makan Sri Melayu, tampak sejumlah meja  yang tertata rapi. Jika hendak duduk lesehan, disediakan meja makan untuk lesehan di setiap tempat masing-masing dengan dikelilingi pepohonan dan tanaman yang asri. Rumah makan ini menunjukkan kesan bersahabat dengan alam.

Tidak hanya diliputi pepohonan dan tanaman hijau yang asri, di sini ada kolam ikan yang cukup luas. Ikan-ikan Mas tampak berkelompok berenang saling berkejar-kejaran ke sana-sini. Buat kamu yang ingin suasana di tepi kolam sambil menyantap hidangan masakan Pindang Patin khas Palembang ini sangat cocok sekali.

Suasana Pengunjung RM Sri Melayu
Suasana Pengunjung RM Sri Melayu

Pengunjung yang datang di hari kerja cukup ramai. Apalagi di kala jam makan siang, tampak pengunjung sebagian besar berseragam kantor dan selebihnya relasi bisnis. Tak kalah ramai di akhir pekan sabtu dan minggu, para pengunjung didominasi oleh para keluarga. Selain tempat yang luas dan nyaman, ada juga mushola yang cukup luas bisa digunakan solat di kala waktu solat telah tiba.

Selain masakan khas Pindang Patin yang lezat dan enak, pengunjung yang datang tidak perlu menunggu lama. Katika saya datang dan duduk di tempat yang tidak jauh dari kolam ikan, pelayan langsung memberikan daftar menu. Kira-kira 10-15 menit, menu pilihan favorit saya Pindang Patin telah tiba diantar ke meja makan.

Cah Kangkung
Cah Kangkung

Tibalah Masakan Pindang Patin dihidangkan di sebuah wadah alumunium yang diberi bara api. Tujuannya agar masakan selalu hangat. Aroma khas berbumbu rempah terhirup. Kesan pertama melihat sajian kuliner ini sangat memesona. Bagaimana tidak, masakan idola masyarakat Palembang ini sangat digemari dan wajib menjadi santapan bersama keluarga maupun teman-teman.

Pindang Patin ini berbahan dasar ikan patin segar dan dimasak dengan kuah yang diberi bumbu rempah dan irisan buah nanas. Ketika mencoba menyantapnya, rasa spicy berpadu dengan sedikit asam oleh rasa buah nanas menyatu yang bikin lidah menggoda.

Sambal Mangga
Sambal Mangga

Sehabis menyantap masakan favorit Pindang Patin, kamu perlu mencoba menu masakan lain seperti: Pepes Bumbu Tempoyak, Ikan Gurame Asam Manis, Udang Goreng Bola, Sambal Mangga, dan masih ada sekitar 20an menu masakan lainnya yang ada di sini.

Kira-kira habis berapa ya makan di sini? Pindang Ikan Patin cukup dua puluh lima ribu rupiah per porsi. Nasi  enam ribu rupiah per porsi. Cah kangkung dua puluh lima ribu rupiah. Es Kelapa dua puluh ribu rupiah. Semua harga tersebut belum termasuk pajak. Nah, lumayan cukup terjangkau bukan?

Lezatnya Pindang Patin Rumah Makan Sri Melayu Palembang
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,254 times, 1 visits today)

IT engineer | Blogger Wongkito Palembang | father of two daughter | interest in travel and tourism

2 Comments

  1. Nina Fajriah
    June 11, 2015

    Sri Melayu langganan kantor ku kalau mau traktir pegawai luar yg dinas ke Palembang, masakannya sedaaappp 😀

    Reply
  2. suzan
    June 16, 2015

    Semacam ingin makan siang di Sri Melayu siang ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *